Film Oppenheimer (Sumber gambar: Instagram.com/oppenheimermovie)

Oppenheimer Dominasi Piala Oscar 2024 dengan 13 Nominasi

24 January 2024   |   10:14 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Academy Awards atau Piala Oscar telah mengumumkan daftar lengkap nominasi untuk berbagai kategori yang akan dipertandingkan tahun ini. Acara penghargaan bergengsi tersebut akan memotret wajah sinema Hollywood setelah periode penuh gejolak yang disertai aksi mogok panjang para pelaku perfilman di sana.

Tahun ini, Piala Oscar 2024 memberikan banyak nominasi untuk film biografi blockbuster Oppenheimer. Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan tersebut berhasil mendapatkan 13 nominasi.

Tak hanya unggul dari segi jumlah, film berdurasi tiga jam ini juga mampu mencatatkan namanya di beberapa kategori bergengsi. Bahkan, film paling sukses tahun ini, Barbie, mendapatkan jumlah nominasi yang jauh lebih sedikit. 

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 96: Cek 10 Film Terbaik Tahun Ini
 

Film Oppenheimer masuk ke dalam nominasi Best Picture. Di kategori ini, karya biografi tentang pencipta bom nuklir ini akan bersaing dengan sembilan film lain, yakni American Fiction, Anatomy of a Fall, Barbie, The Holdovers, Killers of the Flower Moon, Maestro, Past Lives, Poor Things, dan The Zone of Interest.

Sang sutradara, Christopher Nolan juga masuk ke dalam kategori Best Director. Nolan akan bersaing dengan Justine Triet yang menyutradarai Anatomy of a Fall, Martin Scorsese dengan karya Killers of the Flower Moon, Yorgos Lanthimos dengan Poor Things, dan Jonathan Glazer dengan The Zone of Interest.

Dalam kategori pemain, Cillian Murphy yang berperan sebagai Oppenheimer juga akan bersaing di kategori Best Actor. Murphy akan bersanding dengan beberapa aktor hebat lain, seperti Bradley Cooper (Maestro), Colman Domingo (Rustin), Paul Giamatti (The Holdovers), dan Jeffrey Wright (American Fiction).

Sementara itu, untuk kategori Best Supporting film Oppenheimer juga mengirimkan dua wakilnya. Robert Downey yang berperan sebagai Lewis Strauss masuk ke dalam Best Supporting Actor, sedangkan Emily Blunt yang berperan sebagai Katherine Oppenheimer juga dinominasikan untuk Best Supporting Actress.

Downey akan bersaing dengan Sterling K. Brown (American Fiction), Robert DeNiro (Killers of the Flower Moon), Ryan Gosling (Barbie), Mark Ruffalo (Poor Things). Adapun, Emily akan bersaing dengan Danielle Brooks (The Color Purple), America Ferrera (Barbie), Jodie Foster (Nyad), dan Da'Vine Joy Randolph (The Holdovers).

Film Oppenheimer juga masuk ke dalam kategori Best Adapted Screenplay. Film drama sejarah ini akan bersanding dengan American Fiction, Barbie, Poor Things, dan The Zone of Interest untuk kategori yang sama.

Selain itu, film ini juga akan bersaing di beberapa kategori lain, dari Best Production Design, Best Cinematography, Best Costume Design, Best Film Editing, Best Makeup and Hairstyling, Best Sound, hingga Best Original Score.

Baca juga: Daftar Pemenang Critics Choice Awards 2024, Oppenheimer Borong Piala
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by The Academy (@theacademy)

Dominasi Ajang Penghargaan

Dalam satu tahun terakhir ini, Oppenheimer memang menjadi film yang paling sering mendominasi sejumlah ajang penghargaan. Hal ini menegaskan kualitas film ini memang telah teruji di berbagai festival.

Dalam ajang British Academy Film Awards (BAFTA) 2024 misalnya, karya teranyar Nolan ini juga mampu meraih 13 nominasi, dari film terbaik, sutradara terbaik, hingga skenario adaptasi terbaik.

Oppenheimer juga mendominasi dalam ajang penghargaan Screen Actors Guild Awards (SAG) 2024. Film ini mendapatkan empat nominasi bergengsi, hanya kalah dari Succession yang meraih lima nominasi di ajang ini. 

SAG Awards adalah ajang penghargaan film yang diberikan oleh Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA). Setiap gelarannya, SAG Awards selalu ditunggu hasilnya oleh para pencinta dan pelaku sinema.

Salah satu alasannya adalah karena SAG Awards dikenal secara historis memberikan petunjuk terbesar mengenai judul, artis, dan pencipta mana yang akan menerima nominasi Academy Awards. Ini semacam potret kecil sebelum ke ajang bergengsi tersebut.

Hal tersebut seolah terbukti dengan banyaknya nominasi yang didapat Oppenheimer di ajang Piala Oscar 2024 ini. Sebagai informasi, Ajang Oscar ke-96 akan diadakan pada 10 Maret 2024 di The Dolby Theatre di Ovation Hollywood dan akan disiarkan langsung di ABC dan lebih dari 200 teritori di seluruh dunia. 

Baca juga: Daftar Pemenang Emmy Awards ke-75, The Bear dan Succession Mendominasi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Link Streaming Indonesia vs Jepang Piala Asia 2023 24 Januari 2024

BERIKUTNYA

Daftar Film Tayang di My French Film Festival 2024: Junkyard Dog hingga Super Drunk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: