Film ini berkisah tentang seorang penulis perempuan yang ditahan karena diduga membunuh suaminya. (sumber gambar Twitter Lettrboxd)

Sinopsis dan Fakta Unik Anatomy of a Fall, Pemenang Palme d'Or di Cannes Film Festival 2023

29 May 2023   |   20:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Festival Film Cannes 2023 resmi berakhir dengan kemenangan Anatomy of a Fall yang menyabet penghargaan Palem Emas alias Palme d’Or pada Sabtu, (27/5/23). Pada malam puncak di Palais des Festivals et des Congrès, Prancis, film besutan Justine Triet itu berhasil menyingkirkan puluhan film lain di kompetisi Cannes.

Berdurasi 150 menit, Anatomy of a Fall merupakan karya terbaru Triet yang dikerjakan bersama Arthur Harari sebagai penulis skenario. Film ini berkisah tentang seorang penulis perempuan yang ditahan karena diduga membunuh suaminya.

Mendapuk aktris senior Sandra Huller sebagai pemeran utama, film ini juga mengungkap kompleksitas kehidupan perempuan. Juri Festival Film Cannes 2023, Ruben Ostlund  mengatakan bahwa Anatomy of a Fall merupakan film yang intens, dan sudah selayaknya sinema harus dibuat dengan cara seperti itu. 

Baca juga: Daftar Pemenang Festival Film Cannes 2023, Anatomy of a Fall Besutan Justine Triet Gondol Palme d'Or
 

Mengutip Variety, film bergenre drama thriller ini juga tak hanya mengangkat soal adu argumen di ruang sidang, tetapi juga soal seluk-beluk pernikahan sang tokoh utama, serta bagaimana media dan opini publik menyelami kehidupan mereka dengan detail, laiknya diamati lewat mikroskop. 
 

Sinopsis

Anatomy of a Fall mengikuti cerita seorang karakter bernama Sandra (diperankan oleh Sandra Huller), seorang penulis berusia 40 tahun yang berjuang untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah setelah suaminya Samuel (Samuel Theis) meninggal. Pasutri ini tinggal di Pegunungan Alpen, dekat kota Grenoble. 

Sandra adalah seorang penulis Jerman yang bertemu dengan suaminya penulis Prancis di London. Setelah menikah mereka memiliki seorang anak bernama Daniel (Milo Machado Graner). Anak laki-laki itulah orang pertama yang menemukan tubuh tak bernyawa ayahnya di luar rumah yang terbaring di genangan darah.

Namun, nyatanya tragedi bukan hanya bermula dari kematian sang suami. Bertahun-tahun sebelumnya, Daniel juga terlibat dalam kecelakaan mobil saat berada di bawah asuhan ayahnya hingga akhirnya menyebabkan dia buta. Peristiwa itu pun membawa dampak  yang sangat besar bagi pasangan tersebut, karena mereka diliputi rasa bersalah dan kesedihan. 

Momen itulah yang kemudian berkelindan hingga sang suami tewas dan Sandra dituduh sebagai orang yang membunuhnya. Perdebatan di ruang sidang dengan berbagai alat bukti berupa rekaman hingga konflik terkait hak cipta mengenai buku terlaris yang digarap oleh Sandra juga mengungkai secara ciamik film yang mendapat rating 100 dari 24 pengulas di situs agregat Rotten Tomatoes itu. 
 

Fakta Menarik

Sayangnya, film ini belum bisa tayang secara luas di publik dan saat ini produser sedang mencari distribusi pemasaran di Amerika Serikat, dan negara lain. Sembari menunggu film tersebut tayang, yuk simak fakta uniknya dalam ulasan berikut. 
 

1. Film Besutan Sineas Terkenal

Anatomy of a Fall merupakan karya terbaru dari  Justine Triet seorang sineas, penulis skenario, dan editor film terkenal asal Prancis. Sutradara lulusan École nationale supérieure des Beaux-Arts ini memulai debutnya lewat film Age of Panic, ditampilkan sebagai bagian dari program ACID di Festival Film Cannes 2013. 

Tiga tahun sebelum dia menggondol Palme d'Or, filmnya yang berjudul Sibyl juga tayang perdana di Festival Film Cannes 2019, dan masuk nominasi untuk penghargaan yang sama. Namun, sepertinya dewi Fortuna baru berpihak pada Triet lewat Anatomy of a Fall yang akhirnya berhasil menggondol piala tersebut pada akhir pekan lalu. 
 

2. Sutradara Wanita Ketiga yang Berhasil Meraih Palme d'Or

Justine Triet juga menjadi sutradara perempuan ketiga yang berhasil meraih trofi Palme d'Or. Berlangsung sejak 1946, pemenang hadiah utama Cannes Film Festival memang selalu didominasi laki-laki, seperti Francis Ford Coppola, Akira Kurosawa, Quentin Tarantino, hingga Ruben Ostlund pada 2022. 

Namun, nama Justine Triet menambah deretan sineas perempuan berpengaruh di dunia yang berhasil mendapatkan trofi tertinggi di Cannes. Sebelum Triet sutradara perempuan yang berhasil menggondol penghargaan ini adalah Jane Campion untuk film The Piano (1993) dan Julia Ducournau dalam Titane (2021). 
 

3. Film Lain Pemeran Utama Raih Trofi Bergengsi 

Keunikan dari Festival Film Cannes tahu ini salah satunya adalah Sandra Huller aktris yang memerankan dua karakter dalam film berbeda di kompetisi ini berhasil meraih penghargaan bergengsi lain. Selain Anatomy of a Fall, film  The Zone of Interest yang dibintangi oleh Huller juga berhasil meraih penghargaan Grand Prix atau runner up.

Diketahui film besutan Jonathan Glazer itu memang cukup membuat kritikus tercekat dengan lewat tema holocaustnya yang menambil seting saat pendudukan Nazi. Kendati hanya membuat segelintir film dalam dua dekade terakhir tapi sutradara asal London itu berhasil membuat cerita yang memukau tentang keluarga yang tinggal bersebelahan dengan kamp Auschwitz. 

Baca juga: Aktor Gaek Michael Douglas Dapat Penghargaan Palme d'Or di Festival Film Cannes 
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Resmi, Berikut Detail Harga dan Kategori Tiket FIFA Matchday 2023 Indonesia vs Argentina

BERIKUTNYA

Mengenal 6 Saudara Ariel di The Little Mermaid, Putri Raja Triton yang Menjaga 7 Samudera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: