Ilustrasi adegan film Autobiography (Sumber gambar: Kawan Kawan Media)

Rekomendasi 5 Film Bertema Politik yang Cocok Ditonton saat Momen Pemilu

13 February 2024   |   19:54 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Film The Ides of March (2011)

Film besutan George Clooney ini berkisah tentang Stephen Meyer (Ryan Gosling) seorang staf dari calon presiden dari Partai Demokrat bernama Mike Morris (George Clooney). Namun, di tengah gejolak dunia politik, perlahan idealisme meyer terkikis, yang membuat karier politiknya terancam.

Sementara itu, di kubu seberang, Partai Republik, Ted Pullman (Michael Mantell), ternyata menggunakan cara-cara tertentu untuk mengumpulkan suara sebanyak-banyaknya. Termasuk mengiming-imingi jabatan kepada salah satu senator yang memiliki delegasi yang cukup besar di Ohio agar dapat menang.

Menjadi film yang cukup berbobot, sinema ini juga layak ditonton setelah Genhype mencoblos kandidat yang dipilih. Selain Gosling dan Clooney, film ini juga dibintangi Philip Seymour Hoffman, Paul Giamatti, Maria Tomei, Jeffrey Wright, dan Evan Rachel Wood.


5. Film Di Balik 98 (2015)

Sesuai judulnya, film besutan Lukman Sardi ini bercerita tentang kerusuhan besar yang terjadi pada tahun 1998. Terutama setelah lengsernya Presiden daripada Soeharto yang dipaksa turun dari jabatannya, yang menandai berakhirnya Orde Baru di Indonesia. 

Namun, keunikan dari film ini justru tidak berbicara dari sudut pandang politis, tapi dari mata beberapa orang biasa. Salah satunya dari seorang mahasiswi yang berasal dari keluarga tentara, yang memutuskan menjadi aktivis meski mendapatkan tentangan dari keluarganya.

Bersama kekasih, dan anggota aktivis lainnya protagonis dalam film ini tetap menjalankan aksi demo meski keacauan terjadi di mana-mana. Rilis pada 2015, film ini dibintangi Chelsea Islan, Boy William , Donny Alamsyah Fauzi Baadila, dan masih banyak lagi. 

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Film Ali Topan Tayang 14 Februari 2024, Angkat Kisah Romansa Pasangan Rebel yang Unik

BERIKUTNYA

Cek Persyaratan dan Cara Membuat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: