Ilustrasi film Anatomy of a Fall (sumber gambar IMDb)

Cek Sinopsis Anatomy of a Fall, Film Besutan Justine Triet yang Meraih Banyak Penghargaan

19 January 2024   |   21:19 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penikmat sinema Indonesia kedatangan lagi tontonan layar lebar baru yang telah lama ditunggu. Sebab, setelah beberapa kali ditunda, film Anatomy of a Fall akhirnya siap menyapa penggemar. Disutradarai oleh Justine Triet, film thriller bercerita tentang kondisi hukum di Prancis ini sudah mulai tayang di bioskop Tanah Air, hari ini, Jumat (19/1/2023). 

Baca juga: Review Film The Beekeeper, Menilik Ironi Masa Lalu Peternak Lebah

Anatomy of a Fall merupakan karya terbaru Triet yang dikerjakan bersama Arthur Harari sebagai penulis skenario. Terinspirasi oleh kasus-kasus pengadilan di kehidupan nyata, film ini telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi.
 
 

Di Indonesia, film Anatomy of a Fall tayang di CGV dan Cinepolis."Sudah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi, tayang mulai hari ini!"tulis akun resmi Instagram CGV, pada Jumat (19/1/24).

Berdurasi 150 menit, keunikan dari film ini adalah menampilkan tiga bahasa lisan, yakni Jerman, Prancis, dan Inggris, yang terkait dengan perbedaan budaya dan nasionalisme yang memengaruhi sistem pengadilan dalam persidangan internasional.


Sinopsis Anatomy of a Fall

Secara umum, Anatomy of a Fall mengikuti cerita seorang karakter bernama Sandra (diperankan oleh Sandra Huller), seorang penulis berusia 40 tahun yang berjuang untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah setelah suaminya Samuel (Samuel Theis) meninggal. Pasutri ini tinggal di Pegunungan Alpen, dekat kota Grenoble. 

Sandra adalah seorang penulis Jerman yang bertemu dengan suaminya, seorang penulis Prancis yang tinggal di London. Setelah menikah, mereka memiliki seorang anak bernama Daniel (Milo Machado Graner). Anak laki-laki itulah orang pertama yang menemukan tubuh tak bernyawa ayahnya di luar rumah yang terbaring di genangan darah.

Investigasi mengarah pada kesimpulan tentang kematian yang mencurigakan. Sebab, pihak kepolisian tidak mungkin mengetahui secara pasti, apakah Samuel bunuh diri, atau sengaja dibunuh. Sementara itu, di sisi lain, putranya yang tunanetra menjadi saksi utama untuk meringankan hukuman sang ibu.
 
 

Namun, nyatanya rangkaian misteri tidak hanya bermula dari kematian sang suami. Bertahun-tahun sebelumnya, Daniel juga terlibat dalam kecelakaan mobil saat berada di bawah asuhan sang ayah, dan menyebabkan dia buta. Dengan dialog dan visual yang intens, penonton akan diajak mengikuti persidangan yang membuat hubungan pasutri itu berantakan.

Berbagai fragmen dari kehidupan rumah tangga inilah yang menjadi pengikat cerita, yang tanpa sadar juga berdampak pada hubungan ibu-anak. Selain itu, perdebatan di ruang sidang dengan berbagai alat bukti berupa rekaman hingga konflik terkait hak cipta mengenai buku terlaris yang digarap oleh Sandra juga didedah dengan sangkil oleh Triet.

Anatomy of a Fall berhasil menyabet penghargaan Palem Emas alias Palme d’Or pada malam puncak di Palais des Festivals et des Congrès, Prancis. Selain itu, film ini juga berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti GIO Audience Award untuk Best International Narrative Feature dari Sydney Film Festival, dan menerima tujuh nominasi di British Academy Film Awards, termasuk Best Film, dan Best Director.

Tak hanya itu, Justine Triet juga menjadi sutradara perempuan ketiga yang berhasil meraih trofi Palme d'Or. Berlangsung sejak 1946, pemenang hadiah utama Cannes Film Festival memang selalu didominasi laki-laki, seperti Francis Ford Coppola, Akira Kurosawa, Quentin Tarantino, hingga Ruben Ostlund pada 2022. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Menilik Kebutuhan Talenta Industri MICE Indonesia, Masih Banyak Pekerjaan Rumah

BERIKUTNYA

Drakor Baru Long Time No Sex (LTNS) Hadirkan Duet Esom dan Ahn Jae-hong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: