My French Film Festival (My FFF) (Sumber gambar: Instagram.com/myfrenchfilmfestival)

Daftar Film Tayang di My French Film Festival 2024: Junkyard Dog hingga Super Drunk

24 January 2024   |   11:24 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu festival film terkemuka, My French Film Festival (My FFF) akhirnya kembali digelar tahun ini. Festival film tahunan yang diselenggarakan oleh UniFrance ini disiarkan secara daring mulai dari 19 Januari 2024 hingga 19 Februari 2024.

My French Film Festival adalah festival film berbahasa Prancis online pertama. Festival ini memiliki konsep unik yang memberikan eksposur kepada sineas-sineas muda dan berbakat frankofon (penutur berbahasa Prancis) untuk mendistribusikan karyanya ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Selama periode festival, penggemar film dari seluruh dunia dapat mengakses film-film di edisi ke-14 ini secara daring. Tahun ini, 26 film akan ditayangkan, terdiri dari 10 film panjang dan 16 film pendek, termasuk 9 film panjang dan 9 film pendek yang masuk ke dalam kategori kompetisi.

"MyFrenchFilmFestival menyambut pemirsa dari seluruh dunia untuk edisi ke-14 dari 19 Januari hingga 19 Februari 2024. Program ini bertujuan untuk mencerminkan kekayaan dan keragaman sinema berbahasa Prancis," bunyi pernyataan resmi panitia festival di laman resmi My FFF 2024, dikutip Hypeabis.id, Rabu (24/1/2024)

Baca juga: Sinopsis Film Not Friends, Wakil Thailand di Festival Film Oscar 2024

Ada puluhan judul film Prancis terbaru dan terbaik yang bisa ditonton di ajang ini. Berbagai genre juga tersaji dalam My French Film Festival 2024, seperti drama, komedi, thriller, hingga dokumenter. Penonton bisa mengakses film-film tersebut di myfrenchfilmfestival.com dan layanan streaming KlikFilm.

Nantinya, film-film yang tayang juga akan bersaing di beberapa penghargaan. Ada lima penghargaan yang akan diberikan di akhir festival, yakni Penghargaan Juri Utama untuk film panjang, Penghargaan Pers Internasional untuk film panjang, Penghargaan Pembuat Konten untuk film pendek, dan Penghargaan Penonton untuk film panjang dan film pendek.

Untuk Penghargaan Penonton kategori film panjang dan film pendek, penggemar film dapat melakukan voting di MyFrenchFilmFestival.com untuk memilih film panjang dan film pendek favorit mereka.

Berikut adalah daftar film yang tayang di My FFF 2024:


Kategori Feature Films

Junkyard Dog
Sinopsis: Di sebuah desa kecil di Prancis bagian selatan, Dog dan Mirales menjalani persahabatan yang saling bertentangan. Keadaan berubah untuk duo ini ketika Elsa tiba di desa mereka, seorang wanita muda yang akan membuat Dog jatuh cinta.

Spare Keys
Sinopsis: Film ini mengikuti seorang gadis remaja yang memulai hubungan romantis dengan saudara laki-laki temannya.

Best In The Jungle
Sinopsis: Selama 25 tahun, di sebuah klub malam besar, seorang pria dan seorang wanita melihat dan menunggu peristiwa yang tidak diketahui. Dari tahun 1979 hingga 2004, kami mengikuti evolusi musik disko menjadi musik techno, kisah cinta, kisah obsesi.
 
The Lost Boys
Sinopsis: Di pusat reformasi remaja, tempat yang melarang kontak fisik, Joe dan William jatuh cinta. Untuk saling mencintai, mereka harus melanggar hukum.

The Green Perfume
Sinopsis: Seorang aktor diracun dan meninggal di atas panggung di tengah pertunjukan. Martin, salah satu anggota rombongan dan teman korban, menjadi tersangka utama saat dikejar oleh organisasi misterius bernama Green Perfume

Polaris
Sinopsis: Mengeksplorasi hubungan dekat antara dua saudara perempuan, Hayat dan Leila.

Stampede
Sinopsis: Sebuah film jalanan dan perjalanan dengan truk, keras dan puitis, yang menggali misteri hubungan yang rusak antara seorang ayah dan putrinya yang berusia 9 tahun.

Super Drunk
Sinopsis: Janus adalah seorang siswa sekolah menengah atas yang bermimpi untuk meninggalkan pedesaan asalnya yang dilanda isolasi dan kecanduan alkohol. Kehidupan sehari-harinya berubah ketika dia menemukan tempat penyulingan artisanal yang tersembunyi di ruang bawah tanah milik kakeknya.

Jane B for Agnes V
Sinopsis: Sang sutradara sekali lagi melukis potret seorang wanita, kali ini dengan cara Ekspresionistik yang luar biasa.

No Dogs Or Italians Allowed
Sinopsis: Pada Awal abad ke-20 - Ughettera, Italia Utara, Desa keluarga Ughetto, tinggal di wilayah itu menjadi sangat sulit dan orang-orang Ughetto memimpikan kehidupan yang lebih baik di luar negeri. Legenda mengatakan bahwa Luigi Ughetto melintasi Pegunungan Alpen memulai hidup baru di Prancis, sehingga mengubah nasib keluarga tercinta selamanya. Cucunya melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk meninjau kembali sejarah mereka. 

Baca juga: Sutradara Barbie Greta Gerwig Bakal Jadi Presiden Dewan Juri Festival Film Cannes ke-77
 

Kategori Short Films

Fairplay
Sinopsis: Seorang remaja yang mencari pengakuan, seorang pekerja yang siap melakukan apa saja untuk mendapatkan jackpot, seorang eksekutif senior di penghujung kariernya yang ingin membuktikan pada dirinya sendiri bahwa dia masih hidup. Tiga karakter yang tersesat di jalan kompetisi.

The Great Arc
Sinopsis: Dengan hampir 70 karya seni monumental yang tersebar di seluruh distrik, La Défense, Paris, adalah museum terbuka terbesar di Eropa. Duduk di antara kaki Laba-laba Merah raksasa, saya bertanya-tanya mengapa saya tidak menyadarinya sebelumnya.

Girls and Dogs
Sinopsis: Dua wanita muda sedang bermain "Apakah Anda lebih suka?".

The Fight Is The End
Sinopsis: Suatu hari musim panas di Marseille. Para petinju dari sasana "Boxe Massilia" akan memasuki ring di depan para penonton yang bersorak-sorai. Di balik tontonan kuno pertarungan tangan kosong ini, pertarungan lain yang lebih menentukan dan mendasar tampaknya sedang berlangsung.

Turkey Jeane
Sinopsis: Pada usia 13 tahun, Jeanne masih anak-anak. Satu-satunya temannya, seekor kalkun yang tinggal di kebunnya dan berbicara kepadanya di dalam kepalanya, terus mengatakan kepadanya bahwa menjadi dewasa berarti mengkhianati diri sendiri. Tapi di sekolah menengah, Jeanne digerakkan oleh Laurène, yang memicu sebuah keinginan.

Life In Canada
Sinopsis: Sarah melakukan perjalanan ke akhir pekan ulang tahun orangtuanya ditemani oleh Hermione, 10 tahun, anak perempuan pasangannya. Tapi ketidakhadiran yang kedua itu tidak butuh waktu lama untuk menimbulkan pertanyaan.

Cuddle
Sinopsis: Atas permintaan ayahnya, Coline kembali ke kamar tidur anaknya untuk memilah-milah barang-barangnya. Benda-benda berbeda yang ditemukannya akan mengingatkannya pada kenangan masa kecilnya. Dengan melakukan hal itu, dia akhirnya menerima hal-hal yang tidak akan pernah bisa dia singkirkan.

Under Dog
Sinopsis: Musim dingin, di malam hari. Mirko, pelajar berusia 23 tahun, hanya punya waktu beberapa jam lagi untuk membayar uang sewa yang belum dibayar, atau dia akan diusir. Sebagai seorang pengantar dengan sepeda di malam hari, dia harus berhasil menyelesaikan pesanan secara maksimal untuk melunasi utangnya.

The Summer Holydays
Sinopsis: Blandine menghabiskan liburannya sendirian di sebuah perkemahan kecil yang dekat dengan pegunungan. Dia dengan cepat menemukan dirinya tenggelam oleh kebisingan, keramaian, dan hujan yang dia coba hindari selama musim panas. Di tepi danau, Blandine bertemu dengan Helio, seorang jurnalis muda lokal.

Oasis
Sinopsis: Pada awal masa remaja mereka, Raphaël dan Rémi adalah anak kembar yang melihat keterikatan persaudaraan mereka runtuh sementara salah satu dari mereka, yang menderita disabilitas yang semakin parah, tetap menjadi tawanan masa kanak-kanak. Selama satu musim panas terakhir yang dikelilingi oleh alam, waktu seakan-akan berhenti.

Fast
Sinopsis: Jean adalah orang yang "lamban", dia membangun hidupnya berdasarkan kecemasannya, dan menganggap dirinya tidak cocok untuk hidup bermasyarakat. Dia tinggal bersama Alex, yang merupakan orang yang "cepat". Bersemangat tentang aerodinamika dan eurodance, Alex hidup dengan cepat dan mengajukan pertanyaan sesedikit mungkin pada dirinya sendiri. Suatu pagi, dia menerima seorang teman yang cepat, Lou, di tempat mereka, sementara Jean juga berencana untuk menerima seorang teman yang lambat, Caroline.

Atomic Chicken
Sinopsis: Sebuah kandang ayam yang didirikan di kaki pembangkit listrik tenaga nuklir mengalami perubahan dalam kesehariannya akibat serangkaian mutasi bergaya komik dan kartun.

In The Dance
Sinopsis: Empat orang teman berkumpul bersama untuk sesi tarian FreeStyle.

Two Friends
Sinopsis: Dua sahabat, seekor ulat dan seekor kecebong, tumbuh dalam dua lingkungan yang berbeda.

To Be Sisters
Sinopsis: Menjadi saudara perempuan berarti memiliki ikatan khusus dan tertawa bersama. Menjadi saudara perempuan berarti didorong oleh cinta. Tapi saudari-saudari ini memiliki sesuatu bersama yang sedikit berbeda, dan itu tidak masalah. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Oppenheimer Dominasi Piala Oscar 2024 dengan 13 Nominasi

BERIKUTNYA

Sinopsis & Daftar Pemeran Film Pemukiman Setan Karya Charles Gozali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: