Jakarta International Stadium menjadi salah satu tempat untuk salat Idulfitri (sumber gambar: Hypeabis/Himawan L Nugraha)

Simak Aturan Salat Idulfitri di Jakarta International Stadium Berikut Ini

01 May 2022   |   13:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Idulfitri tahun ini akan menjadi hari kemenangan yang berbeda jika dibandingkan dengan dua tahun yang lalu dengan adanya pelonggaran kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. Kebijakan ini membuat umat Islam bisa kembali melaksanakan salat Idulfitri bersama-sama.

Salah satu lokasi yang bisa dijadikan tujuan untuk melaksanakan salat Idulfitri pada tahun ini adalah Jakarta International Stadium. Di stadion ini, salat Idulfitri akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Tidak hanya itu, kapasitas yang tersedia mencapai sekitar 20.000 orang untuk melaksanakan salat Idulfitri. 

Sebelum berangkat salat Idulfitri ke Jakarta International Stadium, ada sejumlah hal yang perlu diketahui oleh Genhype terkait apa saja yang boleh dan tidak boleh ketika berada di sana.

Mengutip informasi dari akun Instagram @dkijakarta, jemaah salat Idulfitri dihimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan menggunakan transportasi umum dari dan ke Jakarta International Stadium.

Hal-hal yang boleh dilakukan:
  1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan tidak bergejala sakit.
  2. Membawa tumbler isi air minum sendiri.
  3. Membawa alat ibadah sendiri.
  4. Menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.
  5. Wajib scan barcode aplikasi PeduliLindungi.
  6. Menggunakan alas kaki yang nyaman
  7. Membawa sendiri tas ramah lingkungan.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan:
  1. Membawa makan/ minum dengan kemasan sekali pakai.
  2. Menyuarakan ujaran kebencian, rasisme, seksisme, dan vandalisme. Peserta akan dikeluarkan dari barisan salat jika terjadi.
  3. Buang sampah sembarangan.

Pelaksanaan salat Idulfitri di JIS nantinya akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
 

Adapun, Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Pemprov DKI Jakarta Aceng Zaini menyampaikan petugas salat Idulfitri yang ditunjuk sebagai imam adalah juara nasional Tilawah dewasa putra MTQ Nasional 2018, Heri Kuswanto.

Sedangkan, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Muhammad Cholil Nafis akan bertindak sebagai khotib.

Meskipun tidak semua bagian stadium akan digunakan sebagai tempat salat, pemerintah provinsi DKI Jakarta memastikan JIS mampu menampung maksimal 12.000 jemaah laki-laki dan 10.000 jemaah perempuan.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pemprov DKI Jakarta Gelar Salat Idulfitri di JIS, Ini Moda Transportasinya

BERIKUTNYA

Ini Alasan Lagu Barbie Girl dari Aqua Tidak Masuk Soundtrack Film Barbie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: