Ekkado. (Sumber gambar: Ny. Liem Heritage/YouTube)

Resep Ekkado Ayam Udang yang Renyah dan Gurih

20 January 2024   |   14:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika kalian memesan menu Bento di restoran Jepang, ada satu makanan yang nyaris tak pernah absen pada menunya yakni ekkado. Panganan ini bertekstur kenyal yang biasanya berupa campuran daging ayam dan udang. Ekkado terdiri dari isian telur puyuh berselimut daging, yang dibungkus dengan kulit tahu, lalu diikat dengan daun pandan.

Telur puyuh utuh yang sudah direbus, kemudian dibalut dengan campuran daging ayam dan udang berbumbu, lalu dibungkus dengan kulit tahu dan diikat dengan daun pandan atau kucai. Cara penyajiannya sangat mudah, cukup digoreng dengan metode deep fried oil sampai matang merata. Kalian bisa merasakan cita rasa ekkado yang renyah, gurih, dan enak. 

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Jepang ala Kaki Lima yang Viral di Jakarta

Selama ini ekkado dikenal sebagai salah satu panganan khas Jepang, lantaran sering hadir dalam menu restoran-restoran yang menyajikan kuliner Negeri Sakura. Namun, setelah ditelusuri, ekkado bukanlah berasal dari Jepang melainkan dari China, yang dikenal dengan nama money bag atau kantung uang.

Penamaan tersebut bukan tanpa alasan. Mengutip dari laman What To Cook Today, makanan tersebut diberi nama money bag lantaran bentuknya yang menyerupai dompet yang digunakan untuk menyimpan emas dan perak oleh masyarakat Tiongkok kuno. Oleh sebab itu, money bag memiliki filosofi sebagai simbol kemakmuran dan kekayaan.

Dalam tradisi masyarakat Tiongkok, biasanya money bag disajikan sebagai hidangan untuk acara-acara pesta sepanjang tahun, termasuk perayaan Tahun Baru Imlek. Money bag biasanya disuguhkan dengan saus asam manis, sehingga menambah cita rasanya yang semakin lezat.
 


Dari segi bentuk, money bag dan ekkado memang sangat mirip. Perbedaannya terletak dari segi bahan isiannya. Money bag biasanya menggunakan isian daging babi atau udang yang dicampur dengan bumbu, sedangkan ekkado berisi campuran daging ayam dan udang dengan tambahan telur puyuh rebus. Selain itu, money bag dibungkus dengan kulit pangsit, sedangkan ekkado menggunakan kembang tahu.

Sementara itu, penamaan ekkado sendiri berasal dari gabungan dua kata yakni egg atau yang berarti telur dengan kado yang artinya sama dengan hadiah. Penamaannya lantaran ekkado yang berbentuk seperti kado, dimana hadiahnya berupa telur dibalut dengan kulit tahu dan adonan daging ayam dan udang.

Dengan begitu, ekkado dianggap sebagai masakan China dengan sentuhan Jepang lantaran sering ditemukan di restoran-restoran khas Negeri Sakura di Indonesia. Hal ini membuat ekkado juga menjadi salah satu makanan hasil perpaduan budaya yang ada di Tanah Air. 

Baca juga: Lagi Viral, Ini Manfaat Kesehatan Kuliner Jepang Natto

Tak melulu harus membelinya, kalian juga bisa membuat ekkado sendiri di rumah. Makanan satu ini juga bisa menjadi ide bekal sekolah untuk anak. Selain itu, bukan tak mungkin, jika kalian bisa membuatnya bisa menjadi ide bisnis ekkado baik yang disajikan langsung ataupun dalam bentuk frozen food.

Untuk Genhype yang tertarik dengan panganan satu ini, berikut adalah resep Ekkado Ayam Udang yang renyah, gurih, dan lezat.


Resep Ekkado Ayam Udang

Bahan-bahan Ekkado Ayam Udang 

  • 400 gram daging ayam cincang (bagian paha & dada)
  • 200 gram udang cincang
  • 40 gram tepung tapioka
  • 40 gram tepung maizena
  • 7 siung bawang putih cincang halus
  • 4 sdm minyak wijen
  • 2 butir telur
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm lada putih bubuk
  • 30 butir telur puyuh rebus
  • 30 kulit kembang tahu ukuran 12 x 12 cm
  • Daun pandan untuk mengikat


Cara Membuat Ekkado Ayam Udang 

  1. Siapkan chopper atau blender lalu haluskan daging ayam dan udang cincang sebentar. 
  2. Tambahkan tepung tapioka, tepung maizena, bawang putih cincang, minyak wijen, telur, garam, dan lada putih bubuk. Aduk kembali hingga adonan tercampur merata.
  3. Siapkan wadah lalu masukkan adonan yang telah dihaluskan tadi dan aduk kembali. Masukkan adonan ke kantong spuit.
  4. Siapkan kulit kembang tahu lalu tempelkan ke tisu yang dibasahi air untuk membuat kulit tahu tidak kering. 
  5. Tambahkan adonan ekkado pada bagian tengah kulit tahu lalu beri telur puyuh pada bagian atasnya, lalu bentuk menyerupai kantung dan diikat dengan daun pandan. Gunting bagian atas kulit tahu agar lebih rapi. Ulangi hingga adonan habis.
  6. Kukus ekkado sekitar 20 menit hingga matang dan sisihkan hingga suhunya tak panas lagi.
  7. Panaskan wajan dengan minyak secukupnya lalu goreng ekkado hingga kuning keemasan. Ekkado Ayam Udang pun siap dinikmati. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Keju Termahal di Dunia, Ada yang Terbuat dari Susu Rusa

BERIKUTNYA

Asal-usul Golf dan 30 Istilah dalam Permainannya, Olahraga yang Identik dengan Kalangan Sultan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: