Ilustrasi Pelancong di Hong Kong (sumber gambar HKTB)

Cek 4 Kegiatan Imlek Seru di Hong Kong, dari Membuat Puding hingga Berbaur dengan Warga Lokal 

03 February 2024   |   10:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hong Kong kerap menjadi pilihan alternatif merayakan Imlek atau Tahun Baru China. Sebab kota pelabuhan ini selalu dipenuhi dengan berbagai warna serta perayaan yang meriah selama periode Tahun Baru Imlek, dengan berbagai pernak-pernik tradisinya yang khas. 

Ya, Imlek memang selalu dikaitkan dengan festival budaya, yang berakar pada adat istiadat tradisional Tiongkok. Terletak di bagian tenggara negara China, Hong Kong memang selalu memiliki acara-acara khas yang bisa dieksplorasi para pelancong saat Imlek tiba.

Baca juga: Sambut Tahun Naga Kayu, Cek 4 Agenda Wisata Imlek Seru di Hong Kong

Wisata pasar bunga yang ramai, acara-acara menarik di seluruh kota, dan pertunjukan meriah yang indah pun selalu ditampilkan pada turis. Uniknya, perayaan tersebut disajikan dari siang hingga malam, yang tak pelak membuat Hong Kong kental akan nuansa Imlek. 

Nah, bagi Genhype yang bingung saat liburan Imlek ke Hong Kong, berikut rangkumkan 4 rekomendasi kegiatan seru yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kota Seribu Kelenteng itu.
 

1. Buat puding Imlek untuk Meraih Pencapaian Baru

Salah satu hidangan yang paling populer untuk disajikan saat Tahun Baru China adalah puding Imlek. Puding lezat ini memiliki rasa manis dan gurih melambangkan kemakmuran dan pencapaian yang lebih baik di tahun yang baru. Puding ini biasanya dibuat sebelum Tahun Baru Imlek dan dihidangkan saat berkunjung ke rumah teman maupun kerabat.

Bagi para pencinta kuliner, kalian juga dapat membawa pulang resep puding Tahun Baru Imlek dengan berpartisipasi dalam workshop yang diselenggarakan oleh toko roti tradisional di Hong Kong. Seperti Kee Wah, atau mooncake dengan cara yang mudah. Sehingga kalian dapat membuat kudapan tradisional ini di rumah.


2. Mengudap Sajian Dried Seafood

Menurut kepercayan lokal, sajian dried seafood selalu menjadi bahan utama untuk menu Tahun Baru Imlek. Salah satunya karena makanan dengan bahan-bahan yang mewah yang disantap saat tahun baru dipercaya bakal menentukan nasib mereka dalam setahun terakhir. 

Bagi kalian yang tertarik dengan tradisi ini bisa mengunjungi kawasan Des Voeux Road West di Sheung Wan yang berada di antara Queen Street dan Centre Street. Sebab, kawasan ini memang dikenal sebagai lokasi dried seafood street terbesar di dunia. 

Di lokasi ini kalian akan menemukan beragam toko yang menjual kerang yang diawetkan, abalon, udang, ikan maw dan masih banyak lagi. Beberapa kuliner tersebut memang melambangkan kemakmuran, termasuk abalon kering terlihat mirip dengan batangan emas sehingga melambangkan kekayaan.


3. Nikmati Kuliner di Poon Choi Feast

Dikenal juga sebagai hidangan baskom, poon choi dulunya merupakan hidangan yang kurang dikenal dan hanya terdapat di pedesaan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, hidangan ini mengalami lonjakan popularitas, terutama selama periode Tahun Baru Imlek. 

Saat pesta ini dimulai sebuah baskom besar akan diisi dengan aneka hidangan dan disiram dengan kuah yang kaya rasa. Baskom tersebut kemudian dihangatkan dan disantap secara bersama-sama. Penduduk lokal percaya bahwa dengan menyantap makanan yang membawa keberuntungan ini, akan mendatangkan energi positif.


4. Berbaur dengan Warga Lokal

Selain berbagai kegiatan di muka, Genhype juga bisa melancong tanpa tujuan alias melabang seperti para flaneur. Tak hanya itu, kalian juga bisa berbaur mengunjungi berbagai daerah di Hong Kong dan berbaur dengan warga lokal, sembari mencerap pengalaman dari mereka.

Adapun, kegiatan ini juga bisa dilakukan dengan mengikuti tur lokal yang luar biasa ke salah satu desa di Hong Kong seperti di Yuen Long atau Sha Tau Kok. Dengan adat istiadat yang berbeda melekat pada desa-desa ini, kalian akan dapat melihat secara langsung cara otentik penduduk desa merayakan Tahun Baru Imlek.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Film & Serial Tayang Februari 2024 di Prime Video

BERIKUTNYA

Ogah Disebut Pinjol, Danacita Tegaskan Berizin & Punya Etika Bisnis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: