Gaun Couture Rancangan Tex Saverio (Sumber Foto: Instagram/@texsaverio)

Melihat Kembali Koleksi Busana Couture Rancangan Tex Saverio di Paris Fashion Week

30 January 2024   |   07:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pekan mode Paris Fashion Week 2024 baru saja digelar, terhitung sejak pertengahan Januari. Sejumlah jenama fesyen terkemuka menampilkan koleksi busana terbaiknya untuk kategori Menswear Fall/Winter pada 16-21 Januari 2024 dan Haute Couture Spring/Summer pada 22-25 Januari 2024.

Bicara soal Paris Fashion Week, masyarakat Indonesia mengenang kembali prestasi Tex Saverio sebagai desainer adibusana pertama yang sukses menampilkan karyanya di pekan mode bergengsi tersebut. 

Baca juga: Fenomena Desainer Adibusana Indonesia Merambah E-Commerce, Strategi Perluas Pasar?

Sejauh ini tak sedikit desainer asal tanah air yang terus berjuang supaya koleksinya bisa menembus Paris Fashion Week. Kalaupun ada, hanya ditampilkan di showroom display dan belum berkesempatan untuk melenggang di runway.

Tentunya ini tak lepas dari proses seleksi yang sangat ketat oleh Chambre Syndicale du Pret-a-Porter des Couturiers et des Createurs de Mode. Lembaga tersebut memang bertugas mengkurasi karya-karya para desainer dari segi estetika sampai kreativitas yang layak menjadi bagian di kalender resmi Paris Fashion Week. 

Nah Genhype, selain sukses tampil di pekan mode Paris Fashion Week, busana rancangan Tex Saverio juga dikenakan oleh beberapa selebritas Hollywood populer. Yuk, simak deretan koleksinya!
 

1. Paris Fashion Week 2014/2015 Fall-Winter

 

 
Kini sudah hampir satu dekade sajak Tex Saverio membuka show hari pertama Paris Fashion Week 2014 dengan menampilkan gaun-gaun couture bertajuk EXOSKELETON untuk kategori Fall/Winter pada 25 Februari 2014. Sebanyak 18 sampai 22 busana couture dikenakan oleh model-model cantik yang berjalan di runway.

Material yang digunakan beragam, mulai dari sutra, satin, tulle, stingray fabrics, hingga rajutan metalik. Tak ketingalan taburan kristal Swarovski memberikan kesan mewah pada detail karyanya. 

Materialnya diolah dengan mengadopsi teknik laser cutting, lipit, dan rajutan, sehingga menghasilkan potongan yang modern dan mewah. Terlebih detail rumit yang dikerjakan dengan tangan sukses membuat karyanya terlihat premium.

Potongannya terdiri dari coats dengan aksen laser cut panels, A-Line dresses, circle skirt, body-conscious dresses yang impresif, hingga bustiers. Palet warna yang dipilih tak jauh-jauh dari hitam, merah, biru, emas platinum, dan champagne.


2. Paris Fashion Week 2014/2015 Spring-Summer



Setelah sukses menampilkan EXOSKELETON, Tex Saverio memajang koleksi terbarunya yang bertajuk Parametric di showroom display Paris Fashion Week 2015 Spring/Summer pada 28 September 2014 di Palais de Tokyo Salle YoYo. Koleksi ini juga ditampilkan di Jakarta Fashion Week 2015. 

Beda dari koleksi sebelumnya, kali ini konsepnya ready to wear yang memadukan unsur futuristis, geometris, dan romantis. Terdiri dari 10 busana dengan potongan berupa gaun-gaun transparan, flare skirts, dan jaket dengan sentuhan laser-cut artwork dari bahan bahan printed organdy dan duchesse satin. Permainan warnanya modern dan futuristis seperti putih, aquatic blue, dan silver. Untuk menyempurnakan desainnya, Tex Saverio menciptakan tampilan 3D dengan permata dan pola mozaik.


3. Koleksi Tex Saverio yang Dikenakan Aktris Hollywood

 

 
Selain berjaya di ajang pekan mode dunia, busana rancangan Tex Saverio juga dikenakan arits-artis Hollywood. Lady Gaga mengenakan koleksinya yang berjudul La Glacon untuk kampanye iklan Lady Gaga Fame. Kim Kardashian mengenakan gaun juga rancangannya untuk pemotretan di majalah Elle.

Tak ketinggalan Jennifer Lovez juga mengenakan salah satu gaun couture dari Tex Saverio Prive untuk video musik El Anillo. Penyanyi Jepang Ayumi Hamasaki juga mengenakan gaun dari koleksi My Courtesan miliknya untuk video klip berjudul Angel. Menariknya, ada juga gaun pengantin yang dikenakan oleh Katniss Everdeen dalam film The Hunger Games: Catching Fire. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cara Memaksimalkan Fitur Fitness Age Garmin, Bisa Ukur Tingkat Kebugaran Berdasarkan Usia

BERIKUTNYA

Daftar Tanggal Merah Libur Nasional & Cuti Bersama Februari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: