olahraga Strong Nation (sumber gambar : Strong Nation)

Strong Nation, Olahraga Pembakar Lemak dan Pembentuk Otot yang Tengah Populer

19 January 2024   |   21:01 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Tidak hanya jantung, otot dalam tubuh manusia juga memiliki peran yang cukup vital. Otot menjadi penunjang struktur tubuh dan menggerakan organ-organ tubuh sehingga melatih kekuatan otot penting dilakukan secara rutin oleh berbagai kelompok usia.

Pasalnya, otot memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, misalnya meningkatkan kepadatan tulang dan massa otot, menurunkan lemak tubuh, hingga menurunkan resiko terkena penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Bahkan bagi perempuan yang melakukan latihan kekuatan otot di usia muda dapat mencegah osteoporosis pascamenopause. 

Baca juga: Mulai Dilirik Anak Muda, Simak Kiat Jitu Berolahraga Kriket, dari Teknik Dasar hingga Persiapan

Roger Fielding, Profesor dari Tufts University, Massachusetts, AS, menyebutkan bahwa latihan kekuatan otot umumnya memberikan dampak pada orang dewasa. Sebab, dengan terjadinya penuaan,  maka fungsi otot dan kesehatan tulang juga akan menurun.

“Itu semua dapat diperlambat, dilemahkan, atau dibalik dengan latihan yang sesuai. Dalam hal ini jenis olahraga seperti High Intensity Interval Training (HIIT) merupakan pilihan yang sesuai untuk melatih kekuatan otot,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima Hypeabis, Jumat (19/1/2024).

Salah satu jenis olahraga HIIT yang belakang mulai popular adalah STRONG Nation. Jenis olahraga ini menawarkan berbagai macam gerakan yang cocok untuk membangun massa otot karena menggabungkan latihan beban tubuh, pengencangan otot, kardio, dan teknik bela diri yang disinkronkan secara sempurna dengan musik.

SYNC Kiky, instruktur STRONG Nation, menjelaskan bahwa gerakan pada latihan ini terinspirasi dari seni bela diri, HIIT, olahraga, dan latihan fungsional. Dalam setiap kelas STRONG Nation banyak dilakukan gerakan-gerakan seperti plyometric (high knees, burpees, dan jumping jacks) serta gerakan isometric (lunges, squats, dan kickboxing).

“Gerakan tersebut dapat membakar kalori serta mengencangkan lengan, kaki, perut, dan bokong sehingga dapat membantu meningkatkan kekuatan, tenaga, daya tahan, dan kelincahan, termasuk sangat efektif dalam membentuk massa otot,” jelasnya.

Umumnya, akan ada tiga format berbeda yang dapat dilakukan dalam Kelas STRONG Nation yaitu 60 menit, 45 menit, dan 30 menit dengan berbagai pilihan kelas, mulai dari tingkat pemula hingga tingkat mahir (low, base, dan max), yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta.

Menurut Kiky, dengan setiap mengikuti satu jam kelas STRONG Nation dapat menstimulasi pembakaran kalori yang tinggi karena interval dan intensitas yang berbeda pada setiap kelas. Tidak hanya selama sesi berlangsung, pembakaran kalori juga masih terus berlangsung bahkan setelah sesi latihan. “ini yang juga dapat membantu pembentukan otot pada tubuh,” terangnya.

Musik yang digunakan STRONG Nation dibuat secara khusus sehingga selaras dengan gerakan melalui reverse engineering, yakni gerakan dibuat terlebih dahulu kemudian musik akan diproduksi sesuai dengan gerakan (perfect sync).

Penelitian dari Brunel University di London menemukan bahwa menyelaraskan gerakan tubuh dengan musik dapat membantu penggunaan energi yang lebih efisien, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme.

Selain memberikan manfaat kesehatan, STRONG Nation juga dapat menjadi pilihan karir yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk menjadi instruktur STRONG Nation, seorang kandidat harus mengikuti pelatihan 1 hari yang dipimpin oleh Master Trainer.

“Setiap instruktur yang sudah berlisensi dan bergabung dengan SYNC Network akan mendapatkan musik dan latihan rutin setiap bulan, dengan perkembangan dan modifikasinya, sistem pendalaman rutin, dan materi pemasaran untuk memastikan kesuksesan jangka panjang mereka,” tuturnya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Nominasi iHeart Radio Music Awards 2024, Taylor Swift Borong 9 Kategori

BERIKUTNYA

Kim Seon Fan Meeting di Indonesia Juli 2024, Yuk Intip Lagi Keseruannya Tahun Lalu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: