Yi mein atau Mi Panjang Umur. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Siu Mie atau Mi Panjang Umur, Hidangan Imlek dengan Filosofi Mendalam

28 January 2024   |   10:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Masyarakat Tionghoa sebentar lagi akan merayakan Tahun Baru Imlek. Tahun ini, perayaan besar itu akan jatuh pada 10 Februari 2024. Imlek menjadi momentum bagi masyarakat Tionghoa untuk menyampaikan syukur atas rezeki selama setahun terakhir, termasuk memanjatkan harapan tahun baru yang lebih baik.

Perayaan Imlek tentu tak afdol jika tidak menyuguhkan berbagai hidangan khas yang biasanya dinikmati bersama keluarga dan kerabat. Ada banyak hidangan khas China yang biasanya hadir dalam perayaan Tahun Baru Imlek, salah satunya Siu Mie atau Mi Panjang Umur.

Baca juga: Resep Kue Mangkok atau Fa Gao, Kuliner yang Disajikan saat Perayaan Imlek

Sama seperti kebanyakan masakan Tionghoa, Siu Mie juga memiliki filosofi yang cukup dalam. Bentuk mi yang umumnya panjang dilambangkan sebagai pengharapan umur panjang. Hanya, saat memasak, menyajikan, maupun memakan Siu Mie, tidak boleh terputus. Hal itu dipercaya dapat mengurangi usia seseorang.
 

Yi mein atau Mi Panjang Umur. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Yi mein atau Mi Panjang Umur. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Mengutip dari situs Cookist, Mi Panjang Umur adalah hidangan China lezat populer yang biasanya disajikan di berbagai acara perayaan mulai dari jamuan Tahun Baru Imlek, ulang tahun, pernikahan, hingga momentum kelahiran bayi. Disebut juga dengan istilah mie yi mein atau e-fu, hidangan lezat ini melambangkan umur panjang, kemakmuran, dan keberuntungan. 

Mi panjang umur memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan biasanya ditumis dengan jamur dan daun bawang serta ditaburi kuah yang terbuat dari kecap, saus tiram, dan minyak wijen. Biasanya, Siu Mie disajikan sebagai hidangan terakhir saat jamuan makan bersama Nasi Goreng Perjamuan.

Yi mein atau yimian adalah variasi mi telur pipih khas kuliner Kanton yang terbuat dari tepung terigu. Mi satu ini terkenal dengan warna coklat keemasan dan karakteristiknya yang kenyal. Tekstur mi yang sedikit kenyal dan sedikit kenyal ini disebabkan oleh air soda yang digunakan dalam pembuatan adonan, yang kemudian digoreng dan dikeringkan menjadi mi kering berbentuk patty pipih.
 

g

Yi mein atau Mi Panjang Umur yang belum diolah. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)


Mi panjang umur banyak dijual di toko kelontong yang siap untuk dimasak menjadi berbagai menu. Ada banyak cara memasak mi panjang umur, mulai dari direbus terlebih dahulu, lalu digoreng, atau digunakan dalam sup atau salad. Namun, pastikan menjaga elastisitas dari mi sehingga tetap kenyal dan tidak lembek saat dimakan.

Agar mi tidak lembek, disarankan untuk memasaknya dalam porsi kecil. Selain itu, jangan memasak mi terlalu lama hanya sekitar 3-4 menit. Biasanya mi panjang umur diolah menjadi berbagai menu seperti yi mein goreng kering dengan kucai dan jamur shiitake, yi mein daging kepiting, sup yi mein, dan i fue mie.

Namun, mi panjang umur yang paling populer untuk hidangan Imlek adalah Siu Mie Goreng yang diberi isian sayur-sayuran seperti kol, sawi hijau, wortel, dan tauge, serta daging seperti ayam, udang, dan baso ikan. Berikut adalah resep Mi Goreng Panjang Umur ala Chef Ade Koerniawan.


Resep Mi Goreng Panjang Umur

Bahan-bahan:

  • 500 gram mi basah
  • 120 gram baso ikan, dipotong kecil-kecil
  • 120 gram udang
  • 100 gram daging dada ayam, cuci dan potong dadu
  • 80 gram wortel, dipotong memanjang
  • 100 gram kol, diiris
  • 80 gram sawi hijau, diiris
  • 70 gram tauge
  • 4 buah cabai merah, diiris
  • 4 siung bawang putih, dicincang
  • 5 siung bawang merah, diiris
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kaldu jamur
  • 1 sdt arak masak atau angciu (opsional)
  • 3 sdm kecap asin
  • 3 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm minyak wijen


Cara Membuat:

  1. Rebus mi terlebih dahulu lalu sisihkan.
  2. Masak udang dan baso ikan terlebih dahulu. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, lalu tumis udang yang telah diberi sedikit garam dan baso ikan kemudian sisihkan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dicincang hingga wangi, lalu masukkan wortel, daging ayam, angciu, kol, tauge, sawi hijau, dan garam secukupnya. Aduk hingga tercampur merata.
  4. Masukkan mi yang telah direbus, tambahkan saus tiram, kecap asin, kaldu jamur, merica bubuk, lalu aduk hingga tercampur merata. Tambahkan kecap manis dan garam lalu aduk kembali.
  5. Masukkan udang, baso ikan, dan irisan cabai merah lalu aduk kembali. Tambahkan minyak wijen lalu aduk dan matikan apinya. Mi Goreng Panjang Umur pun siap dinikmati.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sinopsis dan Daftar Pemeran Flex X Cop, Drama Baru Ahn Bo Hyun dan Park Ji Hyun

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Film Spaceman yang Tayang di Netflix, Adam Sandler Jadi Astronot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: