Not Friends (Sumber Foto: GDH 559)

Sinopsis Film Not Friends, Wakil Thailand di Festival Film Oscar 2024

21 January 2024   |   15:44 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Rumah produksi GDH kembali mempertemukan Anthony Buisseret dan Thitiya Jiraponsilp dalam Not Friends. Film yang disutradarai oleh Atta Hemwadee ini mengeksplorasi tema persahabatan, cinta, dan mimpi dengan sentuhan komedi.

Anthony dan Thitiya memulai kariernya di industri perfilman Thailand dengan membintangi drama Thoe Kap Chan Kap Chan (You & Me & Me) pada 2023. Selain Anthony Buisseret dan Thitiya Jiraponsilp ada juga deretan aktor dan aktris berbakat lainnya seperti Pisitpol Ekaphongpisit, Tanakorn Tiyanont, Fond Natticha, Spy Panachanok, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Sinopsis dan Daftar Pemain Film Saltburn

Pada 9 Oktober 2023, Federasi Nasional Asosiasi Film dan Konten (MPC) mengumumkan bahwa Not Friends terpilih sebagai entri Thailand untuk Film Fitur Internasional Terbaik di Academy Awards ke-96 tetapi tidak dinominasikan.

Sinopsisnya mengisahkan tentang keseharian siswa SMA bernama Pae (Anthony Buisseret). Pae merupakan murid baru, dia duduk di sebelah Joe (Pisitpol Ekaphongpisit). Teman sebangkunya itu rupanya sangat periang, beda dengannya yang pendiam dan dingin. Joe selalu berusaha menjalin persahabatan dengan Pae. Namun, sebelum keduanya menjadi dekat, Joe meninggal dunia karena kecelakaan mobil.
 

Not Friends (Sumber Foto: GDH 559)

Not Friends (Sumber Foto: GDH 559)

Pae menyesal tidak mencoba lebih akrab dengan Joe. Perasaan bersalah tersebut membuatnya tergerak untuk membuat film pendek yang mengisahkan kehidupan Joe. Sebetulnya dia sendiri tidak begitu Joe dengan baik, tapi melihat bagaimana Joe dengan mudah dilupakan oleh teman-teman sekolahnya membuat Pae ingin menceritakan kisahnya ke dalam film pendek.

Suatu hari, seorang senior datang ke sekolah untuk mengumumkan lomba film pendek. Pemenangnya akan mendapat beasiswa masuk universitas bergengsi tanpa ujian. Selain untuk mengenang teman sebangkunya, inisiatif membuat film tersebut juga merupakan ambisi Pae untuk mewujudkan mimpi terbesarnya. 

Pae bercita-cita menjadi seorang sutradara, sayang keinginannya untuk kuliah perfilman harus pupus. Keluarganya ingin dia melanjutkan bisnis ayahnya. Proses pembuatan film tentang Joe pun dimulai. Rupanya menggarap sebuah film tak semudah yang dia bayangkan.
 

Not Friends (Sumber Foto: GDH 559)

Not Friends (Sumber Foto: GDH 559)

Sampai akhirnya, Pae menemukan cerita pendek yang diajukan Joe dalam sebuah kontes. Pae pun berencana mengadaptasi cerita itu ke dalam filmnya. Tak sampai di sana, bantuan pun mulai berdatangan. Suatu hari, Bokeh (Thitiya Jirapornsilp) menghampiri untuk mengajukan diri sebagai juru kamera. Bokeh merupakan teman sebangku Joe saat SMP, dia ingin terlibat dalam proses pembuatan film tersebut.

Pae dan Bokeh pun perlahan-lahan mengenal sosok Joe, sampai ke sisi lain yang mereka tidak ketahui. Di balik keceriaannya, Joe punya banyak rahasia yang disimpannya sendirian. Selain itu, konflik antara Pae dan Bokeh selama proses penggarapan film juga membuat mereka berpikir kembali apakah proyek ini bisa selesai dengan baik.

Kira-kira mampukah mereka menciptakan film yang membuat orang-orang akan terus mengenang Joe sebagai siswa periang di sekolah? Saksikan kelanjutan ceritanya di bioskop mulai 24 Januari 2024 ya, Genhype!
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Eksplorasi 5 Jenis Durian Populer di Indonesia

BERIKUTNYA

Pentingnya Work Life Balance untuk Kesehatan Mental dan Fisik Pekerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: