Pekan Kopi Nusantara akan diselenggarakan selama 11 hari (Sumber gambar: pexels/ Chevanon Photography)

Pencinta Kopi Siap-siap, Pekan Kopi Nusantara Akan Diselenggarakan Akhir Januari 2024

24 January 2024   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para pencinta kopi di dalam negeri. Pekan Kopi Nusantara yang akan diadakan oleh Otten Coffe Indonesia akan diselenggarakan selama 11 hari dari 25 Januari sampai 4 Februari 2024 di Mall Artha Gading, Jakarta Utara.

Brand Manager Otten Coffee Indonesia Franki menuturkan bahwa ajang Pekan Kopi Nusantara akan mengajak para pencinta kopi di dalam negeri menjelajah Indonesia melalui secangkir kopi. “Selain itu, berbagai kegiatan menarik pun akan diselenggarakan setiap hari, seperti kelas kopi gratis hingga promosi besar-besaran,” katanya.

Baca juga: Indonesian Coffee Summit 2023: Saat Jamu Mencoba Mengikuti Jejak Kepopuleran Kopi

Para pengunjung akan menemukan suasana interaktif yang akrab untuk mengenal lebih dekat dengan budaya minum kopi ketika berkunjung Pekan Kopi Nusantara. Tidak hanya itu, para pencinta kopi juga dapat menikmati tema daerah setiap hari dalam bentuk nuansa acara dan kostum.

Masyarkat juga dapat belajar membuat kopi sendiri dengan berbagai macam alat selain merasakan pengalaman minum kopi yang sangat kental akan unsur Indonesia. Mereka dpat mencoba kopi secara gratis dan mendapatkan pengalaman membuat kopi sendiri dengan banyak alat seduh.

Saat membuat kopi sendiri, pengunjung dapat belajar berbagai metode seduh minuman yang identik dengan warna hitam tersebut.

Selain itu, di Pekan Kopi Nusantara juga terdapat banyak promo khusus untuk para pengunjung, seperti potongan hingga 40 persen untuk selurhu produk, voucher belanja langsung, dan harga khusus untuk alat kopi dan mesin kopi.

“Acara ini akan jadi surga pencinta kopi Indonesia,” ujarnya.

Petualangan Kopi Nusantara juga akan mengajak para pengunjung untuk menyoba kopi gratis dan berkenalan lebih dari 200 varian kopi dari seluruh kebun kopi di berbagai wilayah Indonesia.

Dia menambahkan bahwa Indonesia menjadi negara produsen penghasil kopi terbesar di Asia Tenggara pada 2023 dengan nilai omzet mencapai lebih dari Rp14,7 triliun. Kinerja ini memperlihatkan bahwa kopi Indonesia memiliki keunggulan dan potensi besar, baik di pasar lokal atau internasional.

Potensi itu juga yang menjadi pertimbangan bagi manajemen Otten Coffee Indonesia untuk menyelenggarakan ajang Pekan Kopi Nusantara yang akan berlangsung dalam beberapa hari lagi di Jakarta.

Untuk diketahui, berdasarkan laman Kementerian Luar Negeri, kopi Indonesia sudah diekspor ke berbagai negara lantaran banyak diminati. Pada 2022, nilai pengapalan kopi telah mencapai US$1,15 miliar.

Negara-negara yang menjadi tujuan ekspor kopi Indonesia adalah  Amerika Serikat, Mesir, Jepang, Spanyol, dan Malaysia. Sementara itu, khusus ke Mesir, ekspor kopi Indonesia dalam laporan Biro Statistik Mesir (CAPMAS) pada 2022 mencapai US$96,99 juta dengan volume 39 ribu ton.

Jumlah pengiriman kopi ke Mesir itu tercatat mengalami kenaikan sebesar 8,70 persen jika dibandingkan dengan ekspor pada periode 2021. Pengapalan kopi ke Mesir mencapai US$89,22 juta pada saat itu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Layanan Online Nintendo 3DS & Wii U Tutup April 2024, Cek Game Ikoniknya 

BERIKUTNYA

Ada Perubahan Map dan Karakter Anyar, Cek Patch Free Fire Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: