MG Maxus 9 adalah salah satu kendaraan listrik yang meluncur di IIMS 2024 (Sumber gambar: MG Motor Indonesia)

MG Maxus 9 dan MG ES EV, 2 Kendaraan Listrik Paling Baru dari MG di IIMS 2024

16 February 2024   |   16:59 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

MG Motor Indonesia menjadi salah satu agen pemegang merek yang meramaikan Indonesia International Motor Show 2024 dengan memperkenalkan kendaraan listrik baru. Merek kendaraan asal Inggris itu merilis MG Maxus 9 dan MG ES EV.

Peluncuran kedua kendaraan listrik tersebut menambah deretan kendaraan listrik perusahaan yang dijual di dalam negeri. Sebelumnya, MG juga telah memperkenalka mobil tanpa bahan bakar fosilnya untuk pasar Indonesia.

Baca juga: Cek Harga Mobil Listrik MG yang Dirakit di Indonesia

COO MG Motor Indonesia Donald Rachmat mengatakan bahwa kehadiran dua kendaraan listrik paling anyar dari MG membuat masyarakat dengan gaya hidup lebih berkelanjutan memiliki pilihan yang lebih luas.

“Dengan jajaran kendaraan listrik terlengkap di negara ini, kami siap memenuhi kebutuhan mobilitas yang beragam dari masyarakat Indonesia," katanya dalam siaran pers pada Jumat, (16/2/2024).

Pada kesempatan yang sama, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin menuturkan bahwa MG Maxus 9 dan MG ES EV membawa angin segar bagi industri otomotif di dalam negeri.

Dia mengklaim, kendaraan ini menjadi solusi mobilitas yang ramah terhadap lingkungan, memiliki desain elegan, fitur canggih, dan kenyamanan dalam berkendara.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kendaraan listrik bukan sekadar pilihan ramah lingkungan, tetapi juga sinonim dengan kemewahan dan performa," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa MG Maxus 9 juga menandai era baru segmen kendaraan MPV listrik premium dengan kapasitas untuk 7 penumpang, menampilkan fitur canggih, desain memukau, jangkauan yang impresif, dan pengalaman berkendara yang mewah.

Bagi Arif, kendaraan tersebut adalah bukti komitmen manajemen dalam menghadirkan pilihan mobilitas yang tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga mampu memenuhi ekspektasi tinggi konsumen akan kenyamanan dan gaya.

Sementara itu, MG ES EV mendefinisikan ulang segmen stasiun wagon listrik dengan menyediakan solusi perjalanan harian yang modern, tanpa emisi, dan dilengkapi dengan kemampuan pengisian cepat.

Dia mengeklaim bahwa kendaraan itu memiliki desain yang elegan dan fitur modern dan merupakan jawaban bagi individu yang mencari kendaraan sehari-hari yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan kenyamanan dan gaya.

Menurutnya, kedua model tersebut tidak hanya menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung visi pemerintah untuk mobilitas berkelanjutan.
 

MG ES EV (Sumber gambar: MG Motor Indonesia)

MG ES EV (Sumber gambar: MG Motor Indonesia)


MG Maxus 9 dan MG ES EV juga menetapkan standar baru dalam desain, teknologi, dan kenyamanan kendaraan listrik selain memberikan banyak pilihan kepada masyarakat untuk memilih kendaraan tanpa bahan bakar fosil.

Dikutip dari laman MG, MG Maxus 9 memiliki daya jelajah hingga 540 kilometer. Kemudian, mampu terisi hingga 80 persen dari 30 persen dalam 36 menit.

Kemudian, tipe motor elektrik yang tersemat di dalamnya adalah Permanent Magnet Synchronous Motor dengan tipe baterai lithium-ion. Lalu, power maksimal kendaraan ini juga mencapai 245 ps dengan torsi 350 Nm. Adapun, baterai yang terpasang memiliki kapasitas 90 kwh.

Sejumlah sistem keamanan juga telah terpasang di MG Maxus 9. Sistem-sistem itu seperti electronic parking brake, auto vehicle hold, anti-lock braking system with brake force distribution, electronic brake assist, stability control system, dan sebagainya.

Sementara itu, MG ES EV adalah kendaraan listrik dengan daya jelajah hingga 412 kilometer dengan kapasitas bateri 51 kWh. Baterai kendaraan ini juga sudah memiliki ssitem pengisian daya cepat hingga 80 persen dari 0 selama 40 menit.

Kendaraan ini juga telah dilengkapi dengan teknologi i-SMART, yakni sistem operasi cerdas mutakhir yang mampu memfasilitasi komunikasi natara pengguna dengan kendaraan. Dengan begitu, pengendara dapat berkendara secara terpadu.

Sama dengan MG Maxus 9, MG ES EV mendapatkan tipe motor electrik permanent magnet synchronous motor. Namun, baterai yang tersemat di dalamnya adalah lithium iron.

Sementara itu, power maksimal kendaraan ini adalah 177 PS dengan torsi 280 Nm. MG juga tercatat telah menyematkan sejumlah fitur keamanan bagi pengendara, seperti hill start assist system, traction control system, curve brake control system, anti-lock braking system with brake force distribution, dan sebagainya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Intip Spesifikasi VinFast VF5, Mobil Listrik Setir Kanan Pertama dari Vietnam

BERIKUTNYA

Kenali Penyebab & Gejala Kanker Sarkoma, Penyakit yang Diidap Alice Norin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: