Ilustrasi membersihkan rumah (Sumber foto: No Revisions/Unsplash)

6 Area di Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

27 December 2023   |   16:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Jangan senang dahulu jika kalian selesai menyapu atau mengepel lantai rumah. Sebab, boleh jadi masih ada beberapa titik lain di rumah, yang kalian lupa bersihkan. Beberapa titik ini biasanya berada di tempat terpencil, atau bisa juga sulit dijangkau, sehingga sering terlewat untuk dibersihkan. 

Selain itu, beberapa tempat ini sebetulnya sering kita lihat atau sentuh, tetapi kita cukup sering mengabaikannya karena secara kasat mata terlihat bersih. Padahal, tempat tersebut begitu kotor, tempat berkumpulnya debu, atau bersemayamnya para hewan-hewan kecil dan bakteri.

Baca juga: 5 Bahan Dapur Ini Efektif Membersihkan Lumut & Jamur di Tembok

Apa saja tempat-tempat di rumah yang sering kita lupa bersihkan. Mengutip dari Real Simple, House Digest, dan berbagai referensi lainnya, berikut informasi selengkapnya:


1. Sakelar lampu

(Sumber foto: )

(Sumber foto: Unsplash/Jaye Hach)

Setiap pagi atau malam hari, kita selalu menyentuh benda ini. Namun, tak jarang kita lupa membersihkannya. Padahal, tempat ini cukup kotor, mengingat kita sering menyentuhnya. Oleh sebab itu, mulai sekarang, ada baiknya kalian untuk rutin membersihkannya. Ingat, hati-hati jika ingin membersihkannya. Hindari menggunakan kain lap basah, karena dapat memicu listrik. 


2. Ventilasi

Kalian pernah merasa enggak sih, rumah terasa panas atau pengap? Nah bisa jadi masalahnya ada ventilasi rumah kalian yang terlalu kotor. Tumpukan debu pada area tersebut membuat sirkulasi udara atau cahaya terhambat. Bila sudah terlalu kotor, maka kalian harus membersihkannya. Bisa menggunakan air sabun untuk mengusir debu. 


3. Lis profil

(Sumber foto: Unsplash/Toa Heftiba)

(Sumber foto: Unsplash/Toa Heftiba)

Salah satu area yang mungkin luput dibersihkan, adalah langit-langit. Terutama pada bagian lis profil atau lis plafon. Bagian ini adalah penghubung antara permukaan plafon dengan dinding, yang berfungsi mempercantik dan memperkuat langit-langit. Lis profil seringkali kotor karena sawang atau sarang laba-laba. Untungnya, bagian ini cukup mudah dibersihkan. Kita bisa menggunakan sapu yang dipanjangkan untuk menjangkau area tersebut. 


4. Mesin cuci

(Sumber foto: Unsplash/Planet Care)

(Sumber foto: Unsplash/Planet Care)

Pernahkah kalian memperhatikan bahwa baju kalian tidak sebersih biasanya? Nah, bisa jadi itu akibat mesin cuci yang kotor. Hal ini terjadi karena deterjen, pelembut kain, dan penghilang noda yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan. Bersihkan mesin cuci secara rutin dengan air sabun panas untuk menghilangkan kotoran, jamur, dan bakteri. Tambahkan pemutih jika mesin cuci berbau atau berjamur.


5. Bagian dalam lemari

Meskipun kalian mungkin merapikan dan menata pakaian secara teratur, tetapi kalian mungkin tidak membersihkan bagian dalam lemari. Untuk bikin lemari kinclong, keluarkan isinya, singkirkan debu, semprot air sabun hangat atau pembersih khusus, lalu lap sampai bersih dan keringkan. Gampang kan?


6. Bawah furnitur

Bagian ini termasuk area bawah tempat tidur, sofa, meja, lemari, dan rak. Kita boleh jadi jarang membersihkannya karena posisinya tersembunyi dan butuh effort ekstra untuk menjangkau. Bilia dibiarkan kotor area ini akan menjadi sarang debu, kotoran, tungau dan hewan-hewan kecilnya. Untuk membersihkan ini kalian bisa menggunakan sapu atau mesin penyedot debu. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan & Merawat Kompor Tanam Biar Lebih Awet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak Cara Ngegym yang Efektif Mencapai Body Goals Menurut Pelatih Kebugaran

BERIKUTNYA

Sinopsis & 5 Fakta Unik Film 13 Bom di Jakarta Besutan Sutradara Angga Dwimas Sasongko 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: