Aktor Marthino Lio berperan sebagai Glenn Fredly. (Sumber gambar: DAMN! I Love Indonesia Pictures)

Teaser Trailer Glenn Fredly The Movie Dirilis, Drama Perjalanan Karier & Cinta Sang Musisi

26 January 2024   |   08:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah merilis first look atau cuplikan tampilan pertama film Glenn Fredly The Movie, rumah produksi DAMN I Love Indonesia baru saja meluncurkan teaser trailer film tersebut. Teaser berdurasi satu menit itu menampilkan cuplikan kisah perjalanan karier sekaligus percintaan Glenn Fredly yang berbalut drama menguras emosi.

Teaser tersebut dibuka dengan adegan kisah pertemuan Glenn Fredly (diperankan oleh Marthino Lio) bersama sang istri, Mutia Ayu (Zulfa Maharani). Adegan pembuka ini cukup menarik perhatian lantaran menampilkan Marthino yang penampilan dan suaranya sangat mirip mendiang Glenn.

Setelahnya, video menampilkan Marthino yang menyanyikan salah satu nomor andalan Glenn yakni "Januari", yang menjadi latar musik teaser hingga akhir. Selain Zulfa Maharani, dua aktris yang akan berperan sebagai perempuan spesial dalam hidup Glenn yakni Alyssa Abidin yang berperan sebagai Nola dan Sonia Alyssa sebagai Dewi. 

Tak hanya mengangkat kisah percintaan mendiang musisi, film Glenn Fredly The Movie juga bakal menghadirkan perjalanan karier Glenn yang sempat ditentang keras oleh ayahnya. Dalam film, karakter sang ayah yang bernama Henkie yang diperankan oleh aktor kawakan Bucek Depp. Sementara Mama Bung Glenn yang bernama Linda diperankan oleh penyanyi senior Ruth Sahanaya. 

Baca juga: Empat Wanita Inspirasi Lagu Glenn Fredly Tampil di Glenn Fredly The Movie
 

Dalam film, diperlihatkan juga bahwa Bung Glenn tak gentar untuk terus mengejar impiannya sebagai musisi sekalipun harus pergi dari rumah. Namun, pengorbanannya itu terbayar. Karya lagunya justru diterima sangat baik oleh produser dari label rekaman, hingga akhirnya sang musisi serius berkarier di Jakarta. Akan tetapi, di samping kariernya yang gemilang, Glenn menghadapi kisah percintaan yang rumit dengan beberapa perempuan. 

Daniel Mananta yang bertindak sebagai produser menuturkan kehadiran empat sosok perempuan dalam kehidupan Bung Glenn di film ini, telah mendapatkan izin dan persetujuan dari pihak terkait.

"Empat wanita ini juga yang menginspirasi lagu-lagu cinta dan patah hati Bung Glenn. Untuk itu, kami juga ingin menghadirkan kisah romansa Bung Glenn bersama mereka di setiap fase kehidupannya," katanya dalam keterangan resminya.

Sutradara Lukman Sardi mengungkapkan kelegaannya setelah merampungkan proses syuting dan kini tinggal menunggu waktu tayang di bioskop. Menurutnya, proses produksi film ini adalah perjalanan yang penuh pembelajaran, khususnya dalam mengenal sosok Glenn Fredly lebih dekat. 

“Akhirnya perjalanan Glenn Fredly The Movie sampai di titik ini. Ini adalah persembahan penuh cinta oleh kami untuk Bung Glenn dan untuk penonton Indonesia yang menyayanginya. Perjalanan penuh haru yang bisa penonton saksikan di bioskop tahun ini,” kata Lukman Sardi.
 


Ide Pembuatan Film

Ide pembuatan film biopik Glenn Fredly datang dari Daniel Mananta selaku produser. Alasannya mengangkat kisah hidup Glenn Fredly ke dalam film in pun terbilang unik. Semua itu diawali dari momen spiritual yang dirasakannya pada Januari 2022 lalu. Kala itu, Daniel mengaku tak bisa tidur dan memutar lagu berjudul "Januari" dari Glenn Fredly.

Lagu tersebut diakui Daniel terus menggantung di kepalanya. “Kemudian ketika berdoa dengan Tuhan, bertanya, maksudnya apa, kenapa lagu Glenn menggantung terus di kepala saya. Ketika itu saya mendapat jawaban dari Tuhan, untuk membuat film tentang Glenn,” jelas Daniel.

Bukan hanya karya besar Glenn dalam lagu, Daniel juga memiliki kekaguman yang besar terhadap sosok musisi pelantun lagu "Kasih Putih" itu yang dinilai memiliki kebesaran hati dan perjuangan dalam menyuarakan sikapnya lewat musik. Daniel menyebut, Glenn memiliki banyak sekali fase dalam hidupnya.

Di luar suara emasnya, jiwa aktivis Glenn juga menjadi salah satu alasan lain Daniel ingin membawa kisah hidupnya ke film. “Ketika itu melalui suaranya, dia ingin membuat konflik Ambon itu mereda. Dia menggaungkan perdamaian. Jadi dia aktivis tapi juga musisi. Dia seperti aktivis yang menggunakan musik sebagai senjatanya,” tambah Daniel.

Dengan gambaran kisah Glenn di film nanti, Daniel ingin menebarkan pesan-pesan tersirat mengenai cinta kasih, kedamaian, dan sukacita yang bisa berdampak bagi generasi muda. Film ini disebut akan menyuguhkan kisah perjalanan musisi dengan latar belakang jasa-jasanya yang besar dan berpengaruh bagi Indonesia, termasuk upaya Glenn mengadvokasi kota kelahirannya, Ambon, untuk mendapat predikat City of Music.

Adapun, film Glenn Fredly The Movie dijadwalkan tayang pada 2024. 

Baca juga: Review Film Outfit of The Designer, Problema di Balik Kehidupan Model & Desainer

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Seleksi CPNS Mulai Dibuka Maret 2024, Catat Dokumen Persyaratan & Tata Cara Daftarnya

BERIKUTNYA

Strategi Insurtech Garap Pasar Millenial dan Gen Z

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: