Ilustrasi keju (Sumber gambar: Unsplash/Azzedine Rouichi)

Daftar Keju Termahal di Dunia, Ada yang Terbuat dari Susu Rusa

20 January 2024   |   13:35 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Di dunia ini diperkirakan terdapat sekitar 400 jenis keju yang tersebar di berbagai negara. Setiap jenis keju memiliki proses pembuatan yang berbeda-beda, dari varian susu apa yang dipakai, bakteri yang digunakan, hingga lama penyimpanannya pun berpengaruh pada rasa yang akan dihadirkan.

Keju adalah salah satu makanan yang paling populer di dunia. Selain karena rasanya yang enak, kandungan protein di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Ini membuat keju punya banyak penggemarnya. 

Baca juga: Resep Croissant yang Empuk & Renyah, Cocok Disantap dengan Kopi atau Susu

Seiring waktu, para produsen keju di berbagai negara mulai berlomba menciptakan rasa paling lezat dan berkualitas tinggi. Cara pengolahannya pun makin unik dan rumit, bahkan ada yang sampai ratusan tahun lamanya.

Prosesnya yang tak lagi sederhana membuat sejumlah keju kini bisa dijual dengan harga yang tinggi. Keju handmade atau artisan adalah salah satu jenis yang cukup banyak diperjualbelikan dengan harga fantastis.

Berikut adalah daftar keju termahal di dunia:


1. Pule

Menurut Wealthygorilla, keju termahal pada 2023 masih diduduki oleh Pule. Jenis keju ini cukup unik karena terbuat dari susu keledai dan hanya tersedia di Serbia dan Montenegro. Karena keledai hanya mengeluarkan sedikit susu, produksi keju Pule pun tak bisa banyak setiap tahunnya.

Untuk menghasilkan satu kilogram keju Pule, dibutuhkan 25 liter susu keledai. Alasan tersebut membuat keju Pule harganya mahal, bahkan bisa menyentuh US$600.

Namun, soal rasa, keju ini dikenal memiliki kenikmatan yang kompleks dengan tekstur yang kaya. Selain itu, jenis keju ini juga mengandung vitamin C 60 kali lebih banyak dibandingkan yang berasal dari susu sapi


2. Moose

Keju Moose berasal dari Swedia. Keju ini didapat dari susu rusa. Salah satu ekslusivitas keju rusa adalah karena jumlah susu yang didapat selalu tidak bisa ditebak. Setiap harinya, biasanya hanya terkumpul 5 liter susu saja.

Diproduksi oleh Elk House di Bjurholm, Swedia, keju ini dikenal kaya akan protein, sehingga menghasilkan kandungan lemak lebih tinggi. Dengan hanya 300 kilogram keju rusa yang diproduksi setiap tahunnya, keju ini memiliki label harga yang tinggi yaitu US$500 per pon (453,6 gram).


3. White Stilton Gold

White Stilton Gold merupakan keju yang berasal dari pedesaan Inggris. Terbuat dari susu sapi, keju ini menjadi spesial karena ditambahkan serpihan emas yang berkilau. Pembuatannya juga unik karena dicampur kayu manis.

Keju ini adalah kreasi Long Clawson's, sebuah perusahaan susu Inggris yang berbasis di Melton Mowbray di Leicester, Inggris. Tingginya harga keju ini disebabkan oleh proses penyimpanan yang lama demi menghasilkan rasa yang kaya dan aromatik yang khas. Harganya menyentuh US$400 per pon.


4. Wyke Farms Cheddar

Wyke Farms Cheddar terbuat dari susu sapi pasteurisasi lokal di barat daya Inggris. Keju ini telah ada sejak abad ke-19 dan dijual dengan harga US$200 per pon.

Popularitas keju ini telah dikenal luas sejak tahun 1950-an bahkan hingga sekarang. Keju ini telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk Global Cheese Awards dan International Cheese Awards yang bergengsi.


5. Bitto Storico

Sebuah keju normal umumnya hanya memerlukan beberapa bulan agar menjadi keju yang enak. Namun, keju Bitto Storico berbeda. Dibutuhkan lama simpan sampai 18 tahun untuk mengembang sepenuhnya dan memunculkan rasa yang enak.

Dihargai senilai US$150 per pon, keju ini terbuat dari campuran 20% susu kambing dan susu sapi. Rasa yang dihasilkan selalu khas dan bervariasi tergantung musim setiap batch diproduksi.


6. Cariocavallo Podolico

Cariocavallo Podolico adalah salah satu keju terkenal dan termahal di Italia. Berasal dari wilayah Campania, keju Cariocavallo Podolico juga dikenal dengan sebutan keju kuda. Cariocavallo Podolico juga termasuk salah satu keju tertua dengan produksi pertama kalinya pada abad ke-14. 

Baca juga: Panduan Memilih Susu yang Tepat untuk Para Penikmat Kopi

Keju ini dijual di kisaran harga US$40 per pon hingga US$50 per pon. Untuk cara makannya, terkadang keju kuda Caciocavallo Podolico diparut di atas pasta atau juga bisa disajikan dengan buah atau anggur untuk lebih menonjolkan keunikan yang khas. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Review Film The Summer Holidays, Potret Potongan Kehidupan yang Menghangatkan Hati

BERIKUTNYA

Resep Ekkado Ayam Udang yang Renyah dan Gurih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: