Masyarakat dihimbau menggunakan transportasi umum dari dan ke Jakarta International Stadium. (Sumber gambar: Hypeabis/Himawan L Nugraha)

Pemprov DKI Jakarta Gelar Salat Idulfitri di JIS, Ini Moda Transportasinya

01 May 2022   |   12:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah dua tahun, umat Islam kini dapat merayakan Idulfitri dengan lebih leluasa. Sambil menunggu penentuan 1 Syawal 1443 Hijriah, Genhype yang masih berada di ibukota mungkin berniat salat Idulfitri di utara Jakarta.

Jika warga Jakarta biasanya menunaikkan ibadah salat Idulfitri di Masjid Istiqlal atau Masjid Agung Al-Azhar, sekarang ada satu lagi lokasi ibadah yang bisa menampung puluhan ribu jemaah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan pelaksanaan salat Idulfitri di Jakarta International Stadium.

"Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah salat Idulfitri pada 1 Syawal nanti. Di mahakarya kota ini, mari kita agungkan takbir dan bersujud memohon rida Ilahi. Semoga ini menambah semarak dan semangat dalam merayakan kemenangan dan mensyukuri keberkahan dari Allah. Sampai jumpa di Jakarta International Stadium," tulis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun Instagramnya.

Dilansir dari akun media sosial Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, masyarakat yang ingin salat Idulfitri dihimbau untuk menggunakan transportasi publik. Selain bus Transjakarta, pemprov juga berkolaborasi dengan tiga penyedia jasa transportasi, yakni Grab Indonesia, Gojek, dan Bluebird. 
 



Bagi Genhype yang ingin menggunakan transportasi publik ke Jakarta International Stadium, berikut opsinya:
  1. Transjakarta JIS 014 dengan rute Senen - JIS. 
  2. Transjakarta JIS 003 dengan rute Harmoni - JIS.
  3. Non BRT 10K rute Tanjung Priok - Senen via Taman BMW.
  4. JAK 77 rute Tanjung Priok - Jembatan Hitam 

Adapun, jika Genhype berniat menggunakan layanan Grab, Gojek, dan Bluebird, terdapat potongan tarif yang bisa dimanfaatkan sebesar Rp15.000 ketika menggunakan taksi Bluebird atau Silverbird serta diskon 99 persen dan 95 persen saat menggunakan masing-masing Gojek dan Grab. 

Kalian bisa mendapatkan potongan sebesar Rp15.000 dari Bluebird Group dengan menggunakan kode voucher PERGIIED dan PULANGIED. Periode promo adalah pada 2 Mei 2022 dan hanya berlaku di aplikasi My Bluebird pukul 04.00-11.00 WIB untuk perjalanan dari dan ke Jakarta International Stadium.

Pengguna Go-Ride atau Go-Car dapat memanfaatkan potongan tarif maksimal Rp15.000 dengan GoPay dan Rp10.000 dengan metode pembayaran apa pun dengan kode promo LEBARANDIJIS. Promo ini berlaku pada 1 - 2 Mei 2022. 

Sementara itu,  Grab Indonesia menyediakan titik penjemputan di Taman BMW Pintu Keluar Barat dan Pintu Keluar Selatan untuk Genhype yang hendak pergi ke JIS. Dengan kode promo  Adapun syarat dan ketentuan dari Grab untuk salat Idulfitri adalah diskon tarif berlaku pada 1 dan 2 Mei 2022, promo potongan tarif yang didapat oleh kalian maksimal Rp15.000, Titik penjemputan di Taman BMW pintu keluar barat dan pintu selatan. 

Untuk diketahui, salat Idulfitri di Jakarta International Stadium akan dimulai pada pukul 07.00 WIB. Adapun kapasitasnya mencapai sekitar 20.000 orang. 

Perlu diketahui, JIS dirancang khusus minim kapasitas parkir sebagai upaya mendorong partisipasi masyarakat terhadap penggunaan moda transportasi umum. Untuk itu, akan ada enam kantong parkir yang  disediakan di luar area stadion saat penyelenggaraan salat Idulfitri yang berlokasi di:
  • Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Prof Sulianti Saroso dengan kapasitas 50 unit mobil dan 150 unit motor
  • Universitas 17 Agustus (Untag) dengan kapasitas 80 unit mobil dan 200 unit sepeda motor
  • Graha YKI dengan kapasitas 20 unit mobil dan 50 unit sepeda motor
  • Hotel Arcici Sunter dengan kapasitas 50 unit mobil dan 100 unit sepeda motor
  • Ruko Sunter Nirwana dengan kapasitas 50 unit mobil dan 150 unit sepeda motor
  • Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara
Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara, Harlem Simanjuntak memastikan sejumlah unit bus sekolah pengumpan atau feeder disediakan pada setiap kantong parkir dan akan siap mengantar jamaah menuju JIS sejak pukul 04.00 WIB.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Jenis Stretching yang Bisa Dilakukan di Kendaraan

BERIKUTNYA

Simak Aturan Salat Idulfitri di Jakarta International Stadium Berikut Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: