Beauty Influencer Harumi Sudrajat. (Sumber gambar: Harumi Sudrajat/Instagram)

5 Tip Memilih & Menggunakan Skincare yang Tepat ala Beauty Influencer Harumi Sudrajat

06 February 2024   |   18:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Minat dan perhatian masyarakat terhadap perawatan kulit wajah saat ini cukup besar. Tak sedikit orang kini menjadikan perawatan kulit sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Mulai dari alasan kesehatan hingga menunjang penampilan, berbagai cara perawatan kulit ditempuh salah satunya rutin menggunakan produk skincare.

Namun, banyaknya merek skincare baik lokal maupun luar negeri, acapkali membuat seseorang yang baru mau memulai merawat kulit kebingungan untuk menentukan produk mana yang harus digunakan. Pasalnya, pemilihan produk skincare yang tepat sangat penting agar seseorang bisa mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kesehatan kulit wajahnya.

Baca juga: Survei ZAP Beauty Index 2024: Wanita Indonesia Makin Melek Kandungan Skincare

Sebelum menggunakan produk skincare, penting untuk memiliki informasi dan pengetahuan yang cukup akan kebutuhan perawatan kulit wajah. Hal itu bisa didapatkan dari konsultasi dengan dokter kulit, artikel-artikel atau jurnal seputar kesehatan kulit, ataupun ulasan produk dari para beauty influencer.

Kepada Hypeabis.id, Beauty Influencer Harumi Sudrajat membagikan beberapa tip yang bisa membantu untuk menentukan dan menggunakan produk skincare yang tepat khususnya untuk pemula. Berikut adalah kiat-kiatnya.


1. Ikuti influencer kecantikan yang sesuai

Harumi mengatakan hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti informasi dari influencer kecantikan dengan tipe kulit dan gaya hidup yang sesuai dengan kalian. Dari informasi-informasi yang dibagikan, kalian akan bisa menentukan produk skincare apa saja yang bisa digunakan namun tetap mengikuti kebutuhan kulit.

"Cara termudah adalah follow dulu orang-orang yang kira-kira dari segi tipe kulit dan gaya hidup itu mirip-mirip dengan kita," katanya.


2. Pahami kebutuhan kulit

Setelah mendapatkan pengetahuan dan informasi yang cukup, hal penting lainnya yang harus dipastikan adalah mengenali dan memahami kebutuhan kulit. Jangan sampai kalian menggunakan produk skincare yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh kulit, sehingga akan muncul masalah kesehatan yang justru tidak diinginkan.

Menurut Harumi, kulit adalah salah satu organ yang akan dengan mudah dan cepat mengirimkan sinyal jika terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian pada produk skincare. "Kalau rasa-rasanya kulitnya kering, berjerawat, enggak lembab, itu berarti ada sesuatu yang salah dari skincare kita. Jadi dengarkan dan kenali kebutuhan kulit kalian," katanya.
 


3. Kembali ke perawatan dasar

Meski kini banyak merek menawarkan ragam produk skincare, Harumi mengatakan justru sebaiknya kembali ke perawatan kulit yang dasar yang memang benar-benar dibutuhkan oleh kulit. Hal itu meliputi pembersihan (cleansing), menggunakan bahan-bahan aktif sesuai kebutuhan kulit, pelembapan (moisturizing) dan penjagaan (protection).

"Jadi back to basic ketika bahas skincare. Karena kalau terlalu banyak produk ditempelin ke muka, jadi bingung kulitnya," ucapnya.


4. Jangan tergoda dengan produk viral

Ketika memilih produk perawatan kulit, jangan sampai mudah tergiur untuk membeli skincare yang tengah viral. Di media sosial kini sering seliweran produk-produk skincare yang viral dari berbagai merek. Tak jarang orang tergiur untuk membeli dan mencoba produk tersebut, tanpa terlebih dulu mengetahui apakah produk itu memang dibutuhkan oleh kulit. 

Harumi mengatakan perawatan kulit adalah hal yang sangat personal dan tidak bisa hanya bermodalkan ikut-ikutan tren. Tak dipungkiri hal itu akan rentan terjadi pada pemula yang sedang mencoba produk skincare yang tengah diperbincangkan banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk tetap mencari informasi dan pengetahuan yang cukup agar menemukan produk skincare yang tepat.

"Kalau kita mau sedikit effort, research, dan follow orang-orang yang tepat, itu pasti akan mengerucut kepada skincare yang lebih personal yang mungkin bukan produk populer," tuturnya.


5. Ketahui cara aplikasi produk skincare

Harumi mengatakan ada beberapa kandungan skincare yang memerlukan cara pengaplikasian yang spesifik. Misalnya, produk skincare dengan kandungan bahan aktif seperti serum, vitamin C, AHA, BHA, dan retinol yang meningkatkan sensitivitas kulit, pengaplikasiannya harus ketika kondisi kulit bersih dan kering.

Sementara untuk produk-produk skincare yang lebih encer seperti toner dan essence bisa mengaplikasikannya dengan kapas. "Jadi enggak boleh pakai vitamin C atau retinol dalam kondisi kulit setengah basah. Itu nanti malah meningkatkan sensitivitas kulit seperti mengelupas, atau lebih parahnya jadi gatal dan iritasi," jelasnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Intip Penampilan Aktor Kim Soo-hyun Bintangi Drama Queen of Tears

BERIKUTNYA

Fakta-fakta Raja Charles III yang Didiagnosis Kanker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: