Musisi (Sumber gambar: Unsplash/Chris)

3 Musisi Lokal dengan Ciri Khas Audio & Visual yang Unik

20 February 2024   |   21:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Revolusi digital dalam industri musik Indonesia tak hanya membuka pintu bagi setiap orang untuk mengekspresikan kreativitas musikalnya, tetapi juga menjadi panggung bagi munculnya bakat-bakat baru yang terus berinovasi dan bereksplorasi, menjadi warna tersendiri bagi ekosistem musik nasional.

Kesempatan tersebut juga datang dengan berbagai tantangan, seperti bagaimana mendapatkan popularitas serta menjembatani kesenjangan antara musik lokal dan pasar global. Meskipun demikian, hal itu tidak menggugurkan semangat musisi Tanah Air untuk terus menghasilkan karya-karya unik, serta menghadirkan pengalaman mendengar yang eksploratif dan revolusioner. 

Baca juga: Hypereport: Sajak Cinta dan Melodi Romantis Pasangan Musisi yang Berkarier Bersama

Tak hanya dari sisi audio, musisi lokal juga harus memiliki persona dan visual yang unik untuk tampil stand out. Dengan determinasi dan kreativitas mereka, musisi-musisi ini berusaha mengukir jejak yang berarti dalam industri musik Indonesia, dengan menghadirkan warna baru dan inovasi yang fresh, catchy, dan unik

Penasaran pengen menikmati musik dari talenta lokal? Berikut 3 grup musisi lokal yang punya ciri khas audio dan visual unik. 
 

1. ENVY*

Sumber: instagram.com/envytothe/

ENVY( Sumber gambar: instagram.com/envytothe)

ENVY* adalah grup hiphop asal Jakarta Selatan, yang dibentuk pada 2018. Nama grup ini, yang merupakan singkatan dari "Expect Nothing, Valid Yesterday," mencerminkan filosofi hidup mereka pada masa kini. Musik mereka memadukan punk futuristik heavy 808 yang berakar di hiphop, dengan penulisan lirik yang menyentuh tema-tema seperti penemuan diri serta isu-isu sosial.

Grup ini terdiri dari 6 rapper bertalenta, serta 2 produser yang menciptakan suara khas mereka dengan bassline yang berat dan ketukan yang rumit. ENVY* telah menciptakan pengikut setia, berbagai pujian dan kritis atas single maupun video musiknya, menempatkan mereka sebagai salah satu nama unik di kancah hiphop Indonesia.  
 

2. Grrrl Gang

Sumber: instagram.com/grrrlgang/

Grrrl Gang (Sumber gambar: instagram.com/grrrlgang)

Grrrl Gang, merupakan sebuah kolektif musik indie yang telah mencuri perhatian dengan gaya unik mereka yang mengombinasikan unsur pop dan rok menjadi suara unik. Grrl Gang menarik tak hanya dari sisi inspirasi, tetapi juga memberikan penghormatan kepada band-band terkenal di dunia Indie seperti Talulah Gosh, Veronica Falls, dan Alvvays.

Rilisan ganda mereka, "Bathroom/Thrills," mendapat pujian besar serta berhasil menarik perhatian para penggemar dan kritikus. Itu juga menjadi sorotan sebelum album pertama mereka dirilis. Keberhasilan ini memberikan dukungan tambahan pada reputasi Grrrl Gang sebagai salah satu nama favorit di antara komunitas musik Indie di Indonesia. 
 

3. Dongker

Sumber: instagram.com/baladagehel/

Dongker (Sumber gambar: instagram.com/baladagehel)

Dongker adalah sebuah band punk yang berbasis di Bandung, Jawa Barat. Mereka menciptakan lagu-lagu dengan tiga kord dan tempo yang cepat. Jika kamu suka Protex, The Hex Dispenser, dan Exploded Hearts, Dongker dapat menjadi salah satu band favorit terbaru.

Uniknya, merek tak jarang membuat lagu-lagu tentang cinta dan patah hati. Tempo yang cepat ditemani oleh lirik yang penuh keluh kesah, menciptakan pengalaman mendengar yang akan membuatmu selalu hype dan semangat. 

Baca juga: Hypereport: Suara Lantang Musisi Respons Isu Perubahan Iklim

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Punya Mata Panda? Cek Penyebab dan Cara Mengatasi Kantung Mata

BERIKUTNYA

Daftar Konser Idol K-Pop di Jakarta Tahun 2024, NCT Dream sampai Super Junior

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: