Greta Gerwig (Sumber gambar: Instagram.com/WBI Pictures)

Sutradara Barbie Greta Gerwig Bakal Jadi Presiden Dewan Juri Festival Film Cannes ke-77

14 December 2023   |   16:42 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Setelah membuat kejutan di box office 2023 lewat film larisnya bertajuk Barbie, sineas dan penulis naskah Greta Gerwig kembali mencetak tonggak sejarah baru dalam karier perfilmnya. Greta terpilih menjadi Presiden Dewan Juri Festival Film Cannes Ke-77 tahun depan.

Pengumuman tersebut langsung disampaikan oleh pihak Festival Film Cannes pada Kamis pagi ini, (14/12/2023). Pihak festival menggambarkan Greta sebagai “pahlawan zaman modern” yang mengguncang status quo.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Golden Globe Awards 2024, Film Barbie & Oppenheimer Mendominasi

Jejak perjalanan Greta selama ini memang punya pengaruh penting dalam industri sinema global. Film-filmnya mampu menyuguhkan sesuatu yang segar di tengah industri yang makin terkodifikasi dan tuntutan perluasan yang lebih besar.

Greta tampak tak menyangka dirinya dipilih sebagai presiden juri untuk festival film Cannes. Namun, dirinya juga gembira dan tak sabar untuk melihat perjalanan apa yang menanti di depan dengan status barunya ini.

“Saya suka film. Saya suka menontonnya, membuatnya, maupun membicarakannya. Sebagai sutradara film bioskop, Cannes selalu menjadi puncak dari bahasa universal film,” ucap Greta dikutip Hypeabis.id dari laman resmi festival film Cannes, Kamis (14/12).

Greta mengawali kariernya di industri film sebagai aktris. Dia lalu bertransformasi menjadi penulis skenario yang mengerjakan beberapa proyek. Salah satu yang menemani kariernya ialah Noah Baumbach, rekannya di bidang seni film ini.

Sebagai sutradara, Greta selalu menghasilkan karya-karya apik yang memancing upaya pendefinisian ulang norma-norma industri film. Suara-suaranya bergema melawan arus dan menentang konvensi yang sudah mapan.

Setelah menjadi ikon sinema independen Amerika, Greta berhasil menggabungkan film sebagai seni dan industri. Dia terus menghasilkan film-film laris yang unik dan mencapai puncak box office dunia.

Selama ini, Greta juga dikenal sebagai sutradara yang kerap membawa narasi tentang keluarga, transisi menuju kedewasaan, ketakutan terhadap degradasi sosial dengan artistik yang terasa pas.

Greta Gerwig juga telah membuktikan bakatnya dalam menulis skenario melalui berbagai kolaborasi, termasuk dengan Noah Baumbach dalam film-film seperti Frances Ha, Mistress America dan Barbie yang terkenal.

Misalnya, filmnya bertajuk Lady Bird yang mendapat apresiasi baik dari kritikus berhasil menerima lima nominasi Oscar. Film keduanya yang merupakan adaptasi dari karya sastra kalsik Amerika, The Four Daughters of Dr March juga melakukan eksplorasi menarik. Film ini mempertanyakan posisi protagonis perempuan dalam dunia laki-laki.

Terakhir, Barbie, yang dirilis pada 2023, dengan brilian mengeksplorasi tema-tema ini sembari menyerang seksisme dan stereotip yang biasa terjadi. Greta sukses membawa fenomena yang umum secara global dengan kritikannya yang tajam.

Kini, dengan berbagai latar belakang yang dimilikinya, Greta Gerwig dipercaya memimpin penjurian salah satu festival film paling bergengsi di dunia. Dia akan mengorkestrasi penjurian untuk festival tahun depan.

“Greta mewakili era yang mendobrak hambatan dan memadukan genre, sehingga mengangkat nilai-nilai kecerdasan dan humanisme,” tulis pihak festival.

Sebagai informasi, festival film Cannes 2024 akan berlangsung pada 14 Mei sampai 25 Mei 2024. Proses seleksi resmi akan diumumkan pada pertengahan April tahun depan.

Baca juga: Barbie Puncaki Box Office Dunia 2023


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Keren, Game Lokal Paw Rumble Boyong Penghargaan di Google Play Best of 2023 Award

BERIKUTNYA

Memaknai Sejarah dengan Cara Kekinian di Diskusi Road to Warna Baru Warisan Budaya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: