Aktor Carl Weathers (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Luigi Novi)

Film Terbaik Aktor Carl Weathers, dari Rocky sampai Star Wars: The Mandalorian

04 February 2024   |   09:16 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka menyelimuti industri perfilman Hollywood. Carl Weathers aktor pemeran Apollo Creed dalam film Rocky (1976) berpulang di usianya yang ke 76 tahun. Dikonfirmasi oleh managernya, Matt Luber, Weathers mengembuskan napas terakhirnya pada 1 Februari 2024. Sang aktor telah meninggal dengan tenang saat tidur.

"Carl adalah seseorang yang mengagumkan, dia menjalani hidupnya dengan luar biasa. Melalui kontribusinya dalam film, televisi, seni, dan olahraga, dia telah meninggalkan warisan yang membuatnya dikenal di seluruh dunia. Dia merupakan saudara laki-laki, ayah, kakek, pasangan, dan sahabat kami cintai," tulis pernyataan dari pihak keluarganya, dikutip dari Entertainment Weekly, Minggu (4/2/2024). 

Baca juga: Aktor General Hospital, Tyler Christopher Meninggal Dunia Usia 50 Tahun

Lahir di New Orleans pada 1948, Carl Weathers awalnya adalah seorang pesepak bola profesional yang bermain untuk Oakland Raiders (1970-1971) dari National Football League (NFL) dan BC Lions (1971-1973) dari Canadian Football League (CFL). Weathers juga menggeluti berbagai olahraga termasuk tinju, gulat, dan senam.

Karier aktingnya dimulai sejak 1973 dengan menjadi pemeran figuran dalam film Magnum Force sebagai demonstran. Weathers mulai mendapatkan peran pertamanya saat membintangi Friday Foster sebagai Yarbro dan Bucktown sebagai Hambone yang disutradarai sahabatnya Arthur Marks.

Namanya mulai melejit satu tahun setelahnya, dengan membintangi Rocky musim pertama sampai keempat sebagai Apollo Creed. Karakter terkenal lain yang sempat dibintanginya adalah Greef Karga dalam serial Star Wars The Mandalorian, yang juga membawanya masuk dalam nominasi penghargaan Primetime Emmy sebagai Aktor Tamu Luar Biasa dalam Serial Drama.

Untuk mengenang jasa dan karyanya, yuk simak deretan film terbaik yang pernah dibintangi Carl Weathers berikut ini. 
 

1. Rocky (1976-1985)

Rocky (1976) merupakan film drama olahraga Amerika Serikat yang memiliki enam sekuel yakni Rocky II (1979), Rocky III (1982), Rocky IV (1985), Rocky V (1990), Rocky Balboa (2006), dan Creed (2015). Disutradarai oleh Sylvester Stallone yang juga memerankan karakter utamanya sebagai Rocky Balboa, kecuali pada film Rocky V dan Creed.

Film ini mengisahkan impian Rocky Balboa, seorang petinju Italia Amerika yang miskin. Sebelum menekuni tinju, dia bekerja sebagai penagih utang di daerah kumuh Philadelphia. Suatu hari, juara dunia tinju kelas berat, Apollo Creed mengadakan pertarungan perebutan gelar di Philadelphia.

Namun, dia diberitahu lima minggu sebelumnya bahwa lawannya tidak bisa bertanding karena cedera tangan. Lantaran sudah berinvestasi besar dalam pertarungan ini, Creed memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada warga lokal untuk bertanding dengannya. Sampai akhirnya, Rocky muncul sebagai lawan Creed.
 

2. Predator (1987) 


Predator adalah film aksi fiksi ilmiah yang disutradarai oleh John McTiernan, serta ditulis oleh Jim dan John Thomas. Dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger sebagai Dutch Schaefer, pemimpin tim penyelamat militer elit dalam misi membawa pulang sandera di hutan hujan Amerika Tengah, yang salah satu di antaranya ada menteri kabinet luar negeri.

Mereka bertemu dengan predator mematikan, yakni alien yang dipersenjatai teknologi maju untuk menguasai bumi. Carl Weathers berperan sebagai Colonel Al Dillon dari CIA yang menemani Dutch dan timnya selama aksi penyelamatan. Namun, di balik posisinya itu, dia ternyata punya misi tersembunyi.
 

3. Happy Gilmore (1996)

Happy Gilmore adalah film komedi olahraga yang disutradarai oleh Dennis Dugan dan diproduksi oleh Robert Simonds. Dibintangi oleh Adam Sandler sebagai Happy Gilmore, seorang pemain hoki es yang gagal, lalu menemukan bakat barunya dalam golf. Suatu hari hidupnya berubah, setelah tahu neneknya punya banyak utang. Dia diberi waktu 90 hari untuk melunasi atau rumahnya disita.

Gilmore mencari segala cara untuk mendapatkan uang setelah berhenti jadi atlet hoki es. Tiba-tiba dia mengikuti pertandingan golf dan berhasil mencetak banyak poin dengan gaya pukulan anehnya.

Ini kemudian mempertemukannya dengan Chubbs Peterson (Carl Weathers), mantan bintang golf profesional yang kehilangan tangannya karena serangan buaya. Chubbs mendesak Happy untuk ikut turnamen lokal di mana pemenangnya akan mendapatkan hadiah uang dalam jumlah besar.
 

4. Star Wars: The Mandalorian (2019-2023)


The Mandalorian adalah serial televisi yang dibuat oleh Jon Favreau untuk layanan streaming Disney+. Ini merupakan serial live-action pertama yang diproduksi dalam franchise Star Wars. Ceritanya dimulai lima tahun setelah peristiwa Return of the Jedi (1983). Serial ini terdiri dari tiga musim yang masing-masing memiliki 24 episode. 

The Mandalorian mengikuti petualangan Din Djarin, (Pedro Pascal), seorang Bounty Hunter tunggal bagian luar galaksi. Djarin atau yang juga dikenal sebagai Mando (sebutan untuk klon Mandalorian), merupakan anak yatim piatu yang selamatkan Mandalorian lain dalam perang antar klon.

Din Djarin punya misi dari pasukan kekaisaran untuk mengembalikan bayi Yoda, tapi dia malah melarikan diri untuk melindungi bayi tersebut dan mengembalikannya pada kaumnya. 

Carl Weathers berperan sebagai Greef Karga, pemimpin dari Bounty Hunters Guild, sebuah organisasi yang mengatur aktivitas Bounty Hunter dan memastikan anggotanya mengikuti aturan Guild. Pada musim selanjutnya terungkap identitas asli Greef Karga yang punya peran penting dalam serial ini. 

Baca juga: Aktor Film Parasite Lee Sun-kyun Meninggal Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Apa Itu Cap Go Meh? Perayaan yang Dilakukan Hari ke-15 Setelah Imlek

BERIKUTNYA

Risiko & Manfaat Massage Gun untuk Kesehatan, Cek Sebelum Pakai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: