Warga melintas di dekat lapak penjualan pernak-pernik perayaan Imlek di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Selasa (9/1/2024). (Sumber foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Perhatikan, 5 Bidang Bisnis Ini Diramal Bakal Cuan pada Tahun Naga Kayu 2024

08 February 2024   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Imlek 2024 menjadi awal dari tahun Naga Kayu yang mempertemukan elemen kayu besar dan tanah besar (shio naga). Kedua elemen tersebut diharapkan dapat membawa banyak keberuntungan, terutama dalam aspek bisnis yang sedang ditekuni.

Angelina Fang, pakar feng shui dari Feng Shui Consulting Indonesia memaparkan, elemen kayu besar dan tanah besar masing-masing memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri. Karakter tersebut mungkin akan memengaruhi beberapa aspek kehidupan kita. 

Baca juga: Ini Faktor Pedorong Gerak Bitcoin pada Tahun Baru Imlek 2024

Elemen Kayu Besar sisi positifnya kokoh, berani, mau terus bertumbuh, ambisius, aktif, antusias, baik hati, pemberi, bersimpati seperti pohon yang memberikan teduh kepada binatang sekitar, senang membantu. Sifat negatifnya, seperti batang pohonnya yang keras dan kaku, bisa berarti keras kepala, mudah berkonflik, cenderung kasar, impulsif, kurang sabar, sensitif, mudah emosi, atau stres. 

Shio naga mewakili elemen tanah besar, diibaratkan seperti gunung yang berdiri  kokoh. Maka sifat positifnya adalah sabar, berprinsip, jujur, stabil, teguh, setia, tulus, suka menolong, percaya. Namun, juga ada sifat negatif seperti keras kepala, tidak fleksibel, sulit berubah, menunda dan belajar dengan cara yang keras. 

"Ketika kedua elemen ini digabungkan, seperti hutan hujan subur di area perbukitan, indah namun menantang dan butuh perjuangan untuk menaklukkannya," kata Angelina.

Lebih lanjut dia memaparkan, peruntungan bisnis orang-orang di tahun Naga Kayu akan dikejar dengan cara-cara agresif dan ambisius. Kita akan melihat persaingan yang lebih sengit dalam berbisnis, diikuti dengan tercapainya rekor-rekor baru dalam karier.

Setiap tahun energi dalam Feng Shui selalu berubah dalam bentuk siklus. Feng Shui akan melihat pengaruh energi tahun ini berjalan pada elemen bidang bisnis yang sedang ditekuni. Ada lima elemen, seperti logam, api, air, kayu, dan tanah.

"Jika prospek elemen bidang bisnisnya bagus, maka kita dapat mengejar profit maupun ekspansi di tahun ini dengan lebih agresif. Sebaliknya bila kurang bagus, pelaku bisnis bisa menyiapkan strategi dan antisipasi," jelasnya.

Sebagai contoh, jika kita membuka bidang bisnis A dan tahun ini elemen A juga sedang bagus prospek bisnisnya, maka menjadi nilai plus dalam potensi pendapatan. Nah Genhype, yuk simak sektor-sektor bisnis yang memiliki prospek baik di tahun Naga Kayu, diurutkan dari elemen yang terbaik.
 

1. Bisnis Logam (Bagus) 

Elemen logam memberikan peluang besar untuk bisnis yang bergerak di bidang elektronik, komputer, mesin, alat berat, spare part, tools & equipment, fintech, pertambangan mineral, produk logam, emas (erhiasan), farmasi, salon, musik, kecantikan, dan telekomunikasi. Sementara itu, sektor bisnis yang diprediksi akan lesu adalah otomotif karena berpotensi terpengaruh suku bunga tinggi.   
 

2. Bisnis Api (Sedang) 

Sektor bisnis berikutnya yang punya peluang baik sampai sedang tahun ini adalah sektor bisnis dengan elemen api, contohnya restorana atau kuliner, energi, bahan bakar, kimia, pasar uang/pasar saham, penerbangan, asuransi modern, teknologi, pendidikan, periklanan, ektrikal, fotografi, gim, dan lainnya.
 

3. Bisnis Air (Cukup) 

Selanjutnya, sektor bisnis dengan peluang yang cukup tahun ini adalah usaha yang melibatkan air, minuman, bisnis kafe, tour-travel, hotel, transportasi, perkapalan, perikanan, fiburan, IT/software,  media online, laundry, dan jasa.
 

4. Bisnis Kayu (Cukup) 

Elemen kayu membuka peluang yang cukup untuk bisnis tekstil, fashion, kesehatan, perhutanan, perkebunan, furnitur, percetakan, stationery, produk berbahan dasar kayu, ekspedisi, logistik, pergudangan, obat tradisional, bisnia barang eceran atau jaringan.
 

5. Bisnis Tanah (Cukup) 

Tahun Naga Kayu adalah tahun penuh tantangan untuk bisnis di sektor yang terkait dengan elemen tanah. Mulai dari properti, infrastruktur, perbankan, asuransi tradisional, pertanian, aembako, barang, konsumsi (makanan), peternakan, produk kecantikan kulit, sumber daya alam, multifinance, koperasi, dan grosiran.

Meski begitu, Angelina berpesan, untuk memulai bisnis, sebaiknya tidak hanya melihat elemen bidang bisnis yang bagus di tahun itu saja. Pada dasarnya kita mengharapkan bisnis berjalan baik dalam jangka panjang sampai beberapa tahun ke depan. Dengan demikian, disarankan untuk melihat dulu aspek berikut ini dari sudut pandang Feng Shui.

• Bagaimana hoki keuangan pribadi pemilik bisnis beberapa tahun ke depan 
• Kecocokan pribadi pemilik usaha dengan bidang bisnis, melalui analisis data kelahiran  
• Bagaimana pengalaman dan keahlian yang telah dimiliki dalam berbisnis

Baca juga: Xin Nian Kuai Le, Makna dan Tradisi di Balik Ucapan Tahun Baru Imlek

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Pentas Buku Foto: Memaknai Keragaman Realitas Lewat Visual Fotografi

BERIKUTNYA

Konser Super Junior-L.S.S di Jakarta Resmi Dibatalkan, Simak Cara Refund Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: