ilustrasi (sumber gambar : superhomekontraktor)

Perhatikan Tiga Hal Ini Saat Membangun Rumah Impian

01 February 2024   |   19:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Untuk membangun sebuah rumah, tentu saja kita membutuhkan dana yang tidak sedikit, bisa mencapai ratusan juta bahkan hingga miliran rupiah. Karena itulah, rumah dikatakan sebagai investasi besar yang bersifat jangka panjang.

Nah, dengan nilai yang besar tersebut maka proses pembangunan rumah harus benar-benar diperhatikan secara mendetail, jangan sampai salah memilih desain rumah, material, maupun jasa kontraktor.

Priscilla, Account Manager Super Home mengatakan selain membeli rumah yang telah jadi dan dibangun oleh developer, tak sedikit pula masyarakat yang ingin membangun sendiri rumah impiannya sesuai dengan desain yang dia inginkan.

Baca Juga: 6 Area di Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat ingin membangun rumah impian?
 

1. Jasa Kontraktor

Di tengah kesibukan aktivitas pekerjaan sehari-hari, sering kali seseorang tidak memiliki banyak waktu untuk mengawasi proses pembangunan rumah. Maka di sini, peranan kontraktor profesional dan terpercaya menjadi sangat penting.

“Dengan menggunakan jasa kontraktor terpercaya, konsumen akan merasa lebih aman. Sebab, para kontraktor ini akan memberikan sentuhan desain arsitektural yang apik, membangunnya dengan kokoh dan finishing yang rapi,” tuturnya.

Memilih jasa kontraktor rumah adalah keputusan penting yang membutuhkan pertimbangan matang, karena berkaitan dengan investasi besar dan kepuasan jangka panjang terhadap rumah Anda. 

Untuk itu, Anda harus memperhatikan referensi dan ulasan terhadap kontraktor, periksa juga pengalaman dan kredibilitasnya. Pastikan kontraktor memiliki pengalaman dalam membangun atau merenovasi rumah. Cek juga apakah mereka memiliki izin usaha yang valid dan terdaftar pada asosiasi kontraktor yang kredibel.

Selain itu, cek portofolio pekerjaan sebelumnya. Mintalah untuk melihat portofolio pekerjaan sebelumnya. Ini akan memberikan gambaran tentang kualitas pekerjaan dan apakah gaya mereka sesuai dengan yang Anda

 

2. Jasa Desain Arsitek

Selain jasa kontraktor, seseorang juga membutuhkan jasa desain arsitek handal yang dapat mendesain rumah sesuai keinginan. Jasa desain arsitek memainkan peran penting dalam proses membangun rumah, tidak hanya dalam hal estetika tetapi juga dalam aspek fungsionalitas, keamanan, dan efisiensi.

Untuk menggunakan jasa arsitektur tersebut seseorang perlu mengeluarkan anggaran puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Namun, ada juga kontraktor yang menyediakan jasa gambar arsitektur gratis.
 

3. Material Bangunan

Memilih material bangunan yang tepat sangat krusial dalam proses pembangunan rumah karena memiliki dampak signifikan terhadap kualitas, keawetan, estetika, dan keberlanjutan bangunan. 

Karena itu, dalam memilih material bangunan perhatikan hal-hal seperti kekuatan dan durabilitas, keamanan, efisiensi energi, pemeliharaan, estetika, hingga nilai jual kembali. 

Nah, jika Anda kurang memahami bahan atau material bangunan yang cocok dan tepat untuk rumah yang akan dibangun, bisa konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor. Beberapa kontraktor juga bisa memberikan layanan pemborongan material sehingga konsumen bisa menghemat waktu.

Baca Juga: 8 Tren Lantai Rumah 2024, Ubin Kotak-kotak & Terakota Populer Lagi

Editor: M. Taufikul Basari
 

SEBELUMNYA

Ikut Pemilu Bisa Dapat Diskon Lewat Program Klingking Fun

BERIKUTNYA

Menparekraf Minta Program Klingking Fun Tidak Hanya di Pusat Perbelanjaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: