Vidi Aldiano (Sumber gambar: Vidi Aldiano/Instagram)

Vidi Aldiano Jalani Terapi Retreat di Thailand, Kenali Penyakit Kanker Ginjal & Penyebabnya

02 February 2024   |   09:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Vidi Aldiano terus berjuang untuk mengobati penyakit kanker ginjal yang diidapnya. Solois itu mengungkapkan telah berada di Koh Samui, Thailand, untuk menjalani sesi retreat dalam rangkaian terapi pengobatan kanker. Vidi akan menjalani sesi retreat selama dua minggu di fasilitas kesehatan holistik, Tanya Samui.

Melalui unggahan video di akun Instagramnya, Vidi bercerita bahwa dirinya kini telah berada di Koh Samui, Thailand, untuk menjalani sesi retreat di Tanya Samui. Pelantun lagu Status Palsu itu mengaku bahwa dia mendapatkan rekomendasi tempat perawatan tersebut dari para pengikutnya di media sosial.

Baca juga: Vidi Aldiano Bikin Netizen Melek Metastasis, Sel Kanker yang Menyebar dan Sulit Dikendalikan

Retreat merupakan kegiatan sementara waktu untuk menjauhkan diri dari lingkungan keseharian. "Akhirnya gue mendapatkan kesempatan ke sini untuk menjalani sebuah retreat sebenarnya untuk mencoba mengobati apa yang di dalam badan ini," katanya dikutip dari akun Instagram @vidialdiano.

Penyanyi berusia 33 tahun itu juga mengaku awalnya sempat merasa gugup lantaran tidak tahu apa saja kegiatan yang akan dijalaninya selama dua minggu di tempat perawatan tersebut. Namun, Vidi juga mengaku merasakan suasana dan energi yang positif lantaran bertemu orang-orang baru yang juga tengah berjuang untuk menyembuhkan penyakit kanker seperti dirinya.

"Tapi somehow di sini tuh vibe-nya sangat positif. Gue dapat kaya keluarga baru gitu yang sangat suportif. Dengar-dengar cerita inspiratif dari mereka terus banyak dapat dukungan dan doa juga dari strangers, itu buat gue lumayan wow gitu. Jadi gue senang ada di sini sekarang," ujarnya.

Vidi pun mengatakan meski perawatannya tak mudah, dia akan mencoba enjoy menjalani seluruh prosesnya demi kesembuhannya. "Akan menjadi dua minggu panjang disini, enggak sabar untuk melihat journey yang diberi Tuhan untuk badan gue di sini. Wish me luck," imbuhnya.

Mengutip situs resmi, Tanya Samui merupakan tempat yang tenang dan damai yang berlokasi di Koh Samui, Thailand. Di tempat itu, tersedia 90 kamar untuk retreat dan memiliki berbagai jenis akomodasi untuk memudahkan pengunjung.

Untuk metode terapinya, Tanya Samui berfokus pada pembersihan organ tubuh meliputi kandung empedu, hati, usus bagian bawah, dan usus besar. Nantinya, disediakan pula obat herbal dan suplemen yang diklaim terbuat dari 100 persen bahan alami untuk membersihkan tubuh.

Mulai dari lidtox (suplemen herbal untuk membersihkan usus besar), enzim untuk memelihara tubuh, jus asam Jawa (pencahar alami yang dicampur dengan enzim), garam epsom dan jus jeruk nipis (untuk meningkatkan produksi empedu), minyak zaitun, jus jeruk, jus nanas, teh herbal serta kaldu sayuran.

Diketahui, Vidi memang telah divonis mengidap sakit kanker ginjal sejak 2019. Sempat dinyatakan sembuh, pelantun lagu Nuansa Bening tersebut kembali harus menjalani perawatan usai kankernya dinyatakan kambuh. Sejak September 2023, Vidi pun rutin menjalani pengobatan untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya.
 
 


Penyebab Kanker Ginjal

Menukil dari situs National Kidney Foundation, kanker ginjal adalah penyakit yang menyerang fungsi organ ginjal. Penyakit ini terjadi ketika sel-sel sehat di salah satu atau kedua ginjal tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan atau disebut juga tumor.

Kanker ginjal biasanya tidak menunjukkan tanda atau gejala pada tahap awal. Namun, seiring berjalannya waktu, tanda dan gejala tersebut dapat berkembang seperti adanya darah dalam urin yang berwarna merah muda, merah, atau merah kehitaman.

Selain itu, nyeri punggung bagian bawah secara terus-menerus, kehilangan selera makan, penurunan berat badan, benjolan di punggung bagian samping atau bawah, kelelahan, dan demam.

Dilansir dari situs Mayo Clinic, tidak ada penyebab yang jelas pada sebagian besar kasus kanker ginjal. Para dokter menyebut bahwa kanker ginjal dimulai ketika beberapa sel ginjal mengalami perubahan (mutasi) pada DNA mereka. DNA sel tersebut berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Perubahan tersebut memerintahkan sel untuk tumbuh dan membelah dengan cepat. Sel-sel abnormal yang terakumulasi inilah akhirnya membentuk tumor yang dapat meluas melampaui ginjal. Akibatnya, beberapa sel dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh yang lebih luas.

Meski belum diketahui penyebab jelasnya, ada sejumlah faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan seseorang mengidap kanker ginjal yakni kebiasaan merokok, kelebihan berat badan (obesitas), tekanan darah tinggi, riwayat keluarga kanker ginjal, sindrom bawaan tertentu, penyakit genetik langka, pengobatan gagal ginjal hingga riwayat paparan jangka panjang asbes.

Oleh karena itu, untuk mencegah risiko penyakit kanker ginjal, ada beberapa upaya yang perlu dilakukan seperti berhenti merokok, menjaga berat badan yang sehat, mengontrol tekanan darah, hindari diri dari paparan racun, ketahui riwayat keluarga terhadap kanker ginjal, kelola gula darah, hingga cek kesehatan tubuh baik pada fungsi ginjal maupun secara menyeluruh.

Baca juga: Belum Dikenal Luas, Waspadai Faktor Risiko Kanker Ginjal

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Mie Gacoan Carbonara yang Viral di TikTok, Lezatnya Mi Pedas dengan Saus Creamy

BERIKUTNYA

Pre-order Capai 160%, Cek Varian Samsung Galaxy S24 Series yang Jadi Favorit Pencinta Gadget

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: