Ilustrasi bandara, (Sumber gambar: Unsplash/VOO QQQ)

10 Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu

30 October 2022   |   14:16 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ketika memesan penerbangan, faktor apa yang menjadi penentu bagi Genhype? Kalian mungkin mempertimbangkan hal-hal seperti maskapai mana yang menawarkan tarif terbaik, leg room paling luas, dan kursi ternyaman di kelas ekonomi. Tetapi di atas segalanya, ketepatan waktu adalah hal terpenting.

Ketepatan waktu menjadi hal krusial bagi sebuah maskapai penerbangan. Bukan tanpa sebab, alasan utama  seseorang menggunakan pesawat terbang sebagai pilihan transportasi adalah pertimbangan efisiensi waktu jika dibandingkan dengan moda transportasi lain.

OAG, penyedia data perjalanan udara, baru-baru ini merilis laporan bulanan On-Time Performance per September 2022. Dari ratusan maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia, Eurowings (Jerman), Garuda Indonesia (Indonesia), dan Bangkok Airways (Thailand) menempati posisi teratas.

Baca juga: Ini 100 Maskapai Top Dunia, Garuda Turun ke Peringkat 31

Data yang dihimpun mengukur ketepatan waktu yang didasarkan pada waktu aktual kedatangan terhitung 15 menit dari jadwal dan termasuk pembatalan penerbangan yang dianggap sebagai tidak tepat waktu. Di samping itu,  berangkat 15 menit dari jadwal atau melewati jadwal kedatangan juga dianggap tidak tepat waktu.

Berikut sepuluh maskapai yang paling tepat waktu: 


1. Eurowings

Maskapai penerbangan yang paling tepat waktu adalah maskapai Eurowings dari Jerman. Dengan ketepatan waktu mencapai 97,3 persen, maskapai ini menduduki tempat pertama dalam daftar yang dirilis oleh OAG Flightview. Eurowings yang merupakan maskapai dengan kategori low cost carrier (LCC) berhasil menempati posisi pertama meskipun memiliki persentase pembatalan 1,8 persen.

Tahun lalu, maskapai liburan terbesar Jermanitu  juga terpilih sebagai yang paling tepat waktu di Eropa. Pada 2021, maskapai ini mengantarkan 90 persen tamunya ke tujuan tepat waktu – bahkan meningkatkan proporsi penerbangan tepat waktu dibandingkan dengan tahun pra-Covid 2019 lagi, sebesar tujuh persen.


2. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan yang berada di posisi kedua dalam daftar ini adalah Garuda Indonesia. Maskapai nasional Indonesia ini memiliki ketepatan waktu sebesar 96,6 persen. kemudian, maskapai dengan kode GA ini juga memiliki persentae pembatalan sebesar 0,4 persen.

Dua tahun sejak pandemi melanda dan membatasi ruang gerak pesawat di angkasa, maskapai nasional ini kembali membuka sejumlah rute internasiona dari dan ke Indonesia. Termasuk Tokyo-Denpasar, Melbourne-Denpasar dan Melbourne-Jakarta.


3. Bangkok Airways

Bangkok Airways adalah maskapai dari Thailand yang berhasil menempati posisi ketiga atau masuk dalam tiga besar dalam daftar OAG Fligthview. Pemilik kode PG ini berhasil menjadi yang ketiga setelah memiliki ketepatan waktu 96,6 persen. Bangkok Airways yang merupakan mainline airlines memiliki persentase pembatalan 0,3 persen pada September 2022.


4. Fuji Dream Airlines

Fuji Dream Airlines adalah maskapai penerbangan dari Jepang yang melayani penerbangan di wilayah Asia Pasifik. Maskapai ini berhasil menduduki posisi keempat perusahaan penerbangan dengan ketepatan waktu mencapai 96,1 persen. Berkode 7C, maskapai Fuji Dream Airlines memiliki persentase pembatalan sebesar 3,9 persen.


5. Safair

Satu lagi maskapai dari Afrika Selatan masuk dalam daftar 10 besar maskapai yang memiliki ketepatan waktu, yakni Safair. Maskapai dengan kode FA, dan melayani penerbangan di wilayah Eropa, Timur Tengah, serta Afrika ini memiliki ketepatan waktu sebesar 96 persen dengan pembatalan nol persen.


6. Jeju Airlines

Maskapai LCC asal Korea Selatan ini menempati posisi ke enam terkait dengan ketepatan waktu dalam versi OAG Flightview pada September 2022. Jeju Airlines memiliki ketepatan waktu sebesar 94,8 persen. Maskapai ini diketahui memiliki tingkat pembatalan nol persen.
 

7. Oman Air

Oman Air adalah maskapai yang berhasil menempati posisi ketujuh dalam hal ketepatan waktu. Maskapai yang berasal dari negara Oman ini memiliki ketepatan waktu sebesar 94,1 persen. Oman Air yang memiliki wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika dengan kode WY ini juga memiliki persentase pembatalan 0 persen.


8. Thai AirAsia

Thair AirAsia menjadi maskapai penerbangan yang berhasil menempati posisi kedelapan dalam hal ketepatan waktu. Maskapai asal Thailand tersebut memiliki ketepatan waktu sebesar 93,4 persen. Thai AirAsia merupakan maskapai LCC atau maskapai dengan penerbangan bertarif rendah dan memiliki tingkat pembatalan nol persen.


9. Uni Airways

Maskapai Uni Airways adalah maskapai dari China Taipei yang menempati posisi kesembilan dalam daftar ketepatan waktu. Maskapai dari wilaya Asia Pasifik ini memiliki ketepatan waktu 91,6 persen. Maskapai dengan kode B7 ini memiliki persentase pembatalan sebesar 0,8 persen.
 

10. South African Airways

Di posisi kesepuluh terdapat maskapai South African Airways dari Afirka Selatan. Maskapai ini adalah maskapai dengan cakupan layanan penerbangan yang meliputi Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. South African Airways menempati posisi kesepuluh dengan ketepatan waktu sebesar 91 persen dengan tingkat pembatalan 0,5 persen.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Berbagi Cerita & Berdiskusi di Meja Makan dalam Karya Diversity of Stories

BERIKUTNYA

Ini Tempat Liburan Murah Dekat Stasiun KRL Commuterline

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: