Ilustrasi Bukit Holbung di DanauToba (sumber gambar Unsplash/Reza Arbain Rustam)

Rekomendasi 5 Wisata Populer di Danau Toba, Ada Bukit Holbung & Air Terjun Situmurun

18 January 2024   |   06:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Danau Toba belum lama ini berhasil masuk dalam daftar wisata pilihan terbaik di dunia. Salah satu danau terkenal di Pulau Sumatera itu bahkan direkomendasikan oleh media terkenal the New York Times dalam destinasi tujuan 52 Places To Go 2024.

Bagi para pelancong, Danau Toba memang bukan sekadar wisata alam semata, tapi sepetak surga yang hadir di Indonesia. Bahkan, di sekitar danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba itu juga terdapat beberapa destinasi yang tak kalah seru untuk dikunjungi.
 
 


Nah, tanpa berpanjang kata, yuk simak lima rekomendasi wisata alam di sekeliling Danau Toba yang bisa jadi tujuan alternatif kalian saat mengunjungi daerah di Pulau Sumatera itu, dalam ulasan berikut Genhype.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Danau Toba yang Masuk Daftar Destinasi Wisata Pilihan New York Times
 

1. Bukit Holbung

Ingin menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian? Jawabannya adalah dengan mendaki Bukit Holbung, yang terletak di Desa Holbung, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Dengan elevasi ketinggian sekitar 1.350 mdpl, bukit ini bisa didaki dalam waktu 30 menit dengan kondisi prima.

Saat mencapai puncak bukit, kalian akan disuguhi panorama Danau Toba yang luar biasa. Selain itu, kalian juga dapat menikmati keindahan bukit yang dipenuhi ilalang dengan udaranya yang sejuk. Bagi yang suka berkemah, tempat ini juga cocok untuk dijadikan destinasi camping sembari menikmati Danau Toba.
 

2. Air Terjun Situmurun

Dikenal dengan potensi keindahan alamnya yang beragam, wisata Danau Toba tidak hanya sebatas perbukitan saja loh. Jika kalian mau melabang ke pinggiran danau, dipastikan bakal menemukan keindahan tersembunyi lain dari Danau Toba, yang mungkin belum banyak diketahui publik.

Salah satunya adalah Air Terjun Situmurun yang terkenal akan kejernihan airnya, dan terjun langsung ke Danau Toba. Terletak di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, destinasi ini dapat dicapai dengan kapal motor yang dikelola oleh oleh penduduk lokal.

Baca Juga: Menari Di Tepi Danau Toba
 

3. Gunung Pusuk Buhit

Selain bukit dan air terjun, Genhype juga bisa menikmati keindahan sekitar Danau Toba dari Gunung Pusuk. Namun, untuk menuju ke puncak gunung ini, kalian harus memiliki fisik yang prima, agar mendapat sensasi beraktivitas di luar ruangan, alih-alih menggunakan kendaraan pribadi.

Memiliki tinggi 1.982 mdpl, Pusuk Buhit merupakan salah satu puncak di pinggir barat Danau Toba. Waktu tempuh perjalanan untuk menuju puncak gunung ini adalah sekitar 2-3 jam, tergantung kondisi fisik. Selama perjalanan, Genhype juga akan disuguhi pemandangan menarik, dengan sejuknya udara danau.
 

4. Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan salah satu pulau terbesar di Danau Toba, yang  memiliki ketinggian dari 900 sampai 1.600 mdpl. Dalam sejarahnya, pulau ini terbentuk akibat pengangkatan dasar danau setelah erupsi yang terjadi pada 74.000 tahun lalu hingga memunculkan pulau-pulau vulkanik seperti Pulau Sibandang hingga Pulau Tao.

Keunikan dari Pulau Samosir adalah, di tempat ini wisatawan akan melihat danau kecil bernama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Selain itu, wisatawan juga bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal dari suku Batak Samosir yang umumnya bekerja sebagai peladang.
 

5.  Pertunjukan Sigale-gale

Dikenal sebagai daerah yang masih menjunjung tradisi, di Pulau Samosir, kalian juga bisa melihat pertunjukkan legendaris, yakni Sigale-gale. Keunikan dari tontonan ini adalah saat patung kayu yang diberi pakaian, nantinya dapat menari dengan bantuan benang, seperti layaknya manusia.

Dalam sejarahnya, Sigale-gale dulunya digelar sebagai upacara pengantar kematian bagi orang yang telah meninggal tanpa meninggalkan keturunan. Adapun, untuk dapat melihat pertunjukan tersebut kalian dapat mengunjungi Desa Garoha, Desa Siallangan, Desa Simanindo, dan Pelabuhan Pariwisata Tomok di Pulau Samosir.

Baca Juga: Danau Toba, Destinasi Wisata Luar Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

3 Srikandi Indonesia Mejeng di Daftar 50 Over 50 Asia 2024, Christine Hakim hingga Dian Siswarini

BERIKUTNYA

Resensi Loversation, Cerita Balada Cinta Penuh Kata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: