Asus ExpertBook B9, laptop untuk kalangan bisnis. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Spesifikasi & Harga ExpertBook B9, Laptop Bisnis Paling Ringan dari Asus

19 February 2024   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Asus terbilang cukup ‘ngegas’ meluncurkan produk terbarunya pada awal tahun ini. Jika pada Januari 2024 lalu perusahaan asal Taiwan itu mengeluarkan seri laptop gaming ROG, hari ini mereka merilis lini laptop untuk kalangan komersial dan bisnis di Indonesia. Salah satunya ExpertBook B9 OLED (B9403), yang ditujukan untuk para eksekutif.

ExpertBook B9 diklaim menjadi laptop bisnis 14-inci paling ringan dengan sistem keamanan paling modern. “Laptop bisnis paling ringan di dunia kini tampil dengan layar OLED serta fitur baru yang akan membuat penggunanya lebih produktif,” ujar Asus Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Ringan di bawah Rp 10 Juta, Cocok untuk Mobilitas Tinggi

Layar OLED-nya laptop ini dapat melindungi mata dari radiasi sinar biru. Menggunakan rasio 16:10 dan memiliki screen-to-body ratio sebesar 90 persen, ruang kerja menjadi lebih luas dan meningkatkan produktivitas.

Hadir dengan bobot hanya 990 gram, bobot laptop ini terbilang lebih ringan dari sebagian besar laptop 13-inci yang ada hingga saat ini. Bobot ini tidak lepas dari material yang digunakan yakni magnesium-lithium, paduan logam paling ringan di dunia. Tidak hanya itu, bagian frame dan bodi laptop ini juga diproduksi menggunakan teknik khusus sehingga tidak mengurangi durabilitasnya.
 

Asus ExpertBook B9. (Sumber gambat: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Asus ExpertBook B9. (Sumber gambat: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

ExpertBook B9 sudah mengantongi sertifikasi US Military Grade (MIL-STD-810H). Artinya, laptop ini berhasil melwati berbagai pengujian ketahanan dengan standar yang sangat ketat. “Perangkat ini juga sudah terverifikasi Intel Evo, sehingga kinerja, efisiensi, dan konektivitasnya terjamin,” ujar Technical Public Relation Asus Indonesia Riandanu Madi Utomo saat peluncuran ExpertBook B9 di Jakarta, Senin (19/2/2024).


Sistem Keamanan Tinggi

Selain ringan, Riandanu mengatakan keunggulan dari ExpertBook B9 yaitu dilengkapi dengan fitur keamanan berlapis dan terkini untuk memastikan bahwa data di dalamnya tetap aman. Didukung platform Intel vPro, laptop ini dibekali sistem keamanan mulai dari mitigasi ancaman, perlindungan identitas dan akses, serta perlindungan data dan aset.

Platform vPro juga memungkinkan pengelolaan perangkat dari jarak jauh lewat sistem virtualisasi yang aman, sehingga dapat mengurangi biaya administrasi sekaligus memastikan keamanan data.
 
Ada pula perlindungan biometrik melalui sensor sidik jari terintegrasi dan kamera inframerah (IR) yang didukung oleh teknologi Asus Adaptive Lock untuk login wajah. Selain itu, terdapat perlindungan tingkat perangkat keras terhadap malware dan serangan siber melalui chip TPM 2.0.
 

Asus ExpertBook B9. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Asus ExpertBook B9. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)


Performa

Perfoma ExpertBook B9 ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 vPro Generasi ke-13 serta memori LPDDR5x 64 GB. Perangkat ini telah dilengkapi sistem pendingin dengan dua kipas untuk mengurangi suhu operasional hingga 27 persen dibandingkan generasi sebelumnya, mengurangi tingkat kebisingan hingga 32 persen, dan menurunkan konsumsi daya secara keseluruhan. 

Ada pula fitur two-way AI noise-cancelling serta ASUS AI sense camera untuk rapat online tanpa gangguan sekitar. Untuk daya tahan baterai, ExpertBook B9 tahan hingga 11 jam penggunaan dalam sekali pengisian daya. 


Ramah Lingkungan

Riandanu menyampaikan ExpertBook B9 diproduksi menggunakan teknik khusus yaitu Thixomolding yang membuat proses produksi menjadi lebih efisien. Proses produksi tersebut berhasil mengurangi limbah material sebanyak 29 persen sekaligus memangkas waktu produksi hingga 75 persen. Laptop ini juga diproduksi menggunakan logam daur ulang yang proporsinya mencapai 70 persen. 

Laptop untuk kalangan bisnis ini terbilang bisa dikostum. Oleh karena itu, harganya tergantung dengan permintaan klien. Namun, harga rata-rata mulai dari Rp30 jutaan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Masuk Pekan ke-2, RRQ Kazu Masih Puncaki Klasemen FFWS ID 2024 Spring

BERIKUTNYA

A Very Laufey Date: Sensasi Gelato yang Romantis Bersama Laufey & EM Gelato

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: