Personel Dongker (Sumber foto: Dongker)

Usai Rilis Album Ceriwis Necis, Dongker Tur ke Kota-kota di Indonesia & Malaysia

24 June 2024   |   18:10 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Dongker, band indie yang berbasis di Bandung, merilis album debut mereka yang berjudul Ceriwis Necis pada Mei 2024. Album ini menampilkan 17 lagu, 17 balaclava, dan 17 video visual, dengan tema utama yang mengangkat topik soal bagaimana kekuasaan mengintimidasi ruang personal yang rapuh. 

Tema kompleks ini dipadukan dengan cerita-cerita personal yang mendalam dari para personel Dongker, mencerminkan pengalaman mereka dalam tiga tahun terakhir. 

Ceriwis Necis mengeksplorasi berbagai genre musik dengan dua lagu menggunakan lirik bahasa Inggris, yaitu "Mati Saja" dan "Dengarkan Tanah". Kolaborasi menarik dengan Raka Soetrisno dari Kinder Bloomen dan Made Dharma dari Sunlotus & Deadly Weapon terdengar dalam lagu "Kau Si Lagu Sedih", memadukan terompet dan gitar distorsi tebal. 

Baca juga: Festival Musik The Sounds Project Umumkan Neck Deep Sebagai Headliner

Arno Zarror, drummer Dongker, mengatakan bahwa album ini merupakan akumulasi dari pengalaman-pengalaman intens yang dialami Dongker selama beberapa tahun terakhir. 

"Kami selalu aktif bersama komunitas kami dan bekerja sama dengan berbagai kolektif atau seniman dari berbagai daerah dengan semangat gorong-gorong. Album ini merupakan rangkuman cerita gorong-gorong yang dialami Dongker selama 3 tahun kebelakang" ucap Arno dalam keterangan tertulis, dikutip Hypeabis.id Rabu, (24/06/24).

Sementara itu, Dzikrie Arethusa, gitaris Dongker, berharap album ini dapat menjangkau lebih banyak pendengar dan memperluas jaringan pertemanan mereka.

"Narasi pada lirik Ceriwis Necis kami buat dengan harapan pendengar kami meluas, semakin banyak orang yang menyanyikan lagu Dongker dan menambah jaringan pertemanan kami sehingga hasil akhir dari musik Ceriwis Necis memiliki warna yang beragam," katanya. 

Belum genap sebulan setelah peluncuran album debut mereka, Dongker segera mengadakan tur konser mulai dari 21 Juni-9 Juli 2024. Tur ini mencakup 16 pertunjukan dalam waktu 19 hari. Berikut daftar kota yang akan mereka singgahi:
  1. Batam: 21 Juni
  2. Medan: 22 Juni
  3. Banda Aceh: 23 Juni
  4. Kuala Lumpur: 25 Juni
  5. Melaka: 26 Juni
  6. Johor Bahru: 27 Juni 
  7. Sukabumi: 28 Juni
  8. Bekasi: 29 Juni
  9. Tasikmalaya: 30 Juni
  10. Solo: 1 Juli
  11. Yogyakarta: 2 Juli
  12. Malang: 3 Juli
  13. Denpasar: 5 Juli
  14. Mataram: 6 Juli
  15. Surabaya: 8 Juli
  16. Cirebon: 9 Juli
Dongker juga mengundang beberapa kolaborator yang terlibat dalam album Ceriwis Necis, untuk tampil secara langsung dalam beberapa konser, seperti Nara di Yogyakarta dan Syilva di Denpasar.

Agenda ini merupakan tur mandiri kedua Dongker setelah promosi EP mereka, "Upaya Memaki", pada 2019. Ini juga menjadi kali pertama mereka menghabiskan waktu bersama seluruh kru dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini tentunya bakal menciptakan momen yang penuh gairah dan menyenangkan bagi mereka.

Dengan rilis album debut yang penuh semangat dan tur konser yang ambisius, Dongker tidak hanya bertujuan untuk memperluas basis penggemar mereka, tetapi juga untuk menunjukkan dedikasi mereka dalam menyampaikan pesan musik yang kuat dan pengalaman emosional yang mendalam kepada para pendengar setia. 

Baca juga: ATEEZ Siap Tampil di Festival Musik City Camp Indonesia 5 Oktober 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Romeo Ingkar Janji, Kisahkan Romansa Dua Sejoli dengan Latar Indah di Bali

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Film Indonesia yang Membawa Semangat Anti Bullying

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: