ilustrasi (sumber gambar: Darya Sannicova/pexels)

Peluang Bisnis Waralaba Laundry Cocok untuk Pensiunan, Modal Mulai Rp50 Jutaan

07 February 2024   |   17:33 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai bisnis, termasuk bagi mereka yang baru akan memasuki masa pensiun. Justru masa pensiun merupakan masa keemasan yang perlu dinikmati setelah seseorang bekerja keras di usia muda.

Psikolog Mustika Tarigan mengatakan seseorang yang memasuki masa pensiunan sebaiknya sudah memiliki rencana untuk memulai kegiatan baru dan tetap aktif, baik itu dengan berkegiatan sosial atau dengan memulai bisnis.

“Karena dengan menyibukkan diri, dia tidak akan membuang banyak waktu yang dapat mengakibatkan pikirannya jadi tidak keruan,” ujarnya.

Baca Juga: Jangan Terjebak Janji Manis Bisnis Waralaba dan Kemitraan, Perhatikan Hal-Hal Ini!

Dengan mempunyai bisnis, bukan tidak mungkin para pensiunan ini bisa memiliki pendapatan yang jauh lebih banyak dibandingkan ketika masih bekerja sebagai pegawai sehingga tidak perlu cemas dengan hilangnya rutinitas atau sumber penghasilan yang bisa berdampak mengancam kesejahteraan mereka.

Meskipun banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh pensiunan dengan memulai bisnis, mereka harus pintar-pintar dalam memilih bisnis apa yang paling sesuai dijalankan oleh pensiunan. Salah satu jenis bisnis yang dapat dipilih oleh para pensiunan adalah franchise laundry. Bisnis ini sangat tepat dijalankan oleh orang yang akan memasuki masa pensiun.

Pasalnya, bisnis laundry cenderung stabil, balik modalnya cepat, dan makin dibutuhkan tidak hanya untuk masa kini tetapi juga untuk masa depan. Dengan mengambil paket franchise, akan lebih memudahkan karena selain brand-nya sudah terbangun, kredibilitasnya juga lebih terjamin.
 

1. Cleanlite

Teddy Mukti, Owner Cleanlite Laundry mengatakan bisnis laundry yang ditawarkannya ini dapat dijalankan autopilot dalam waktu cepat sehingga para pensiunan dapat lebih cepat membiarkan bisnisnya berjalan secara otomatis dengan bantuan aplikasi kasir laundry.

Aplikasi laundry Cleanlab POS tersebut dapat mengatur, mengontrol dan memantau manajemen laundry dari mana, sehingga mereka punya waktu lebih untuk keluarga. “Bisnis laundry autopilot sangat cocok dijalankan oleh pensiunan karena tidak perlu membutuhkan energi terlalu banyak dan tidak menyita waktu,” tuturnya.

Cleanlite laundry menghadirkan paket franchise dengan modal mulai Rp55 juta sudah mendapatkan berbagai peralatan dan perlengkapan termasuk aplikasi Cleanlab POS. Adapun target omzet sekitar Rp14 juta per bulan, dengan proyeksi BEP selama 1 hingga 1,5 tahun.

Cleanlite Laundry memberikan solusi all in one bagi calon pengusaha laundry, mulai dari peralatan dan perlengkapan laundry berkualitas, pelatihan karyawan, aplikasi kasir laundry hingga garansi klien B2B (business to business)
 

2. Mr. Klin

Mr Klin sendiri merupakan bisnis laundry yang telah berdiri sejak 2009  dan sudah tersebar di lebih dari 40 kota di seluruh Indonesia. Ada lima jenis laundry yang ditawarkan Mr Klin mulai dari Laundry Kiloan; Laundry satuan; Dry Clean untuk pakaian jas, gaun pesta, dll; cuci sepatu hingga cuci tas.

Untuk memudahkan proses monitoring atau pengawasan karyawan, Mr Klin mengembangkan aplikasi kasir Laundry Mr Klin POS. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk sistem laporan keuangan, promo, produksi, hingga manajemen.

Adapun paket franchise yang ditawarkan Mr Klin mulai dari Rp53 juta sudah mendapatkan berbagai peralatan dan perlengkapan laundry. Dengan modal tersebut, diproyeksinya bisa mendapatkan omzet sebesar Rp19 juta per bulan dan laba bersih Rp7,9 juta dengan target BEP selama 7 bulan.
 

3. Laundryklin

LaundryKlin menyediakan paket laundry yang cukup menarik sehingga para pensiunan yang mengambil paket ini tidak hanya mendapatkan orderan secara offline saja tetapi juga bisa mendapatkan orderan online dari aplikasi KliknKlin.

Bisnis yang berdiri sejak 2016 ini memang cocok untuk para pensiunan yang ingin mendapatkan passive income. Sebab, dengan berbagai kemudahan bisnis serta adanya teknologi online yang ditawarkan pemilik usaha bisa jalan-jalan sedangkan bisnisnya akan tetap berjalan.

Terapat beberapa jenis layanan yang disediakan mulai dari laundry kiloan, laundry premium, dan laundry sepatu. Hingga saat ini sudah lebih dari 100 investor yang terlah bergabung bersama LaundryKlin.  Laundry Klin menawarkan beberapa jenis paket kemitraan dengan modal awal mulai dari Rp75 juta.
 

4. Simply Fresh

Brand laundry yang telah berdiri sejak 2006 ini merupakan salah satu franchise laundry yang paling diminati, dengan total outlet mencapai lebih dari 370 outlet di seluruh Indonesia. Hal ini dapat terjadi karena Simply Fresh menawarkan tipe franchise dan business ownership sesuai dengan minat dan kemampuan bujet dari calon mitranya.

Bagi yang bermint, Simply Fresh menghadirkan dua jenis investasi yaitu franchise dan business opportunity. Untuk paket BO, modal awal yang dibutuhkan mulai dari Rp55 juta sedangkan untuk paket franchise modal awalnya mulai dari Rp130 juta sudah termasuk perlengkapan dan peralatan.

Perbedaan antara paket franchise dan BO adalah untuk paket BO, mitra bebas memilih nama brand sendiri dengan demikian mitra tidak dikenakan biaya kerja sama dan support system sehingga keuntungan 100 persen akan menjadi milik mitra. Meski demikian, Simply Fresh akan tetap memberikan pendampingan training dan grand opening dengan estimasi balik modal sekitar 1 tahun hingga 1,5 tahun.

Sementara itu, untuk paket franchise menggunakan brand Simply Fresh dengan modal awal mulai Rp130 juta hingga Rp235 juta. Paket Rp235 juta ini merupakan paket full manajemen dimana pengelolaan outlet dilakukan oleh team manajemen dari Simply Fresh Laundry sehingga cocok bagi pensiunan yang ingin mendapatkan passive income.

Baca Juga: Bisnis Waralaba Korean Streetfood Modal Mulai Rp1 jutaan, Minat Coba?

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Deretan E-Sport Jagoan Timnas Indonesia, dari Point Blank hingga eFootball

BERIKUTNYA

Soldiers Merapat, Garena Luncurkan Patch Special Lunar Dragon, Cek Penyesuaian Senjatanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: