Salah satu adegan dalam film Totem (sumber gambar Janus Film)

Sinopsis Totem, Karya Terbaru Lila Avilés yang Jadi Film Submisi Oscar 2024

24 January 2024   |   13:53 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Drama kisah  keluarga telah banyak dialihwahanakan dalam layar sinema. Terbaru, sutradara Lila Avilés kembali mengeksplorasi gagasan mengenai hubungan manusia dengan liyan dalam film Totem yang tayang di beberapa festival film internasional.

Lila Avilés adalah sutradara, penulis skenario, dan produser film independen asal Meksiko. Perempuan berusia 42 tahun itu dikenal untuk film fitur pertamanya The Chambermaid (2018), yang terpilih untuk mewakili Meksiko di Oscar 2020, dan Penghargaan Goya.

Baca juga: Oppenheimer Dominasi Piala Oscar 2024 dengan 13 Nominasi

Berbeda dengan film sebelumnya, kali ini Avilés lebih banyak meneroka tentang drama keluarga. Terutama melalui sudut pandang seorang anak kecil bernama Sol (Naima Senties) saat keluarganya menyiapkan acara ulang tahun sang ayah, di rumah kakeknya.

Sang ayah, Tonatiuh (Mateo Garcia Elizondo) adalah seorang pelukis, yang berjuang melawan kanker. Uniknya, tokoh ini tidak dimunculkan sejak awal dalam cerita, dan hanya digambarkan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur, dirawat oleh suster Cruz (Teresita Sanchez).

Arkian, di tengah persiapan pesta tersebut, konflik meluas antar anggota keluarga. Khususnya dari sudut pandang anak kecil, saat melihat pertentangan antara sang bibi, Alejandra (Marisol Gase); Nuria (Montserrat Marañon) dan putrinya Esther (Saori Gurza) yang sebaya dengan Sol.

Selain itu, ada pula kakek Sol yang bernama Roberto (Alberto Amador) seorang psikoterapis yang membuka praktik di rumah. Seorang penyintas kanker tenggorokan yang kecewa dengan perawatan omong kosong yang diterima anak-anaknya, terutama perawatan terhadap Tona.
 
 

Kelindan konflik terkait perawatan sang ayah, persiapan pesta, dan hubungan platonik dalam keluarga inilah yang menjadi bumbu utama cerita. Berdurasi 95 menit penonton akan diajak memasuki sebuah cerita tentang drama keluarga di Meksiko yang cukup menyentuh hati dan evokatif.

Tak hanya itu, film ini juga berhasil menjahit tema dan struktur yang pada awalnya tampak seperti kekacauan- seperti hubungan antara manusia. Termasuk melibatkan hewan, kosmologi, akhir dunia atau kematian, tapi akhirnya  berhasil berkembang dan menyatu satu sama lain menjadi karya yang estetik.

Film Totem sebelumnya telah meraih beberapa penghargaan terkenal. Termasuk Best Picture Cumenical Jury Award di Berlin International Film Festival 2023, Bright Horizons Special Jury Mention di Melbourne International Film Festival 2023, dan Grand Prix Firebird Award di Hong Kong International Film Festival 2023.

Dengan melihat sepak terjang Lila Avilés yang sempat menjadi juri di Festival Film Internasional San Sebastian (Spanyol 2021) hingga Fic Monterrey 2022, film inipun layak ditunggu oleh moviegoers. Tentu saja dengan menimbang bahwa film ini juga terpilih menjadi film submisi Oscar 2024 untuk negara Meksiko. 

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 96: Cek 10 Film Terbaik Tahun Ini

Totem dijadwalkan tayang pada 26 Januari 2024 di beberapa bisokop tertentu, dan layanan streaming over the top. Laman IMDb, memberi rating 7,1/10 dari penikmat dan kritikus yang telah merieview film yang berhasil memenangkan Best Film di Golden Berlin Bear dan Prize of the Ecumenical Jury itu. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Prediksi Line Up Timnas Indonesia vs Jepang, Laga Penentu Grup D Piala Asia 2023

BERIKUTNYA

Kenali Gejala dan Pemicu Penyakit Ginjal Kronis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: