Ilustrasi dapur (Sumber gambar: Collov Home Design/Unsplash)

8 Tren Desain Interior Dapur 2024, Aplikasi Warna Alam hingga Pola Herringbone

02 February 2024   |   22:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dapur merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah hunian. Selain digunakan untuk keperluan memasak dan menyimpan bahan-bahan makanan, dapur kerap menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga. Saking penting keberadaannya, dapur bahkan disebut sebagai jantung dari rumah.

Berkembangnya desain rumah modern dari masa ke masa menjadikan dapur sebagai centerpiece atau bagian penting dari interior rumah. Bahkan, di banyak rumah modern biasanya menempatkan dapur berdekatan dengan ruang utama atau ruang keluarga tanpa dinding pemisah. Oleh karena itu, penataan dapur juga menjadi penting untuk memaksimalkan fungsi sekaligus tampilannya.

Pada awal tahun baru ini, mungkin kalian berencana untuk membangun rumah atau mendesain dan menata ulang interior dapur di rumah. Tampilan yang baru tentunya membuat suasana dapur lebih segar dan nyaman. Beberapa desainer interior pun telah menyebutkan sejumlah hal yang bakal menjadi tren utama penataan dapur pada 2024. 

Baca juga: 8 Tren Desain Furnitur Tahun 2024, Garis Lembut hingga Unsur Emas

Menukil laman The Spruce, para desainer menyebut bahwa penataan yang lebih minimalis dan lembut akan mendominasi rancangan interior dapur pada 2024. Meskipun warna-warna mencolok seperti hijau dan merah muda akan populer pada desain interior dapur, palet itu akan hadir dengan tampilan yang lebih bersahaja.

Jasmine Crockett, desainer interior di JoyMeetsHome, berpendapat meskipun palet warna baru akan bermunculan, gaya Skandinavia dan pendekatan yang lebih minimalis akan makin banyak diterapkan pada interior dapur tahun ini.

"Fokusnya adalah meningkatkan fungsionalitas dengan solusi penyimpanan yang dioptimalkan, peralatan yang rapi, dan penggabungan tempat minuman," katanya.

Senada, Bryan Johnson, CEO Shades of Light, menuturkan meskipun tahun lalu tren desain interior dapur diramaikan dengan penggunaan warna-warna yang dramatis, tahun ini justru diprediksi banyak orang lebih menginginkan suasana yang tenang pada dapur.

Mulai dari munculnya pemilihan warna-warna yang hangat, instalasi ubin grafis, hingga penutup ventilasi yang unik, berikut adalah 8 hal utama yang diprediksi akan menjadi tren desain interior dapur tahun 2024. 
 

1. Meja dapur yang besar

Salah satu item yang akan mendominasi tren desain interior dapur pada 2024 ialah meja dapur berukuran besar. Meja-meja besar yang dipilih akan berkutat pada warna-warna minimalis seperti putih atau motif pahatan batu, yang dilengkapi dengan lampu gantung dengan jarak rendah dari meja.

Meja dalam dapur biasanya memiliki dua fungsi utama yakni sebagai tempat untuk persiapan memasak sekaligus tempat untuk makan. Namun, para pemilik rumah kini lebih memfokuskan meja dapur sebagai sudut makan, lantaran item itu akan menjadi perlengkapan yang lebih permanen di dapur serta membutuhkan lebih banyak ruang. 
 

2. Penyatuan material backsplash

Editor senior Houzz Mitchell Parker mengatakan biasanya desainer sering menggunakan ubin untuk backsplash dapur. Namun, tahun ini diperkirakan para desainer akan mulai menggunakan material backsplash yang sama dengan meja dapur, misalnya lempengan batu atau kuarsa. 

Backsplash adalah bidang dinding yang terletak di antara kabinet bagian atas dan kabinet bawah. Biasanya, bidang dinding ini memanjang sepanjang countertop dapur dan cenderung berada dekat kompor dan bak cuci piring. Fungsi utama dari backsplash adalah untuk melindungi permukaan dinding dari air, noda, atau minyak yang disebabkan oleh aktivitas memasak, mencuci piring, dan menyiapkan makanan

"Pelatnya terbuat dari bahan yang sama dengan meja dapur, sehingga memberikan urat grafis dan detail menarik pada dapur. Itu benar-benar menciptakan titik fokus yang mencolok, ditambah lagi, mudah untuk dibersihkan,” katanya.
 

Lotus Design N Print

Penggunaan meja dapur besar. (Sumber gambar: Lotus Design N Print/Unsplash)

3. Detail bergalur

Elemen-elemen detail seperti desain pada furnitur atau perabotan juga menjadi perhatian pada penataan dapur 2024. Salah satunya adalah detail bergalur atau motif seperti garis memanjang. Detail ini paling banyak diterapkan pada lemari atau kabinet dapur.

Parker mengatakan detail galur telah hadir di berbagai furnitur dan memberikan aksen menarik mulai dari meja dapur, meja rias kamar mandi, hingga perabotan untuk ruang tamu. Menurutnya, detail galur bisa menambah estetika untuk berbagai konsep desain, mulai dari abad pertengahan hingga modern, tergantung pada detail polanya.

"Estetikanya menciptakan detail yang tebal dan seringkali kasar," ujarnya.
 

4. Penerapan warna-warna alam

Warna-warna alam seperti hijau diprediksi akan diaplikasikan di banyak dapur pada tahun ini, untuk menciptakan ruangan yang lebih hangat dan bersahaja hasil dari pengaruh desain arsitektur biofilik. Di samping itu, warna-warna biru yang cenderung natural juga akan ikut hadir.

"Dengan banyaknya hal yang terjadi di dunia, warna biru memberikan pengaruh yang menenangkan. Baik itu rona yang terinspirasi dari langit atau warna air yang dalam, carilah rangkaian warna biru untuk ditampilkan lebih menonjol pada bahan dekoratif dan peralatan rumah tangga di tahun ini," kata Parker. 
 

5. Lemari kayu alami

Senada dengan penerapan warna-warna alam, lemari kayu alami juga akan hadir di banyak dapur pada tahun ini. Menurut para desain interior, banyak pemilik rumah kini beralih dari penggunaan warna putih, ke palet warna yang lebih hangat dan bahan kayu alami untuk lemari dapur.
 

f

Penerapan penyimpanan maksimal di dapur. (Sumber gambar: Lotus Design N Print/Unsplash)

6. Penyimpanan yang lebih cerdas

Lantaran banyaknya kegiatan sehari-hari yang dilakukan di dapur, tak ayal jika banyak perabotan dan beragam bahan makanan yang tersimpan di ruangan satu ini. Oleh karena itu, penyimpanan adalah hal yang perlu mendapatkan sorotan dalam penataan interior dapur.

Salah satu elemen penyimpanan di dapur yang akan populer pada tahun ini ialah garasi peralatan yang biasanya menyatu dengan kabinet atau lemari dapur. Garasi kecil ini biasanya dibuat untuk menyembunyikan perabotan dapur seperti blender, pembuat kopi, dan pemanggang roti sekaligus menjaganya agar mudah diakses dan diatur.

"Meskipun sudah ada selama beberapa dekade, garasi peralatan kini kembali populer, seiring dengan upaya pemilik rumah untuk merapikan rumah mereka. Mereka memasukkan lebih banyak alat elektronik ke dalam dapur mereka," kata Parker.

Di samping garasi peralatan, beberapa elemen yang akan populer juga termasuk walk-in pantries, lemari built-in, dan pembatas yang dapat disesuaikan, mencerminkan pendekatan praktis dalam pengorganisasian dan penyimpanan. 
 

7. Pola herringbone

Pola herringbone disebut juga akan banyak diterapkan pada beberapa elemen interior dapur mulai dari backsplash hingga lantai keramik. Herringbone adalah pola yang terdiri dari susunan persegi panjang.

Herringbone disukai lantaran menciptakan gerakan dan tekstur. Tak hanya berorientasi pada pola horizontal, herringbone kini juga hadir dengan pola gerakan dalam arah diagonal maupun vertikal. 
 

8. Range hood unik

Range hood adalah komponen penting di sebagian besar dapur rumah. Range hood atau penyedot udara adalah sebuah alat yang berisi kipas mekanis yang digantungkan di atas kompor dapur. Alat ini berguna untuk menghilangkan sisa lemak, sisa pembakaran, asap, bau, panas, dan uap dari udara dengan evakuasi dari udara dan filtrasi.

Namun, seiring waktu, pemilihan range hood tak hanya didasari atas fungsinya yang vital. Para desainer memprediksi bahwa range hood kini juga digunakan sebagai bagian dari dekorasi penting untuk menunjang penampilan dapur. Hal itulah yang membuat range hood akan hadir dengan material -material unik seperti kayu, baja tahan karat, dan logam campuran.

"Ini [range hood] menambahkan sentuhan khusus yang berbeda pada desain dapur dan berfungsi sebagai titik fokus ruangan," kata Crockett.

Baca juga: 7 Tren Utama Desain Interior Kamar Mandi Tahun 2024, Fitur Spa Bakal Diminati

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

ASUS Zenbook 14 OLED dengan Intel Core Ultra & Teknologi AI Dibanderol Mulai Rp17 Jutaan

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi & Harga Poco M6 Pro, Pakai Chipset Helio G99 Ultra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: