Para pemain film Pasar Setan. (Sumber gambar: IDN Pictures)

Teror Mengerikan di Tengah Hutan dalam Teaser Film Pasar Setan

29 January 2024   |   18:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah produksi IDN Pictures mengumumkan bakal merilis film horor terbaru berjudul Pasar Setan. Seperti judulnya, film ini akan mengangkat kisah horor mencekam yang terinspirasi dari legenda lokal. Menjelang perilisannya, IDN Pictures pun meluncurkan teaser film anyarnya tersebut.

Teaser berdurasi satu menit itu dibuka dengan adegan tokoh Tamara (diperankan oleh Audi Marissa) yang tampak sedang ketakutan di sebuah hutan belantara. Sambil menangis, dia tengah merekam dirinya menggunakan kamera dan memperingatkan siapa pun untuk tidak datang ke Pasar Setan, layaknya seorang vlogger.

Setelah itu, tubuhnya seperti terpental ke belakang secara misterius. Video berdurasi satu menit itu juga menampilkan beberapa orang yang tengah berada di lokasi yang sama dengan Tamara mengalami serangkaian kejadian misterius di tengah hutan yang gelap. 

Baca juga: Kenalan dengan Para Pemain Film Pasar Setan Yuk, Ada Audi Marissa Hingga Roy Sungkono

Dari keempat orang tersebut, salah satunya tak percaya bahwa mereka diganggu oleh makhluk tak kasat mata. Akhirnya, mereka pun sengaja membuat konten horor yang berlatar tempat di hutan tersebut demi mengejar viralitas di media sosial.

Namun, sederet makhluk mengerikan justru muncul dan meneror mereka. Keempat anak muda itu pun terjebak di tengah hutan mengerikan itu. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan diri. 

Menariknya, teaser tersebut didominasi oleh adegan yang diambil menggunakan teknik found footage, teknik pengambilan gambar layaknya dokumen atau rekaman amatir. Penerapan gaya found footage merupakan konsep utama untuk menekankan emosi tokoh. Tak ayal, teknik ini membuat teaser film Pasar Setan benar-benar terasa mencekam.
 

Poster film Pasar Setan. (Sumber gambar: IDN Pictures)

Poster film Pasar Setan. (Sumber gambar: IDN Pictures)

Pasar setan adalah salah satu legenda lokal yang populer di kalangan para pendaki gunung di Indonesia, dan sampai sekarang masih ramai menjadi pembicaraan dengan berbagai mitosnya masing-masing.  

Di Indonesia, terdapat mitos tentang tujuh gunung yang memiliki lokasi pasar setan. Gunung-gunung tersebut bukan saja berada di Pulau Jawa, melainkan juga ada di Sulawesi Selatan. Biasanya, masing-masing pasar setan di tiap gunung akan memiliki karakteristik yang berbeda.

Setiap pendaki gunung pun disebut memiliki ritual yang berbeda jika mereka melewati lokasi yang diyakini sebagai pasar setan. Pengalaman mistis pun dialami oleh para pendaki yang melalui jalur tersebut. 

Sebagian menyebut pada malam hari, para pendaki akan mendengar keramaian seperti berada di tengah pasar. Suara-suara tersebut juga terkadang disertai dengan penampakan suasana seperti sedang berada di pasar tradisional, sehingga seolah-olah mereka telah memasuki dunia lain. 

"Inspirasinya dari kisah nyata dan kisah-kisah tentang pasar setan yang sudah melegenda. Termasuk riset dari pengalaman oleh orang-orang yang mengalaminya,” kata Wisnu Surya Pratama selaku sutradara film Pasar Setan.

Produser sekaligus Head of IDN Pictures, Susanti Dewi, mengatakan banyak orang yang masih penasaran seperti apa kebenaran cerita tentang pasar setan. Oleh karena itu, menurutnya, mitos dari legenda urban ini masih banyak dinantikan kisahnya, khususnya dalam sebuah film.

"Untuk itu, IDN Pictures mencoba menghadirkan kisah yang memiliki kedekatan dengan legenda dan mitos masyarakat Indonesia lewat film Pasar Setan," ujarnya.
 

Dari segi cerita, film Pasar Setan berkisah tentang Rani, polisi wanita yang menangani kasus pembunuhan di hutan terlarang tempat dia bertugas. Kasus ini melibatkan perempuan bernama Tamara, seorang vlogger horor yang mengalami kejadian tak terduga. 

Semua berawal ketika Tamara dan timnya pergi sebuah hutan untuk mengetahui lebih dekat cerita tentang pasar setan. Namun, di hutan terlarang tersebut, Tamara dan tim mendapati kejadian yang aneh.

Nyawanya terancam, berbagai teror pun selalu dia dapatkan dalam ekspedisi vlognya tersebut. Perjalanan pembuktian cerita pasar setan pun jadi sebuah peristiwa mencekam yang akan selalu diingatnya.

Selain Audi Marissa, film Pasar Setan juga dibintangi oleh Roy Sungkono, Michelle Tahalea, Kiki Narendra, Pangeran Lantang, Shindy Huang, Agni Pratista, Epy Kusnandar, Fangtatis, dan Fajar Gomez. Film Pasar Setan akan tayang di bioskop Indonesia pada 29 Februari 2024.

Baca juga: Review Film Pemukiman Setan, Angin Segar Genre Horor Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Menggali Kembali Harta Karun Warisan Budaya

BERIKUTNYA

Digitalisasi Perizinan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Masih Siapkan Hal-hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: