Make Up Artist Profesional Olis Herawati (kiri) merias wajah model saat acara konferensi pers Wonderwear Professional Makeup Challange 2024 (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

6 Istilah di Dunia Makeup yang Sering Digunakan Beauty Influencer, Cakey hingga Flaky

21 August 2024   |   17:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah Genhype sering menonton tutorial makeup para beauty influencer di media sosial? Kalau iya, tentunya kalian sering mendengar istilah-istilah khusus di dunia kecantikan yang mengacu pada gaya riasan ataupun produk makeup itu sendiri.

Istilah seperti flaky, cakey, patchy, dan lain-lain sering sekali diucapkan. Beberapa dari Genhype mungkin belum familiar dan masih bingung dengan maknanya, terutama yang baru menyelami dunia makeup dan skincare. Untuk itu, yuk simak beberapa istilah makeup berikut ini dan artinya. 

Baca juga: 5 Produk Makeup Penting yang Sering Dilewatkan, Primer sampai Highlighter
 

1. Cakey

Cakey merujuk pada kondisi di mana riasan, khususnya foundation atau bedak, terlihat tebal, berat, dan tidak menyatu dengan baik pada kulit. Ini sering terjadi ketika terlalu banyak produk diaplikasikan atau ketika produk tidak diaplikasikan dengan benar, sehingga hasil akhirnya tampak seperti menggumpal atau retak, mirip seperti tekstur kue yang kurang halus. 

Makeup yang terlihat cakey bisa diatasi dengan cara rutin melakukan eksfoliasi mingguan, sebelum mengaplikasikan foundation persiapkan kulit wajah dengan primer dan complexion secukupnya, sesuai jenis kulit. Terakhir semprotkan setting spray pada wajah supaya hasil makeup terlihat natural dan tidak bergeser.
 

2. Greasy

Greasy adalah kulit yang terlihat berminyak, licin, dan berkilap berlebihan, sering kali disebabkan oleh produksi minyak atau sebum yang berlebihan pada kulit. Kulit yang greasy dapat membuat makeup sulit menempel atau cepat luntur.

Kondisi ini juga sering kali memberikan tampilan yang tidak diinginkan, terutama jika terjadi di area t-zone seperti dahi, hidung, dan dagu. Selain itu, kulit yang greasy cenderung lebih rentan terhadap jerawat dan pori-pori tersumbat.

Cara mencegah makeup yang greasy bisa dengan cara mengoleskan pelembap ringan, lalu pakai sedikit bedak tabur di t-zone sebelum mengaplikasikan foundation untuk mengunci riasan pada wajah berminyak, kemudian lanjutkan dengan rangkaian makeup lainnya. Apabila wajah mulai terlihat berminyak, seka perlahan dengan oil control film atau kertas minyak.
 

3. Patchy

Patchy adalah sebutan untuk produk makeup seperti foundation, eyeshadow, atau blush, terlihat tidak merata dan tampak belang di beberapa area kulit. Saat makeup terlihat patchy, beberapa bagian wajah mungkin memiliki lapisan produk yang lebih tebal atau lebih tipis dibandingkan dengan area lainnya, sehingga membuat hasil riasan tidak mulus dan tidak menyatu dengan baik.

Patchiness bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kulit yang tidak terhidrasi dengan baik atau memiliki area yang mengelupas, penggunaan aplikator makeup yang tidak sesuai atau teknik yang salah sehingga membuat produk tidak menyebar dengan baik.

Untuk menghindari hasil patchy, penting sekali untuk mempersiapkan kulit dengan baik misalnya, menggunakan primer dan pelembap. 
 

Ilustrasi makeup (Sumber foto: Freepik)

Ilustrasi makeup (Sumber foto: Freepik)

4. Flaky

Flaky adalah kulit atau riasan yang tampak kering dan mengelupas. Ini biasanya terjadi ketika kondisi kulit sangat kering dan tidak cukup terhidrasi. Bisa juga ketika makeup, seperti foundation atau concealer menempel pada area kulit yang kering atau pecah-pecah sehingga menghasilkan tampilan yang tidak rata dan tidak halus.

Hindari penggunaan produk makeup yang memiliki formula matte dan produk-produk yang dirancang untuk menyerap minyak berlebih, karena bisa memperparah kondisi kulit kering.

Cobalah untuk melakukan eksfoliasi secara teratur, sebab sel-sel kulit mati bisa menumpuk di permukaan kulit sehingga menyebabkan makeup pada area tersebut terlihat mengelupas. Gunakan juga pelembap yang bisa menghidrasi kulit.
 

5. Creasing

Creasing adalah istilah untuk makeup yang retak. Biasanya terjadi di area garis senyum, bawah mata, dan kelopak mata. Pada kelopak mata biasanya disebabkan oleh kondisi kelopak mata yang berminyak sehingga membuat eyeshadow dan riasan lainnya susah menempel.

Pada area wajah biasanya disebabkan oleh foundation atau concealer yang masih belum kering sempurna, tapi langsung ditimpa bedak sehingga riasan akan retak di area-area wajah tertentu saat terkena sinar matahari.

Untuk menghindari creasing, saat setelah mengaplikasikan foundation dan concealer, pakailah primer di awal dan setting powder di akhir untuk mengunci riasanmu. Sementara untuk mata, sebelum menggunakan eyeshadow pakailah eye primer supaya hasil akhirnya halus dan natural.
 

6. Pigmented

Pigmented merujuk pada seberapa kuat atau pekat warna suatu produk. Produk yang sangat pigmented memiliki warna yang intens dan jelas dengan hanya sedikit aplikasi. Ini berarti Genhype tidak perlu menggunakan banyak produk untuk mendapatkan warna yang menonjol sesuai yang diinginkan.

Produk makeup seperti eyeshadow, blush, lipstik, dan foundation dengan pigmentasi yang baik tentunya diinginkan oleh setiap orang karena warnanya akan lebih nyata dan tahan lama pada kulit. Namun, produk yang sangat pigmented juga memerlukan aplikasi yang hati-hati untuk memastikan hasilnya merata dan mencolok dengan berlebihan.

Baca juga: 3 Tren Kecantikan dari Sephora Edisi Fall/Winter, Ada Cloud Makeup sampai Glass Skin Glo-Up

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pilih Tarik Benang atau Operasi Plastik? Begini Penjelasan Dokter

BERIKUTNYA

Provokasi Visual Justian Jafin dalam Pameran Bara Beku Tetes Tandus di Nadi Gallery

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: