Apindo Gelar Program Klingking Fun 2024 (Sumber gambar: Himawan L. Nugraha/Hypeabis.id)

Menparekraf Minta Program Klingking Fun Tidak Hanya di Pusat Perbelanjaan

01 February 2024   |   21:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sudah kali ketiga program Klingking Fun dilaksanakan untuk menyemarakkan momen pemilihan umum (Pemilu). Tahun ini, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) serta Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APBI) kembali menggelar program diskon nasional ini. 

Sebagai informasi, Klingking Fun merupakan program nasional dari lintas asosiasi yang ditujukan bagi masyarakat yang ingin berburu diskon hanya dengan menunjukkan jari tertanda tinta setelah memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Lebih dari 800 brand dan puluhan ribu gerai akan berpartisipasi dalam program diskon ini. Menggandeng APBI, program ini juga rencananya akan mengikutsertakan 400 mal yang sebelumnya sudah terdaftar dalam asosiasi. 

Baca Juga: Waspada Potensi Deepfake, Kian Marak Jelang Pemilu 2024

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, pusat perbelanjaan juga akan berkontribusi dengan memberikan program tambahan di luar diskon yang diberikan brand. “Selain publikasi, pusat perbelanjaan juga akan tambah diskon lain seperti parkir gratis, atau lainnya. Harapannya semoga bisa meningkatkan kunjungan dan aktivitas belanjanya juga,” kata Alphonzus.

Dari 400 keanggotaan yang terdaftar di bawah APBI, Alphonzus mengatakan transaksi mal per hari bisa berada pada kisaran Rp5 miliar dengan total kunjungan mencapai 40 juta. Dengan adanya momen diskon saat pemilu, diharapkan transaksinya bisa meningkat minimal 30 persen. 

“Pada hari biasa dari 400 mal yang terdaftar bisa mendapatkan Rp2 triliun per hari. Kalau angka kunjungan naik, maka harapannya transaksi dan aktivitas belanjanya juga akan naik,” katanya.

Ketua Pelaksana Klingking Fun 2024 sekaligus Wakil Ketua Umum Hippindo Fetty Kwartati mengatakan telah membuka ruang diskusi untuk meminta dukungan terhadap program ini. Fetty menyebut, pemerintah melalui Kemenparekraf meminta program Klingking Fun juga diperluas ke sektor berbasis atraksi dan wisata. Sebab selama ini, program diskon yang diberikan lebih banyak berfokus pada sektor ritel dan food & beverage (F&B) yang berpusat di mal.

“Kita sudah bicara dan Kemenparekraf minta programnya diluaskan lagi ke tempat wisata, seperti Kawasan Borobudur, Ancol, dan lainnya nanti akan kita upayakan,” kata Fetty. 

Dengan perluasan diskon ke tempat wisata, diharapkan perputaran ekonomi dari sektor wisata juga berjalan disamping aktivitas belanja produk yang dilakukan masyarakat. “Jadi tidak cuma F&B, brand fashion, supermarket, bioskop, hingga salon, tapi akan meluas juga ke tempat-tempat rekreasi,” kata Fetty.

Apalagi, Pemilu tahun ini terjadi di tengah momen libur panjang yang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk mencari aktivitas berbasis atraksi dan wisata. Banyaknya tanggal merah sepanjang Februari 2024 ditambah dengan semarak pemilu juga diharapkan mampu menciptakan perputaran ekonomi yang besar lewat aktivitas belanja masyarakat di dalam negeri, didukung dengan program diskon yang menarik dari brand yang ikut serta.

Baca Juga:  Ikut Pemilu Bisa Dapat Diskon Lewat Program Klingking Fun

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Perhatikan Tiga Hal Ini Saat Membangun Rumah Impian

BERIKUTNYA

Resmi Meluncur di Indonesia, Cek Harga & Keunggulan Poco X6 Series

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: