Suikoden (Sumber Foto: Imdb)

Yoshitaka Murayama Pencipta Serial Gim Suikoden Meninggal Dunia

15 February 2024   |   13:32 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Yoshitaka Murayama pencipta serial gim Suikoden dan Eiyuden Chronicle yang legendaris, telah meninggal dunia pada 6 Februari 2024 karena komplikasi penyakit yang dideritanya. Kabar tersebut baru saja diumumkan oleh Rabbit & Bear Studios seminggu setelahnya, yakni pada 14 Februari 2024.

Sepanjang kariernya, Murayama merupakan desainer, direktur, dan produser gim asal Jepang. Pada 1995 untuk pertama kalinya dia memperkenalkan permainan video role-playing gim (RPG) Suikoden yang dia produksi dan sutradarai untuk Konami.

Setelah merilis Suikoden II pada 1998 dan sebulan sebelum perilisan Suikoden III pada 2002, Murayama meninggalkan Konami, tepat sepuluh tahun sejak pertama kalinya dia bergabung dengan perusahaan tersebut, Murayama kemudian mendirikan studionya sendiri, yakni Blue Moon Studio, yang juga merupakan pengembang dari gim populer 10,000 Bullets.

Baca Juga: Game Granblue Fantasy: Relink Terjual 1 Juta Kopi
 

Yoshitaka Murayama (Sumber Foto: Twitter/@rpgfancom)

Yoshitaka Murayama (Sumber Foto: Twitter/@rpgfancom)


Sampai akhirnya pada 2020, Murayama bekerja sama dengan Junko Kawano dan orang-orang yang bekerja dengannya saat menciptakan Suikoden untuk menggarap proyek baru, bernama Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes. Murayama juga mendirikan sebuah studio bernama Rabbit & Bear Studios yang berfokus pada waralaba Eiyuden Chronicle.

Rabbit & Bear Studios merilis pernyataan resmi terkait kepergian Yoshitaka Murayama. Mengenang kembali perjalanannya dalam menciptakan Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes pada 2020, semua itu bisa terwudud berkat dukungan para penggemarnya 

"Selama lebih dari tiga tahun pengembangan gim ini, selalu ada semangat dari para penggemar yang terus mendorong visi kreatifnya dan memotivasinya untuk mengerahkan seluruh kemampuannya dalam proyek ini," tulis pernyataan Rabbit & Bear Studios.

Adapun Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes sendiri akan dirilis pada 23 April 2024 mendatang, perusahaan sangat menyayangkan Murayama tidak bisa melihat hasil kerja keras dan reaksi dari para penggemar setia yang mendukungnya sejak serial Suikoden. 

"Namun, kami harus menerima kenyataan bahwa dia tidak lagi bersama kami. Kedepannya kami akan terus mendorong mimpinya dengan merilis Eiyuden Chronicle kepada dunia, serta mempertahankan warisan dan visinya dalam game ini," lanjut pernyataan tersebut

Terakhir, pihak keluarganya dengan tulus menghargai doa dan dukungan para penggemar. Mereka juga meminta privasi supaya tidak ada bunga, surat, atau persembahan lain yang dikirimkan.
 

Tentang Gim Suikoden

Suikoden atau dalam bahasa Jepang, Genso Suikoden merupakan serial permainan konsol RPG yang diluncurkan oleh Konami. Suikoden dibuat dengan mengambil unsur 108 Stars of Destiny dari roman dan novel Republik Rakyat Tiongkok berjudul Tepi Air (Shui Hu Zhuan atau Water Margin).

Konami telah merilis 5 seri utama Suikoden dan 4 seri tambahan (spin-off) Suikoden sampai akhir 2007, sementara Yoshitaka Murayama berpartisipasi sampai seri ketiga.

Suikoden mengisahkan seorang pahlawan yang membasmi kejahatan di dunia yang penuh intrik politik dan revolusi. Sama seperti gim RPG pada umumnya, karakter utamanya yang merupakan orang biasa dan lemah, tiba-tiba mendapatkan kekuatan besar untuk mengalahkan lawan-lawannyanya.

Suikoden menyajikan banyak karakter yang dapat dimainkan, ini merupakan hal yang membuatnya unik di antara gim RPG lainnya. Suikoden memiliki setidaknya tiga sistem pertarungan yaitu sistem turn-based yang digunakan pada pertarungan acak, sistem pertarungan satu lawan satu (duel), dan sistem strategic turn-based dalam pertarungan antar pasukan. 

Baca Juga: 13 Update Menarik di Tokyo Game Show 2022, One Piece Odyssey hingga Suikoden

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Baru Dirilis, Penggemar Gadget Mau Return Apple Vision Pro. Ada Apa?

BERIKUTNYA

Putri Ariani dan Alan Walker Siap Rilis Performance Video Lagu Who Am I

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: