Beberapa film horor Indonesia yang akan tayang pada Februari 2024 (Sumber gambar: Official Instagram @keretaberdarahfilm, @sindengaib, @filmpemandijenazah)

Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Februari 2024

29 January 2024   |   19:00 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Berbicara mengenai industri perfilman di Indonesia, tidak lengkap rasanya kalau tak menyebutkan film bergenre horor. Film jenis ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penonton dalam negeri, karena mampu menghadirkan beragam sensasi maupun suasana seram dan menegangkan. 

Tiap bulannya, sineas lokal pun hampir tak pernah absen menyuguhkan film-film dari genre horor kepada para pencinta film Indonesia. Tak terkecuali pada bulan baru mendatang, Februari 2024. Sepanjang bulan itu, ada sejumlah film horor yang bakal gentayangan di seluruh bioskop Tanah Air. 

Apa saja? Yuk simak beberapa daftar film horor Indonesia yang akan tayang di bioskop pada Februari 2024.

Baca juga: 7 Film Indonesia Tayang di Bioskop Februari 2024, Ada Pasutri Gaje dan Sinden Gaib
 

1. Kereta Berdarah (1 Februari 2024)


Film Kereta Berdarah menceritakan tentang perjalanan Purnama (Hana Malasan) bersama adiknya, Kembang (Zara Leola) untuk berlibur ke sebuah resort alam yang baru dibuka di sebuah tempat terpencil bernama Sangkara. Perjalanan kakak beradik tersebut dalam rangka merayakan kesembuhan Purnama yang sebelumnya mengidap penyakit kanker.

Untuk sampai ke tujuan, mereka menaiki sebuah kereta wisata yang khusus melayani perjalanan ke resort tersebut. Rupanya, kereta yang mereka tumpangi itu membawa petaka dan teror yang sangat mengerikan. Setiap melewati terowongan, gerbong kereta tersebut hilang satu persatu, hingga akhirnya beberapa penumpang meninggal dunia.

Kini hidup mati para penumpang dan petugas kereta jadi pertaruhan. Purnama, Kembang, Tekun dan Ramla berusaha memperingati orang-orang. Sayangnya, peringatan tersebut diabaikan. Mereka lantas menempuh aksi pemberontakan untuk menyelamatkan kereta dari ancaman lebih besar yang menanti di terowongan terakhir.

Film Kereta Berdarah merupakan garapan sutradara Rizal Mantovani dan rumah produksi MVP Pictures. Film ini juga turut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Hana Malasan, Zara Leola, Agnes Naomi, Putri Ayudya, Fadly Faisal, Kiki Narendra, Ilyas Bachtiar, Emil Kusumo, Yama Carlos dan lain sebagainya.

Adapun, film Kereta Berdarah dijadwalkan akan tayang pada 1 Februari 2024 di seluruh bioskop Indonesia.


2. Munkar (7 Februari 2024)


Film Munkar diangkat dari kisah Herlina yang merupakan sosok legenda urban yang sangat terkenal di Lamongan, Jawa Timur. Film ini mengikuti cerita Herlina (diperankan oleh Safira Ratu Sofya), seorang santriwati di sebuah pesantren Jawa Timur yang kerap mendapatkan perundungan oleh teman-temanya.  

Aksi perundungan yang dilakukan terhadap Herlina cukup mengenaskan. Dalam trailer film, diperlihatkan Herlina yang mendapatkan perlakukan yang tidak mengenakan. Hingga pada akhirnya, dia memilih untuk melarikan diri dari pesantren tersebut.

Namun nahas, bukannya lolos, Herlina malah tertabrak oleh mobil yang menyebabkan dia tewas. Arwah Herlina yang dendam terhadap teman-temannya kembali ke pesantren untuk membalaskan kebencian dan membawa teror.

Film yang diproduksi oleh MD Pictures tersebut dikerjakan oleh sutradara Anggy Umbara, berdasarkan naskah yang ditulis oleh Evelyn Afnilia. Film Munkar turut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Safira Ratu Sofya, Zara Adhisty, Saskia Chadwick, Aruma Khadijah, Kaneishia Yusuf, Elma Theana, Tio Pakusadewo, Ayu Hastari, Miqdad Addausy dan lain sebagainya.

Adapun, film Munkar dijadwalkan akan tayang pada 7 Februari 2024 di seluruh bioskop Indonesia.


3. Lampir (14 Februari 2024)


Film Lampir menceritakan tentang sepasang kekasih bernama Angga (Rory Ashari) dan Wendy (Jolene Marie) yang tengah sibuk dengan persiapan pernikahannya. Cerita bermula dari Wendy yang kerap mengalami kejadian mistis ketika sedang tidur. Angga yang tidak mau kekasihnya larut dalam ketakutan, meyakinkan Wendy bahwa semuanya hanya sebatas mimpi buruk saja.

Ketika teman-temannya mengetahui kejadian mistis yang belakangan ini menimpa Wendy, mereka memutuskan untuk mengajaknya berlibur ke sebuah vila mewah bergaya vintage di suatu desa terpencil. Rencana liburan tersebut juga sekaligus dilakukanya sesi pemotretan pre-wedding Angga dan Wendy.

Namun nahas, villa yang mereka datangi tersebut merupakan sarang keramat dari sosok misterius Mak Lampir yang konon bernafsu ingin menjadi wanita cantik dan abadi. Villa yang seharusnya menjadi tempat kedamaian dan ketenangan justru berubah menjadi labirin yang mengerikan.

Mereka semua sangat ingin keluar dari vila tersebut, tetapi tidak berjalan semudah itu. Hanya ada satu orang yang dapat keluar dengan selamat, dan mereka semua terjebak dalam lingkaran kematian yang diciptakan oleh Mak Lampir.

Film yang diangkat dari tokoh legenda Mak Lampir tersebut disutradarai dan ditulis oleh Kenny Gulardi. Film ini turut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Jolene Maire, Rory Asyari, Ardina Rasti, Ge Pamungkas, Gandhi Fernando, Hana Saraswati, Sheila Salsabila dan lain yang lainnya. 

Adapun, film Lampir dijadwalkan akan tayang pada 14 Februari 2024 di seluruh bioskop Indonesia.


4. Sinden Gaib (22 Februari 2024)


Film Sinden Gaib akan menjadi pembuka dari Universe Jagat Alam Gaib di bawah naungan rumah produksi Starvision. Karya sinema horor dalam negeri tersebut didasarkan dari kisah nyata di daerah Watu Kandang, Trenggalek, Jawa Timur.

Film yang mengambil latar pada 2010 ini mengisahkan kehidupan mengerikan seorang perempuan yang bernama Ayu (Sara Fajira), di mana jiwa wanita tersebut menyatu dengan arwah sinden dari jagat alam gaib. Konon, sosok arwah sinden yang bernama Sarinten itu sempat tinggal di Banyuwangi sebelum akhirnya terusir dan menetap di Watu Kandang, Trenggalek.

Cerita bermula ketika Ayu dan Rara sedang melakukan proses syuting tarian di Watu Kandang. Namun, setelah proses itu selesai, Ayu kerap mengalami serangkaian kejadian mistis yang mengerikan. Mulai dari Ayu yang berlagak seperti seorang penari sinden, hingga kesurupan massal yang terjadi di sekolahnya.

Bapak Ayu mengira, semua kejadian mistis yang menimpa putrinya itu berawal saat Ayu berada di Watu Kandang. Benar saja dugaannya, hal mistis yang menimpa putrinya itu disebabkan oleh seorang pemuda yang mengambil batu keramat di Watu Kandang yang membuat gerbang alam gaib terbuka.

Film yang diproduksi oleh Starvision dan Evergreen Picture ini digarap oleh sutradara Faozan Rizal serta diproduseri oleh Chand Parwez Servia, Riza, dan Dienan Silmy. Film Sinden Gaib turut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Sara Fajira, Riza Syah, Dimas Aditya, Naufal Samudra, Arla Ailani, Laras Sardi, Rizky Hanggono, Yeyen Lidya, Liek Suyatno dan lain sebagainya.

Adapun, film Sinden Gaib dijadwalkan akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 22 Februari 2024.


5. Pemandi Jenazah (22 Februari)


Film Pemandi Jenazah menceritakan kisah perempuan bernama Lela (Aghniny Haque), seorang anak dari Bu Siti (Djenar Maesa Ayu) yang bekerja sebagai pemandi jenazah di kampungnya. Kehidupan Lela berubah drastis setelah ibu yang dicintainya meninggal secara misterius. 

Mau tidak mau, meskipun ini merupakan pengalaman pertamanya, Lela tetap harus memandikan jenazah ibunya. Tanpa disangka, saat proses pemandian berlangsung, Lela menemukan kejanggalan pada mayat sang ibu. Lela pun menduga bahwa kematian ibunya tersebut tidak lazim.

Sepeninggalan Bu Siti, kasus kematian lainnya pun terjadi dalam waktu singkat di kampung tersebut. Lela yang melanjutkan pekerjaan ibunya menemukan beberapa kejanggalan pada tiap jenazah yang dimandikannya. Mulai dari jenazah yang mengeluarkan bau tidak sedap, mengeluarkan belatung, hingga jenazah yang hidup kembali secara tiba-tiba.

Film Pemandi Jenazah digarap oleh sutradara Hadrah Daeng Ratu berdasarkan naskah skenario yang ditulis oleh Lele Laila dan diproduksi oleh Visual Media Studio. Film ini turut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Aghniny Haque, Djenar Maesa Ayu, Ibrahim Risyad, Amara Sofie, Messi Gusti, Riafinola, Ruth Marini, Mian Tiara, Nelly Sukma dan yang lainnya. 

Adapun, film Pemandi Jenazah akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 22 Februari 2024.


6.Pasar Setan (29 Februari 2024)


Mengusung genre horor mokumenter, film Pasar Setan mengikuti kisah Rani (Michelle Tahalea), seorang polisi wanita yang sedang menangani kasus pembunuhan di hutan terlarang tempat dia bertugas. Suatu ketika, Rani menemukan kasus pembunuhan yang melibatkan seorang vlogger perempuan bernama Tamara (Audi Marissa).

Tak mau diam saja, Rani pun berusaha mengungkap kebenarannya. Tamara yang diduga pelaku pembunuhan ternyata kerap mengalami kejadian mistis selama berada di hutan tersebut. Semua berawal ketika Tamara dan teman-temannya ingin membuktikan rasa penasarannya dengan mitos pasar setan yang populer di kalangan pendaki gunung.

Namun nahas, tiga rekan Tamara terbunuh secara misterius. Sedangkan Tamara adalah satu-satunya orang yang selamat tapi dia ditahan oleh warga setempat. Menurut warga, Tamara adalah jelmaan penguasa pasar setan yang harus dikembalikan agar tidak membahayakan keselamatan warga.

Film yang diproduksi oleh IDN Pictures tersebut disutradarai oleh Wisnu Surya Pratama berdasarkan naskah yang ditulis oleh Pratiwi Juliani. Film Pasar Setan juga turut dibintangi oleh sederet aktor dan aktris seperti, Audi Marissa, Roy Sungkono, Michelle Tahalea, Kiki Narendra, Pangeran Lantang, Shindy Huang dan lain sebagainya.

Film Pasar Setan dijadwalkan akan tayang pada 29 Februari 2024 di seluruh bioskop Indonesia.

Baca juga: 7 Film & Serial yang Tayang di Disney+ Hotstar Februari 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pameran Arcoolture & Gurat Karya Penuh Warna dari Seniman Muda

BERIKUTNYA

3 Grup K-Pop yang Pernah Tampil di Nissan Stadium, Terbaru Ada Seventeen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: