Sumber Gambar: http://disbudpar.sumutprov.go.id/

Danau Toba, Destinasi Wisata Luar Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

03 November 2023   |   14:03 WIB

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki sejumlah pulau indah tersembunyi yang belum banyak tereksplorasi. Tak heran negeri ini memiliki potensi untuk menjadikan pulau-pulau tersebut sebagai destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat ini Pulau Bali merupakan tujuan wisata terbesar di Indonesia. Baik oleh wisatawan luar negeri maupun wisatawan dalam negeri (wisatawan lokal). Namun apakah hanya destinasi wisata Pulau Bali saja yang menjanjikan keindahan alam dan budayanya?.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai mengembangkan destinasi wisata lain di luar Pulau Bali. Destinasi- destinasi tersebut tidak kalah menarik dibandingkan dengan wisata Pulau Dewata.

Terdapat lima destinasi yang dikembangkan oleh pemerintah ini dikenal dengan Destinasi Super Prioritas Indonesia (5 DSP). Salah satunya adalah wisata Danau Toba di Sumatra Utara di mana wilayah tersebut memiliki potensi, keunikan dan daya tarik yang tinggi.

 

Sumber Gambar: http://disbudpar.sumutprov.go.id/

Sumber Gambar: http://disbudpar.sumutprov.go.id/


Danau Toba dengan luas sekitar 1.145 Km² merupakan danau vulkanik terbesar dan terdalam di dunia. Danau ini terbentuk dari letusan gunung vulkano yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Danau ini menjadi salah satu ikon wisata daerah Provinsi Sumatra Utara dan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang pernah berkunjung.

Terdapat Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Pulau ini juga menyimpan banyak keindahan dan wisata alam yang mengagumkan bagi pengunjungnya.

Menurut Data dari Kemenparekraf, ada 123 daya tarik wisata yang tersebar di 31 Kecamatan di kawasan Danau Toba. Mulai dari wisata alam sampai wisata budaya sejarah masyarakat Batak. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan Danau Toba dalam rangka liburan melepas penat dan healing bersama keluarga.

Daerah Taman Eden, Pusuk Buhit, Gunung Sipiso- piso, Bukit Holbung dan Danau Aek Natonang bisa dikunjungi sebagai kegiatan hiking dan trekking. Untuk yang gemar bersepeda bisa mengelilingi Pulau Samosir. Penggemar Sejarah pun juga bisa mengunjungi daerah yang masih kental dengan adat dan budaya bataknya seperti Desa Meat, Desa Jangga Dolok, Desa Silimalombu dan Kampung Ulos Silahisabungan.

Sebagai daerah yang menyimpan keindahan alam, banyak sekali spot untuk berfoto yang dapat dijadikan kenangan liburan bersama keluarga atau diunggah ke media sosial. Danau Toba juga tak kalah menariknya dengan wisata Pulau Bali. Karena di sana tersimpan berbagai keindahan alam yang dapat memanjakan mata dan menghilangkan lelah saat telah lama sibuk bekerja. 

Tak perlu ragu untuk mengajak keluarga berlibur ke Danau Toba. Karena tak hanya Pulau Bali yang menyimpan kekayaan alam dan budayanya. Danau Toba di Pulau Sumatra Utara juga memiliki keindahan wisata yang dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata dan dengan akses transportasi yang mudah.

Ayo, luangkan waktu untuk mengunjungi daerah Utara Pulau Sumatra sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia dan dalam rangka memperkenalkan wisata Indonesia ke Mancanegara.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Jungkook Raih 1 Miliar Penyiaran Tercepat di Spotify Lewat Lagu Seven

BERIKUTNYA

Menilik Konsep FFI 2023, Reza Rahadian Ingin Semua Mata Tertuju Pada Pemenang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: