Ketepatan waktu yang buruk dapat berdampak terhadap banyak hal (Sumber gambar: pexels/ pixabay)

Daftar 20 Maskapai Paling Tepat Waktu Sepanjang 2023

31 January 2024   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ketepatan waktu merupakan hal utama bagi para traveller dan menjadi alasan utama ketika memilih sebuah maskapai untuk melakukan perjalanan ke suatu destinasi. Jadi, saat hendak memilih maskapai, kinerja ketepatan waktu atau on-time performance menjadi salah satu alasan selain layanan dan sebagainya.

Dikutip dari laman penyedia data perjalanan global OAG, on-time performance memiliki peran penting bagi manajemen operasional maskapai penerbangan, lantaran penundaan waktu terbang akan berdampak terhadap produktivitas.

Kondisi tersebut dapat merugikan maskapai penerbangan. Selain rugi waktu, penundaan jadwal penerbangan juga menimbulkan kerugian material mencapai ribuan dolar Amerika Serikat setiap tahun.

“Banyak maskapai penerbangan telah menyematkan OTP sebagai KPI yang menggunakannya untuk mengukur dan mengevaluasi proses serta mengidentifikasi peningkatan pada operasi mereka,” demikian tertulis dalam publikasi OAG. 

Baca juga: Cek Survei Terbaru tentang Kecenderungan Pengguna Maskapai Penerbangan

OAG juga menuliskan bahwa maskapai penerbangan dan bandara dapat melakukan analisa proses operasional dengan berbagai pemangku kepentingan,

Selain itu, OTP juga diklaim sebagai metrik berharga bagi maskapai penerbangan dan merupakan bukti keandalan yang dapat memengaruhi loyalitas merek dan penjualan tiket. Bukan tanpa alasan, keterlambatan kedatangan maupun penundaan penerbangan dapat menjadi pengalaman yang menegangkan bagi penumpang.  

Ketepatan waktu yang buruk berarti penerbangan akan mengalami keterlambatan ketika tiba di gate, sehingga dapat menyebabkan penumpangan ketinggalan penerbangan lanjutan.

Dalam laporan berjudul Top 20 Global Airlines Ranked By On-Time Performance, maskapai Garuda Indonesia menjadi yang paling tepat waktu dengan arrivals OTP sebesar 95,28 persen. Jumlah penerbangan maskapai di kawasan Asia Pacific itu mencapai 49.918.

Posisi kedua ada Oman Air yang memiliki arrivals OTP sebesar 93,56 persen. Maskapai yang beroperasi di kawasan Timur Tengah itu memiliki jumlah penerbangan sebanyak 44.687. Kemudian, posisi ketiga diduduki oleh Safair dan Eurowings.

Adapun, posisi empat dan lima masing-masing ditempati oleh Copa Airlines dan Royal Jordanian. Iberia dan Qatar Airways berada di peringkat 6 dan 7.

Dalam pernyataan yang diterima Hypeabis.id, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan bahwa pencapaian perusahaan merupakan wujud apresiasi dan ucapan terima kasih manajemen kepada traveller yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Para pengguna jasa ikut berperan terhadap kelancaran operasional Garuda Indonesia, melalui rangkaian proses pre-flight baik check-in dan boarding tepat waktu, “yang kami yakini juga dipersiapkan sebaik mungkin sehingga mendukung kelancaran dan ketepatan waktu penerbangan hingga tiba di destinasi,” katanya.

Dia menuturkan bahwa perolehan ini melengkapi capaian Garuda Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya secara konsisten sejak 2019, yakni menerima rekognisi 5 Star On-Time Performance Rating pada 2019, maskapai tepat waktu di dunia dalam Punctuality League 2020, dan Punctuality League 2023. 

Baca juga: Ini Kata Maskapai Garuda tentang Koper Pintar yang Dilarang Masuk Kabin Pesawat

Berikut daftar Top 20 Global Airlines Ranked By On-Time Performance:
  1. Garuda Indonesia
  2. Oman Air
  3. Maskapai Safair dan Maskapai Eurowings
  4. Copa Airlines
  5. Royal Jordanian
  6. Iberia
  7. Qatar Airways
  8. Delta Air Lines
  9. LOT - Polish Airlines
  10. Jetstar Japan
  11. LATAM Airlines Group
  12. Etihad Airways
  13. Azul Airlines
  14. IndiGo
  15. All Nippon Airways
  16. Sky Airline
  17. Gulf Air
  18. Japan Airlines
  19. Saudi Arabian Airlines 
(Baca artikel hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Lee Young-ae Kembali Bintangi Drama Legendaris Jewel In The Palace 2 Sebagai Jang Geum

BERIKUTNYA

Penikmat Seni Merapat, Cek Agenda Pameran Seni Februari 2024 di Jakarta hingga Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: