Ilustrasi kamar mandi. (Sumber gambar: Christa Grover/Pexels)

7 Tren Utama Desain Interior Kamar Mandi Tahun 2024, Fitur Spa Bakal Diminati

24 January 2024   |   21:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kamar mandi memiliki fungsi vital sebagai ruang untuk membersihkan diri sekaligus tempat relaksasi. Hal itu yang membuat kamar mandi memiliki suhu yang paling sejuk dibandingkan ruangan rumah lainnya. Tak ayal jika banyak orang yang menjadikan kamar mandi juga sebagai tempat untuk relaksasi sekaligus mencari inspirasi.

Selain itu, kamar mandi juga dapat disebut sebagai ruang personal lantaran di dalamnya terdapat barang-barang perawatan pribadi mulai. Bahkan, kamar mandi juga kerap disebut sebagai representasi karakteristik pemilik rumah. Oleh karena itu, penataan kamar mandi juga tak bisa sembarangan untuk memaksimalkan fungsi sekaligus estetika dari ruang tersebut. 

Baca juga: 10 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Kamar Tidur 2024

Pada awal tahun baru ini, mungkin kalian berencana untuk mendesain dan menata ulang interior kamar mandi di rumah. Tampilan yang baru tentunya membuat suasana kamar mandi lebih segar dan nyaman. Beberapa desainer interior pun telah menyebutkan sejumlah hal yang bakal menjadi tren utama penataan kamar mandi pada 2024.

Para pakar menyebut bahwa pemilik rumah saat ini kian eksploratif mencari cara untuk menciptakan kamar mandi yang estetis sekaligus fungsional, sama seperti penataan pada ruangan lain di rumah. Melansir dari The Spruce, berikut adalah 7 hal utama yang akan menjadi tren desain interior kamar mandi sepanjang 2024.


1. Penggunaan warna hangat & netral

Desainer dari Mosaik Design and Remodeling Erin Davis mengatakan warna netral yang hangat akan banyak diterapkan pada desain interior kamar tidur tahun ini. Warna-warna yang akan populer seperti putih hangat, krem, serta warna-warna kayu yang lebih terang seperti maple, white oak, abu tua, dan cokelat hangat.

"Tujuannya adalah untuk menciptakan ruangan yang menenangkan dengan menggunakan warna dan corak yang terinspirasi dari alam yang membangkitkan perasaan rileks dan tenang," katanya.
 

Ilustrasi kamar mandi. (Sumber gambar: Chastity Cortijo/Unsplash)

Ilustrasi kamar mandi. (Sumber gambar: Chastity Cortijo/Unsplash)


2. Warna lawas yang bersahaja

Ubin berwarna biru yang identik dengan interior lama dari kamar mandi rupanya diprediksi akan kembali populer pada tahun ini. Selain itu, warna-warna yang disebut sebagai palet lawas namun bersahaja seperti hijau alami, kismis, ungu, dan biru akan banyak digunakan untuk kamar mandi terutama untuk benda-benda seperti lemari dan ubin.

"Warna yang dalam dan jenuh ini memiliki efek menenangkan dan membumi yang cocok untuk ruang kamar mandi seperti spa," kata Davis.


3. Menghadirkan fitur spa

Pendiri dan desainer utama Verde Interior Design Luis Carmona menuturkan para pemilik rumah kini berlomba-lomba untuk menghadirkan kamar mandi yang nyaman bak salon spa favorit untuk perawatan. Hal ini membuat permintaan untuk menghadirkan fitur spa pada kamar mandi utama diprediksi akan meningkat pada 2024. Beberapa fitur yang dimaksud seperti alat mandi uap, pemanas handuk, head shower spa, bak berendam, dan lantai dengan pemanas.

"Kamar mandi yang estetis dan fungsional selalu menjadi suatu keharusan, tetapi memiliki ruang yang berfungsi ganda sebagai spa di rumah jelas telah mengubah apa yang dianggap sebagai desain fungsional," katanya.


4. Ruang untuk bersantai

Biasanya, proporsi ruang kamar mandi dalam rumah tidak begitu diprioritaskan dibandingkan dengan ruangan lain seperti ruang tamu atau kamar tidur. Namun, kini, pemilik rumah mulai membuat kamar mandi besar dengan ruang yang cukup untuk menghadirkan sudut-sudut santai sambil menghadap jendela atau ventilasi cahaya.

Sarah Barnard, desainer utama dan pemilik Sarah Barnard Design mengatakan hal itu dikarenakan kamar mandi kian dianggap sebagai ruang untuk menjaga kesadaran, sehingga banyak orang mencari lebih banyak peluang untuk menenangkan diri dan bersantai di kamar mandi mereka.

"Kamar mandi besar juga memberikan kesempatan untuk memadukan fitur mewah seperti spa yang didambakan pemilik rumah," katanya.
 

Ilustrasi kamar mandi. (Sumber gambar: Taylor Beach/Unsplash)

Ilustrasi kamar mandi. (Sumber gambar: Taylor Beach/Unsplash)

5. Pilihan desain yang bijak

Kamar mandi kini juga dianggap bukan ruangan yang perlu mendapatkan desain maksimal yang berlebihan. Sebaliknya, para pemilik rumah kini lebih memperlakukan kamar mandi sebagai ruang artistik dan kreatif yang layak untuk didesain dengan cermat seperti halnya ruangan-ruangan yang lebih menonjol di rumah seperti ruang tamu atau dapur.

CEO dan pendiri Kathy Kuo Home Kathy Kuo mengatakan benda-benda seperti ubin buatan tangan, kertas dinding buatan tangan, dan lemari khusus adalah beberapa furnitur dan dekorasi yang mulai dicari pemilik rumah. Begitupun dari segi dekorasi dinding, dimana penggunaan motif akan menjadi tren desain kamar mandi pada 2024.

"Kamar mandi diprioritaskan sebagai ruang yang layak untuk dipilih dengan cermat sama seperti ruangan lain di rumah, dan kepastian itu meluas ke seni [desain] dinding," katanya.


6. Pencahayaan dekoratif

Senada dengan hal itu, pencahayaan dekoratif juga akan banyak diterapkan pada desain interior kamar mandi pada tahun ini. Lantaran ruang kamar mandi seringkali menawarkan lebih sedikit peluang untuk dekorasi non-fungsional, pencahayaan adalah cara terbaik untuk memanfaatkan elemen fungsional sebagai objek dekoratif.

Pencahayaan dekoratif tidak hanya menambah sentuhan estetis, namun juga dapat memberikan suasana yang lebih menenangkan seperti spa, sesuatu yang akan menjadi tren besar pada tahun ini. Lampu-lampu dengan bentuk artistik dan pencahayaan maksimal adalah contoh elemen dekorasi yang akan populer.


7. Kembalinya kabinet obat

Salah satu tren desain interior kamar mandi yang dinilai oleh para desainer tidak terduga pada tahun ini ialah kembali populernya lemari obat. Perabotan ini biasanya ada di rumah-rumah tua, yakni lemari kecil yang dipasang di dinding dan berfungsi ganda baik untuk tempat obat maupun cermin rias pada bagian pintunya.

Lantaran bakal populer kembali, lemari obat pun diperkirakan bakal hadir dengan beragam desain dan material yang unik, plus dengan berbagai ukuran dan fitur sehingga berkualitas tinggi. Penggunaan lemari obat diminati lantaran menawarkan tempat penyimpanan yang seamless atau tersembunyi, dan tampil seperti cermin rias.

"Dengan semakin banyak klien yang membutuhkan penyimpanan tambahan agar meja mereka tidak berantakan, pilihan untuk menggunakan lemari obat pasti mengalami peningkatan,” kata Carmona.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Cara Menghindari Aquaplaning Saat Musim Hujan

BERIKUTNYA

Dirilis 25 Januari, Pixel 8 Pro Tampil Segar dengan Varian Warna Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: