Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Prediksi Line Up Timnas Indonesia vs Jepang, Laga Penentu Grup D Piala Asia 2023

24 January 2024   |   13:49 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Laga Timnas Indonesia vs Timnas Jepang akan menjadi penentu siapa yang akan lolos ke babak 16 besar Grup D Piala Asia 2023. Digelar di Stadion Al Thumama, Qatar, pertandingan tersebut akan berlangsung pada hari ini, Rabu, 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB.

Sama-sama berburu kemenangan, baik Indonesia maupun Jepang berpeluang akan memainkan line up pemain terbaiknya masing-masing. Kedua tim sama-sama ingin meraih kemenangan, atau setidaknya hasil imbang.

Setelah kalah dari Irak, Jepang kini berada di urutan kedua Grup D. Jepang mengoleksi tiga poin, sama dengan Indonesia, tetapi Jepang lebih unggul dalam hal produktivitas gol. Oleh karena itu, mereka masih membutuhkan kemenangan demi mempertahankan posisi runner up dan lolos otomatis.

Baca juga: Link Streaming Indonesia vs Jepang Piala Asia 2023 24 Januari 2024

Tim Samurai Biru diprediksi akan tetap all out dalam menghadapi Indonesia. Mereka juga memiliki beberapa pemain kunci yang dalam dua pertandingan terakhir, belum dimainkan. Salah satu yang cukup diwaspadai adalah Kaoru Mitoma.

Winger kiri andalan Jepang ini dalam beberapa pekan terakhir memang masih belum bugar sehingga tidak kunjung dimainkan. Namun, belakangan pemain yang membela Brighton tersebut sudah mulai ikut berlatih bersama teman-temannya.

Laporan dari Soccer King menyebut Kaoru Mitoma yang mengalami cedera pada pergelangan kaki sudah ikut berlatih sejak Timnas Jepang akan menghadapi Irak. Dalam sesi tersebut, Tsuyoshi Watanabe juga ikut bergabung latihan.

Kendati demikian, belum bisa dipastikan apakah sang pemain telah pulih total dan bisa ikut membela Jepang kala berjumpa dengan Indonesia. Di luar itu, Timnas Jepang juga masih sangat berbahaya dengan hadirnya banyak pemain top lain.

Saat ini, salah satu penggawa Jepang, yakni Takumi Minamina menjadi salah satu pemain tersubur di Piala Asia. Namanya tercatat sebagai pemain yang berpotensi menjadi top skor atau pencetak gol terbanyak.

Sejauh ini, Minamino telah mencetak dua gol. Dia hanya kalah dari Akram Afif  (Qatar) dan Aymen Hussein (Irak) yang telah mencetak tiga gol selama turnamen ini berlangsung.

Menghadapi Indonesia, Jepang juga diprediksi tetap menurunkan formasi terbaiknya. Tim dengan ranking paling tinggi di Asia ini juga kemungkinan besar akan bermain dengan pola menyerang demi tetap memenangkan pertandingan.


Formasi Timnas Indonesia

Sementara itu, Timnas Indonesia harus menargetkan kemenangan atas Jepang. Sebab, berbagai skenario yang memungkinkan Timnas Indonesia lolos ke 16 besar sebelum bertanding dengan Jepang telah gagal.

Kini, nasib Indonesia ditentukan oleh para penggawa Garuda sendiri di laga ini. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong diprediksi masih akan menurunkan pemain yang sama seperti dalam laga melawan Vietnam.

Dalam formasi tersebut, penjaga gawang masih akan dipercayakan kepada Ernando Ari. Di bagian belakang, ada Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Justin Hubner. Kemudian, ada Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan di posisi wingback.

Gelandang sentral akan dipercayakan pada Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner. Lalu, Yakob Sayuri bertugas sebagai winger kanan, Egy Maulana Vikri sebagai winger kiri dan Rafael Struick sebagai penyerang tengah.

Shin Tae-yong berharap tim asuhannya bisa tampil bagus menghadapi Jepang pada laga terakhir Grup D.
Lewat pertandingan kontra Jepang, Shin Tae-yong ingin membuktikan kalau level sepak bola Indonesia menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik.

"Tentu saja, Jepang adalah tim tertinggi di AFC, tim nomor satu. Mungkin ini akan menjadi pertarungan yang sulit bagi kami, tetapi kami ingin menunjukkan penampilan yang bagus," ucapnya, melalui laman resmi PSSI, Rabu (24/1/2024).

Baca juga: Siap Berlaga di Piala Asia 2023, Cek Catatan Pertemuan Timnas Indonesia vs Jepang


Prediksi Line Up Indonesia

Pelatih: Shin Tae Yong
Formasi (3-4-3): Ernando Ari; Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri, Rafael Struick.


Prediksi Line Up Jepang

Pelatih: Hajime Moriyasu
Formasi (4-2-3-1): Zion Suzuki; Takehiro Tomiyasu, Ko Itakura, Shogo Taniguchi, Hiroki Ito; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Junya Ito, Takumi Minamino, Kaoru Mitoma; Takuma Asano.


Klasemen Grup D Sementara

Irak: 6 Poin
Jepang: 3 Poin
Indonesia: 3 Poin
Vietnam: 0 Poin


Daftar Peringkat Tiga Terbaik Sementara

Palestina: 4 Poin
Suriah: 4 Poin
Bahrain: 3 Poin
Indonesia: 3 Poin
-batas lolos-
China: 2 Poin
Oman: 1 Poin 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tak Perlu Repot Legalisir, WIR Group Manfaatkan Blockchain Untuk Autentikasi Ijazah

BERIKUTNYA

Sinopsis Totem, Karya Terbaru Lila Avilés yang Jadi Film Submisi Oscar 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: