Cuplikan film Spaceman. (Sumber gambar: Netflix)

5 Fakta Menarik Film Spaceman yang Tayang di Netflix, Adam Sandler Jadi Astronot

28 January 2024   |   11:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika kalian penggemar film-film fiksi ilmiah yang berlatar luar angkasa, maka film Spaceman tak boleh terlewat. Film yang disutradarai oleh Johan Renck dan ditulis oleh Colby Day itu akan mengikuti kisah seorang astronot yang dikirim dalam misi ke luar angkasa, serta bertemu dan berteman dengan  makhluk purba yang bersembunyi di kapalnya.

Film Spaceman disebut merupakan perpaduan kisah antara pengembaraan cinta, ambisi, dan penemuan jati diri antargalaksi. Berangkat dari plot klasiknya yang ada di novel, cerita film fiksi ilmiah ini akan disajikan dengan konflik berlapis dan serius namun tetap mempertahankan elemen sinema yang ringan.

Baca juga: Joko Anwar Bagikan Still Photo Pertama Film Siksa Kubur, Misterius dan Mencekam

Spaceman digarap oleh Johan Renck, seorang sutradara asal Swedia yang terkenal berkat serial Chernobyl, dan membuatnya menyabet penghargaan Primetime Emmy Award. Selain Chernobyl, Renck juga telah menyutradarai berbagai acara televisi populer seperti seperti The Walking Dead, Breaking Bad, Vikings, dan Bates Motel.

Spaceman merupakan film panjang kedua yang disutradarai oleh Renck, setelah Downloading Nancy pada 2008. Selain sebagai sutradara, Renck juga pernah terlibat dalam penulisan skenario beberapa proyek film seperti film pendek indie I Don't Want to Kill My Self (2011) dan In the Blink of an Eye yang disutradarai oleh Andrew Stanton.

Meski baru akan dirilis di Netflix pada 1 Maret 2024, film Spaceman telah mencuri perhatian dan membuat penasaran para penikmat film. Sebelum menonton filmnya, berikut adalah sejumlah fakta menarik Spaceman yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id dari berbagai sumber.


1. Sinopsis Spaceman

Spaceman mengikuti kisah petualangan astronot asal Ceko, Jakub Procházka (diperankan oleh Adam Sandler). Jakub adalah seorang pria paruh baya dari kelas menengah yang menjadi astronot pertama di negara tersebut. Dia ditugaskan dalam misi penelitian antarbintang untuk mencapai gugusan debu luar angkasa yang misterius guna mengambil sampelnya.

Namun, dia merasa tidak nyaman dengan perjalanan luar angkasa lantaran merindukan istrinya yang sedang hamil dan ingin kembali ke rumah. Suatu hari, Jakub bertemu dengan makhluk misterius di pesawat luar angkasanya bernama Hanuš (disuarakan oleh Paul Dano), yang membuatnya terlibat pada satu kisah petualangan unik. Keduanya berusaha memahami hal-hal yang salah dalam pernikahan Jakub sebelum semuanya terlambat.

Sutradara Johan Renck mengatakan inti dari cerita film Spaceman justru terletak pada hubungan Jakub dan Lenka (diperankan oleh Carey Mulligan). Bahkan, sang sutradara menyebut tokoh Lenka memiliki peran penting dalam menghidupkan kisah film Spaceman.

"Carey Mulligan luar biasa, baik dari segi keterampilan teknisnya maupun keasliannya yang luar biasa. Saya mencintainya sebagai Lenka. Dia adalah bagian besar dari film ini dan melakukan pekerjaan yang luar biasa," kata Renck kepada Netflix.
 

Poster film Spaceman. (Sumber gambar: Netflix)

Poster film Spaceman. (Sumber gambar: Netflix)

2. Adaptasi dari Novel

Film Spaceman merupakan hasil adaptasi dari novel Spaceman of Bohemia karya penulis Ceko, Jaroslav Kalfar, yang diterbitkan pada 2017. Berangkat dari plot klasiknya yang ada di novel, cerita film fiksi ilmiah ini akan disajikan dengan konflik berlapis dan serius namun tetap mempertahankan elemen sinema yang ringan.

Kalfar mengatakan kisah kosmik ini sebenarnya berasal dari hal yang sederhana, yakni sebuah cerita pendek yang mulai ditulisnya pada tahun terakhir kuliahnya. "Awalnya, itu hanya sebuah lucunya tentang seorang astronot Amerika yang terdampar di orbit ketika dia menerima telepon dari istrinya yang meminta cerai," katanya.

Namun, saat dia mengembangkannya menjadi novel berdurasi penuh, ceritanya semakin meluas, dan akhirnya menjadi kisah cinta, ruang, waktu, dan keluarga berlatar di Ceko, kampung halaman sang penulis.

“Saya benar-benar terpesona ketika melihat filmnya. Saya sudah melihatnya dua kali sekarang. Saya rasa semua orang di luar sana yang menyukai hal-hal aneh dan seni aneh semoga akan senang karenanya," kata Kalfar.
1
2


SEBELUMNYA

Resep Siu Mie atau Mi Panjang Umur, Hidangan Imlek dengan Filosofi Mendalam

BERIKUTNYA

Kala Tren BookTok di TikTok Dorong Minat Baca & Gairahkan Penjualan Buku

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: