Ilustrasi make up (Sumber gambar: Yunona Uritsky/Unsplash)

Cara Menghapus Makeup yang Benar Agar Kulit Terawat

17 February 2024   |   16:51 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Makeup telah lama menjadi bagian dari keseharian para wanita. Selain berfungsi untuk mempercantik, makeup juga mampu memperbaiki ketidaksempurnaan pada wajah. Makeup diaplikasikan sebagai riasan pada wajah. Alat-alat merias seperti eyeshadow, lipstick, hingga cushion biasanya digunakan untuk menunjang polesan pada wajah agar terlihat lebih menarik.

Karena berfungsi sebagai kosmetik, penggunaan makeup tetap harus dihapus atau dibersihkan. Sebab, kosmetik yang didiamkan dalam waktu lama tanpa dibersihkan bisa membahayakan kesehatan kulit. Masalah kulit seperti berjerawat, iritasi, hingga tekstur kulit kering bisa mendera wajah. 

Baca juga: Ombre Lips hingga Contouring, Cek 5 Kiat Makeup Ini untuk Tingkatkan Skill Dandan

Oleh karena itu, Genhype wajib membersihkan make up setelah aktivitas seharian. Bagaimana sih cara menghapus atau memebrsihkan make up yang benar? Yuk simak!
 

Ilustrasi membersihkan wajah (Sumber gambar: Shiny Diamond/Pexels)

Ilustrasi membersihkan wajah (Sumber gambar: Shiny Diamond/Pexels)

 

1. Manfaatkan Panas Uap

Sebelum menggunakan pembersih, Genhype bisa melakukan langkah ekstra untuk melunturkan sisa make up dengan cara memanfaatkan panas uap. Ambil mangkuk, kemudian isi dengan air hangat atau air panas. Kemudian, arahkan uap dari mangkuk ke area wajah sekitar 1-2 menit.

Melansir Allure, uap panas ini akan membantu melonggarkan pori-pori agar lebih memudahkan pembersih menembus kulit lebih dalam untuk menghilangkan riasan pada wajah. Tak perlu dilakukan tiap hari, langkah ini bisa dilakukan sesekali saja saat hendak menghapus make up.


2. Gunakan Pembersih

Penggunaan micellar water yang belakangan populer sebagai penghapus make up tepa digunakan untuk Genhype yang memiliki kulit sensitif. Melansir Real Simple, micellar water menggunakan formulasi yang ringan, tidak menghilangkan kelembababan kulit, dan efektif menghilangkan makeup dengan lembut. Micellar water bisa digunakan sebagai taap awal membersihkan makeup dengan bahan yang lembut, bebas sabun, dan tanpa bilas.

Pembersih makeup tahap pertama yang perlu dicoba juga adalah cleansing balm. Pembersih yang teksturnya menyerupai balsam ini juga efektif membersihkan kulit dari make up dengan cara yang lebih lembut. Cleansing balm juga efektif menhapus makeup yang membandel, seperti riasan mascara atau eyeliner pada mata. Namun, Genhype perlu berhati-hati dalam penggunananya agar tidak masuk ke area sensitif seperti mata.
 

3. Gunakan Cleansing Foam

Setelah memebrsihkan makeup dengan pembersih atau uap air, lanjutkan dengan menggunakan pembersih wajah berbasis sabut dengan bahan yang lembut. Usap sabun di seluruh area wajah mulai dari bagian kening, mata, pipi, hidung, dan dagu. Usaplah sabun ke area wajah dengan lembut tanpa menggosoknya dengan keras. Lakukan pengusapan hingga sisa make up terangkat. 

Baca juga: Meniti Karier Cantik Jadi Makeup Artist

Setelah itu, bilaslah dengan air secara perlahan ke seluruh bagian wajah. Terakhir, keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara menepuk handuk. Disarankan tidak mengeringkan area wajah dengan cara menggosok area wajah. 

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Hypeprofil Muhadkly Acho: dari Stand-up Comedian, Aktor hingga Sutradara 'Agak Laen'

BERIKUTNYA

Film Women from Rote Island Tayang di Bioskop 6 Negara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: