Official poster film Kala (2007), 3: Alif, Lam, Mim (2015), Moammar Emka's Jakarta Undercover (2017) (Sumber gambar: IMDb)

Rekomendasi Film Tentang Wartawan untuk Merayakan Hari Pers Nasional 2024

09 February 2024   |   21:00 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tahunnya pada 9 Februari. Tanggal ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia yang didirikan sejak 1946. Penetapan HPN diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 5 Tahun 1985 dan ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985.

Dikutip dari laman resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), perayaan Hari Pers Nasional 2024 mengusung tema Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa. Mengingat Indonesia masih dalam suasana Pemilu 2024, tema ini dimaksudkan supaya seluruh insan pers tetap menjaga keutuhan bangsa di tengah situasi politik yang berlangsung.

Momen ini bisa menjadi kesempatan untuk masyarakat lebih mengapresiasi sosok insan pers yang ada di seluruh Indonesia. Insan pers adalah mereka yang selalu bekerja siang dan malam tanpa henti untuk menghadirkan berbagai informasi untuk masyarakat luas.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan hari penting ini, salah satunya dengan menonton film yang bercerita tentang kisah seorang wartawan. Tidak perlu bingung soal film apa yang harus ditonton, berikut rekomendasi film tentang wartawan yang cocok Genhype saksikan dalam rangka merayakan Hari Pers Nasional. 

Baca juga: 9 Film Bertema Jurnalistik untuk Peringati Hari Pers Nasional 2024
 

1. Kala (2007)


Film Kala menceritakan seorang jurnalis bernama Janus (Fachri Albar) yang tengah menginvestigasi sebuah kasus pembakaran lima orang. Di sisi lain, dua orang petugas kepolisian, Eros (Ario Bayu) dan Hendro (August Melasz) juga tengah menyelidiki kasus yang sama.

Janus memiliki penyakit unik, yaitu narkolepsi yang membuatnya sering tiba-tiba tertidur tanpa mengenal waktu dan tempat. Janus memulai penyelidikan dengan mendatangi rumah sakit tempat para korban disemayamkan. Karena tak mendapat informasi apa pun, Janus memasang tape recorder di dekat Ratih, istri salah satu korban yang tengah berbincang dengan perawat.

Beberapa kejadian mistis mulai menghantui Janus setelah mendengarkan rekaman dari tape recorder tersebut. Dia semakin penasaran dan mencoba menemui anak Ronggoweni yang masih hidup, Ranti (Fahrani). Dari Ranti, terkuak bahwa rekaman itu adalah informasi rahasia yang tak boleh diberitahukan kepada siapa pun. Jika hal itu dilakukan, maka akan ada yang mati.

Film yang mengusung genre fantasi thriller tersebut merupakan hasil besutan sutradara kenamaan Indonesia Joko Anwar. Film Kala tayang perdana di bioskop Indonesia pada 19 April 2007 dan dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Fachri Albar, Ario Bayu, Shanty, Fahrani, August Melasz dan lain sebagainya.


2. 3: Alif, Lam, Mim (2015)


Film 3: Alif, Lam, Mim mengisahkan tiga orang sahabat yaitu Alif (Cornelio Sunny), Lam (Abimana Aryasatya), Mim (Agus Kuncoro). Mereka bertiga dibesarkan di sebuah padepokan silat, hingga saat dewasa mereka memilih jalan hidupnya masing-masing.

Alif memilih menjadi seorang aparat negara yang gigih menumpas kejahatan, Lam memilih menjadi seorang jurnalis idealis, sedangkan Mim tetap berada di pondok untuk mengabdi pada padepokan Al-Ikhlas. Ketiga sahabat ini dipertemukan kembali ketika terjadi kekacauan akibat ledakan bom di sebuah kafe.

Sebagai jurnalis, Lam mendapat informasi bahwa ledakan yang terjadi merupakan skenario dari agen profesional yang membuat Lam terjepit di antara kedua sahabatnya. Alif, Lam, dan Mim dipaksa bertempur satu sama lain untuk mempertahankan dan memperjuangkan kebenarannya masing-masing. 

Film 3: Alif, Lam, Mim dirilis pada 1 Oktober 2015. Film yang merupakan garapan sutradara Anggy Umbara turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktris termasuk Abimana Aryasatya, Cornelio Sunny, Agus Kuncoro, Prisia Nasution, Tika Bravani, Tanta Ginting dan masih banyak lagi. 


3. Spotlight (2015)


Film Spotlight mengisahkan sebuah perusahaan media bernama The Boston Globe. Perusahaan tersebut memiliki tim bernama Spotlight yang terdiri dari empat jurnalis, dengan Walter 'Robby' Robinson (Michael Keaton) sebagai pemimpin redaksi kantor berita.

Tim Spotlight bekerja khusus untuk mengangkat berita yang sudah lama tertunda atau terabaikan. Awalnya, mereka berencana meliput kasus manipulasi oleh pihak kepolisian. Namun, saat rapat, Marty Baron (Liev Schreiber) mengajukan kasus pelecehan anak kecil yang dilakukan pastor.

Kasus tersebut rupanya telah diabaikan banyak orang, sehingga membuat tim Spotlight tertarik untuk mengupasnya lebih dalam. Namun, penyelidikan kasusnya ternyata tidak mudah seperti yang dibayangkan. Pasalnya, kasus pelecehan itu ditutup secara rahasia oleh gereja besar.

Film tentang jurnalis tersebut dirilis pertama kali pada 2015. Film yang merupakan garapan sutradara Tom McCarthy ini berdasarkan naskah yang ditulis oleh Tom McCarthy dan Josh Singer. Film Spotlight turut dibintangi oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, John Slattery, Brian d'Arcy James dan Liev Schreiber. 
 

4. Moammar Emka's Jakarta Undercover (2017)


Film Moammar Emka's Jakarta Undercover mengisahkan tentang seorang pria bernama Pras (Oka Antara) yang mengejar cita-citanya menjadi seorang wartawan. Pras yang begitu ambisius berangkat ke Jakarta dan berguru pada Djarwo (Lukman Sardi), seorang pemimpin redaksi sebuah majalah berita.

Suatu ketika Pras menyadari tulisannya dimanfaatkan kantornya untuk tujuan tertentu. Terlebih setelah dia bertemu dengan Awink (Ganindra Bimo), seorang penari malam, yang memperkenalkannya pada Yoga (Baim Wong), sosok penting dalam dunia bisnis gelap Jakarta. Tanpa disadari Pras terseret ke tengah pusaran dunia malam Jakarta.

Meski demikian Pras tetap bertahan dengan keinginannya mengejar karier dan berusaha meyakinkan Djarwo untuk membantu mewujudkan gagasannya.  

Film Moammar Emka's Jakarta Undercover dirilis pada 23 Februari 2017. Film yang disutradarai oleh Fajar Nugros, turut dibintangi oleh Oka Antara, Baim Wong, Tiara Eve, Ganindra Bimo, Tio Pakusadewo dan lain sebagainya.


5. Bombshell (2019)


Film Bombshell mengisahkan para jurnalis wanita di Fox News yang berencana mengekspos CEO Roger Ailes atas dugaan pelecehan seksual terhadap karyawannya. Roger Ailes (John Lithgow) telah melakukan perbuatan tak senonoh sejak 1960, saat dia masih menjabat sebagai eksekutif produser di program acara The Mike Douglas Show.

Pada 2006, Roger melakukan pelecehan kepada seorang reporter senior bernama Gretchen Carlos (Nicole Kidman). Gretchen yang menolak permintaan Roger dan memilih untuk diam akhirnya diputus kontrak dari Fox News. Gretchen yang dendam, membalaskan rasa sakit hatinya dengan mengajukan gugatan atas pelecehan seksual pada Juli 2016.

Ternyata Gretchen tidak sendiri. Ada pula Megyn Kelly (Charlize Theron), seorang news anchor yang mengalami hal serupa. Hal ini membuat keberanian Gretchen terdongkrak untuk membongkar kasus pelecehan lain oleh Roger.

Film yang diangkat dari kisah nyata tersebut dirilis pertama kali pada 2019, besutan sutradara Joy Roach dan penulis naskah Charles Andolph. Film tersebut dibintangi oleh Charlize Theron, Nicole Kidman, Margot Robbie, John Lithgow, Kate McKinnon, dan Connie Britton.


6. She Said (2022)


Film She Said merupakan film biografi yang menceritakan tentang dua jurnalis bernama Megan Twohey dan Jordi Kantor yang bekerja untuk media New York Times. Kedua jurnalis tersebut berambisi untuk menyelidiki kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh Harvey Weinstein. 

Weinstein adalah seorang produser Hollywood yang diduga banyak melakukan pelecehan seksual terhadap aktris dan model. Para korban mulai mengajukan gugatan satu per satu sejak 2017. Megan dan Jordi pun menulis buku She Said: Breaking Down the Sexual Harassment Stories That Helped Fire a Movement pada 2019. 

Film She Said dirilis pada 25 November 2022 di bioskop. Film ini merupakan garapan dari sutradara Maria Schrader dan naskahnya ditulis oleh Rebecca Lenkiewicz, dengan para pemerannya antara lain Carey Mulligan, Zoe Kazan, Patricia Clarkson dan masih banyak yang lainnya. 

Baca juga: Cikal Bakal Pers Indonesia sejak Era Kolonialisme hingga Kini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Pen Cai, Steamboat Khas Imlek Lambang Persatuan & Kemakmuran

BERIKUTNYA

Ide Outfit Pria di Kantor, Tetap Simpel & Tampil Modis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: