Ilustrasi seseorang bermain golf. (Sumber gambar: Mick Haupt/Unsplash)

Asal-usul Golf dan 30 Istilah dalam Permainannya, Olahraga yang Identik dengan Kalangan Sultan

20 January 2024   |   15:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Golf merupakan olahraga yang cukup populer di dunia. Golf adalah jenis olahraga yang dimainkan di lapangan hijau luas, dan bertujuan berkompetisi memasukkan bola kecil ke dalam lubang-lubang dengan jarak tertentu menggunaka stik golf. Sebagai jenis olahraga, golf tergolong eksklusif sehingga tak banyak orang yang tahu istilah-istilah dalam olahraga ini.

Menukil dari laman golf.com, golf berasal dari pantai timur Skotlandia yang mulai muncul pada abad ke-15. Pada masa-masa awal permainannya, para pemain akan mencoba mencoba memukul kerikil di atas bukit pasir dan di sekitar trek menggunakan tongkat atau pentungan yang bengkok.

Kata 'golf' berasal dari kata kerja Belanda yakni kolf atau kolve yang berarti klub. Namun, istilah tersebut diadaptasi ke dalam dialek Skotlandia menjadi goff atau gouff. Baru pada akhir abad ke-16 muncul kata golf yang dieja seperti yang dikenal sekarang. 

Baca juga: Strong Nation, Olahraga Pembakar Lemak dan Pembentuk Otot yang Tengah Populer

Dari Skotlandia, golf kemudian diperkenalkan di Inggris pada abad ke-17 dan menyebar ke Amerika Utara hingga seluruh dunia. Seiring berjalannya waktu, olahraga golf menjadi semakin populer di seluruh dunia. Bahkan, beberapa negara mengadakan turnamen golf bergengsi, seperti The Masters, U.S. Open, The Open Championship, dan PGA Championship.

Namun, dalam perkembangannya, golf menjadi olahraga yang identik dengan kalangan masyarakat atas. Meskipun golf sejatinya merupakan olahraga yang terbuka bagi semua kalangan, tetap saja hobi ini tetap dipandang mewah dan eksklusif.

Bukan tanpa alasan golf menjadi olahraga yang identik dengan kalangan orang kaya. Diperlukan biaya yang tak murah untuk menikmati olahraga ini, mulai dari biaya keanggotaan, sewa perlengkapan dan transportasi, hingga membayar caddy yang biasa membawakan peralatan golf, memberikan instruksi, dan tugas lainnya.

Selain itu, olahraga golf juga kerap diasosiasikan dengan gaya hidup high-end yang biasanya dimiliki oleh kalangan elite. Banyak klub golf eksklusif yang memiliki fasilitas mewah, seperti restoran kelas atas, spa, atau bahkan hotel bintang lima. Hal ini tentu membuat orang-orang kaya semakin tertarik untuk memilih golf sebagai hobi mereka.
 

b

Ilustrasi seseorang bermain golf. (Sumber gambar: Courtney Cook/Unsplash)

Terlebih, golf juga kerap dimanfaatkan sebagai kegiatan untuk membangun hubungan bisnis yang lebih kuat dengan klien atau mitra bisnis oleh para pengusaha dan eksekutif. Selama bermain golf, mereka bisa berbincang-bincang santai sambil menikmati pemandangan hijau lapangan golf, serta membahas bisnis tanpa harus merasa terlalu kaku.

Selain itu, keberhasilan dalam menaklukan permain golf juga dapat meningkatkan citra diri seseorang, yang bisa membuka pintu lebih luas lagi untuk peluang bisnis di masa depan dengan mitra atau kliennya. 

Baca juga: Mulai Dilirik Anak Muda, Simak Kiat Jitu Berolahraga Kriket, dari Teknik Dasar hingga Persiapan

Hal lain yang juga menarik, bermain golf bisa menjadi kesempatan bagi seseorang untuk mengeksplorasi dan menantang diri sendiri untuk mencapai target yang lebih tinggi, dengan pertimbangan yang matang pada setiap pukulan.

Lantaran golf identik dengan olahraga kelas atas, tak banyak orang yang karib dengan istilah-istilah dalam olahraga ini. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah istilah dalam olahraga golf beserta artinya.

Tempat & Peralatan
  1. Green: area berumput pendek di sekitar hole atau pin.
  2. Hole: lubang dalam green dengan ukuran 4,5 inch.
  3. Flag-stick: bendera indikator.
  4. Bunker: sebagian besar hole pasti memiliki rintangan berupa bunker, istilah untuk hambatan dalam permainan golf. Bunker memiliki dua tipe, cekungan berisi pasir atau rumput. 
  5. Caddie: istilah untuk orang yang membawakan stik golf dan membantu golfer di lapangan.
  6. Club: dikenal umum juga dengan nama stik golf, tongkat untuk memukul bola golf. Club bisa terbuat dari material kayu, besi, atau putter.
  7. Hosel: bagian stik golf yang menghubungkan tangkai dan kepala stik golf.
  8. Hazard: penghalang, hambatan dalam lintasan.
  9. Water hazard: rintangan aliran air ataupun kolam yang ada di lapangan golf, yang bertujuan untuk menambah kesulitan pemain ketika bermain golf.
  10. Tee box: Istilah untuk area tee pemain, saat pemain memulai permainan.
  11. Divot: serpihan tanah setelah pukulan.

Permainan
  1. Handicap: ukuran kemampuan pemain
  2. Par: nilai pada setiap lubang berdasarkan posisi, panjang, dan kesulitan.
  3. Birdie: hasil skor satu angka di bawah Par dalam satu hole.
  4. Bogey: hasil skor satu angka di atas Par dalam satu hole.
  5. Dogleg: bentuk lengkungan dalam hole yang bisa mengarah ke kiri atau ke kanan. Umumnya, lengkungan tampak seperti tumit anjing.
  6. Double bogey: hasil skor dua pukulan di atas Par.
  7. Driving area: dikenal juga dengan istilah golf range, yakni fasilitas yang disediakan bagi para golfer, guna melatih ayunan dan pukulan saat bermain golf jarak pendek.
  8. Gros: akumulasi jumlah pukulan di sebuah hole secara utuh, belum dikurangi nilai handicap.
  9. Approach shot: pukulan jarak pendek sampai sedang untuk membawa bola ke area green. Terdapat tiga jenis aproach shot: pitch, flop dan chip.
  10. Bunker shot: pukulan yang dilakukan ketika bola jatuh di atas bunker.
  11. Chip: pukulan pendek ke arah green.
  12. Chip in: pukulan bola yang berhasil masuk ke lubang bukan dari green.
  13. Fairway shot: pukulan kuat yang dilakukan ketika bola jauh dari hole.
  14. Knockdown atau punch: pukulan rendah untuk menghindari pohon, ranting, dahan atau angin yang kuat.
  15. Putting: memukul bola di atas rumput menggunakan putter atau alat bantu untuk meletakkan bola yang disebut putter.
  16. Tee shot: pukulan pertama golfer dalam permainan golf.
  17. Ace: dikenal juga dengan istilah pukulan terbaik, ace adalah pukulan sekali pukul masuk lubang atau "hole in one". 
  18. Eagle: Lubang yang diselesaikan dengan dua pukulan di bawah par-5.
  19. Albatros: Lubang yang diselesaikan dengan tiga pukulan di bawah par. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Resep Ekkado Ayam Udang yang Renyah dan Gurih

BERIKUTNYA

7 Ide Prewedding dengan Tema Outfit Hitam Kasual nan Elegan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: