Gatal hingga menimbulkan ruam menjadi reaksi alergi yang paling umum. (Sumber gambar : Istockphoto/Tharakorn)

3 Kiat Atasi Reaksi Alergi di Kulit Secara Alami

15 June 2022   |   18:59 WIB

Tidak sedikit orang yang mengalami alergi. Paling sering ini dialami anak-anak dan biasanya mereda seiring pertambahan usia. Namun beberapa orang menderita reaksi ini sepanjang hidupnya. 

Alergi adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh manusia terhadap zat pemicunya yang biasa disebut alergen. Alergen bisa berupa makanan, minuman, hewan, gigitan serangga, obat-obatan, udara, bahkan bahan pakaian. 

Gejala yang ditimbulkan pun beragam, yang paling tampak adalah gatal hingga munculnya ruam pada kulit. Tentu kondisi ini membuat penderitanya tidak nyaman dan menganggu penampulan. Apalagi jika mereka harus berkegiatan di luar rumah. 

Untuk meredakan kondisi ruam pada kulit akibat alergi ini, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa kamu lakukan di rumah. 
 

1. Oatmeal

Mengutip Healthline, oatmeal memiliki berbagai sifat biologis aktif, termasuk antioksidan dan antiinflamasi. Ini dapat meredakan gatal akibat alergi. 

Namun bukan dimakan, kamu perlu mandi dengan oatmeal. Caranya, tambahkan 1 cangkir oatmeal bubuk ke dalam bak berisi air hangat. Aduk merata. Masuk ke dalam bak mandi dan rendam tubuh selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Oatmeal juga bisa dioleskan kepada area ruam. Cukup campurkan oatmeal bubuk dengan air secukupnya, bisa juga dengan minyak esensial. Oleskan ke area yang muncul reaksi alergi. Balut dengan kain yang sudah dibasahi, diamkan selama 30 menit. 
 

2. Tumbuhan

Ada beberapa tanaman yang dapat meredakan reaksi alergi pad akulit. Paling utama adalah lidah buaya. Gel lidah buaya dapat menenangkan gatal. Ada pula ekstrak daun kesemek. Dengan minum ekstrak daun kesemek ini, bisa mencegah dan menyembuhkan ruam. 
 

3. Soda kue

Soda kue dapat mengatasi ketidakseimbangan pH kulit dan berfungsi sebagai antiinflamasi untuk menenangkan alergi kulit. Cukup campurkan 4 sdm soda kue dengan 12 sdm air atau minyak kelapa hingga menjadi pasta. Oleskan ke area yang gatal atau ruam. Bilas dengan air dingin setelah 10 menit.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Anak Berkebutuhan Khusus Perlu Dorongan Minat dari Keluarga & Teman untuk Bangkit

BERIKUTNYA

Tech Enthusiast Bersiap Indocomtech Hadir Lagi, Intip Bocoran Produknya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: