Chief Strategy Officer Agate, Cipto Adiguno (tengah). (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Peluang Bisnis Baru, Agate Uji Coba Porting Gim ke iPhone 15 & Konsol

17 January 2024   |   14:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pengembang gim lokal Agate terus mencari peluang baru untuk memperluas skala bisnisnya. Usai merilis lini bisnis jasa 3D Stylized Art, kini mereka diketahui sedang melakukan uji coba memindahkan gim PC ke iPhone 15 dan konsol.

Chief Strategy Officer Agate, Cipto Adiguno menerangkan dalam uji coba pemindahan gim ke platform yang berbeda (porting) ini, timnya menggunakan Stellaris, gim balapan yang dikembangkan internal perusahaan secara khusus bukan untuk komersil. Stellaris dibuat menggunakan game engine yang terbilang berat, Unreal 5.

Baca juga: Agate Luncurkan Vertx Break, Jasa 3D Stylized Art yang Targetkan Pasar Eropa

“Jadi kita lagi pindahin bukan ke iPhone saja, tapi ke chipnya A17 ya. Sekarang lagi fokus,” ujarnya ditemui di kantor Agate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1/2024).

Cipto menyampaikan, Stellaris dipilih khusus untuk dikembangkan di iPhone yang memiliki grafis tinggi. Sistem perangkat lunak untuk pengembangan gim ini pun relatif baru. Pihaknya ingin memulai proyek ini dalam skala kecil dahulu.  

Agate ingin melihat apa saja kesulitan dan tantangan yang ditemukan saat memindahkan gim buatan mereka ke perangkat smartphone. Apakah ada komplikasi memori, ketidakcocokan engine, semua akan diteliti secara detail, termasuk meninjau regulasi yang dimiliki Apple. 

Kemungkinan pengujian detail ini akan rampung dalam beberapa bulan bahkan tahun ke depan mengingat kompleksitas yang dihadapi. Sejauh ini, gim Stellaris sudah bisa dimainkan timnya di seri iPhone 15, tetapi belum optimal karena masih ditemukan lag.
 

Uji coba bermain gim PC di kantor Agate, Bandung, Jawa Barat. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Uji coba bermain gim PC di kantor Agate, Bandung, Jawa Barat. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Jikalau ternyata porting gim ini tidak semulus yang bayangkan alias susah, susah, justru menjadi pemicu Agate untuk merealisasikannya. “Jadi itu bisa jadi spesialisasi kita,” tegas Cipto.

Diketahui Agate selama ini lebih banyak mengembangkan gim skala AA untuk dimainkan di PC dan konsol. Sementara itu, iPhone 15 Pro diklaim mampu menjalankan gim skala berat, AAA yang biasa dimainkan di PC maupun konsol. 

Apabila uji coba berhasil, Agate akan membawa sejumlah karyanya agar bisa dimainkan di seri iPhone 15. Beberapa diantaranya yang memungkinkan porting yakni Valthirian Arc: Hero School Story dan Mythic Protocol

Kendati demikian, Cipto menyebut Agate juga masih mempertimbangkan demand dari para gammer. Dia menilai gim yang ada di handphone cenderung lebih sederhana dan memungkinkan pengguna bermain sambil bersantai atau di jalan. Berbeda dengan gamer PC yang hampir seharian duduk bermain gim. “Jadi kita step by step saja,” tuturnya. 

Selain di iPhone, Agate juga berencana memindahkan gim buatan mereka ke konsol baru yang akan muncul tahun ini. “Tahun ini, kesederungannya akan mengumbuhkan potensi baru untuk kita bisa masuk atau pindahkan game yang sudah ada, ke konsol baru ini. Ataupun membuat gim khusus untuk konsol baru ini,” ungkap Cipto. 

Sejauh ini katanya sudah ada kerja sama antara Agate dengan vendor konsol gim maupun pengembang gim global untuk mengambil peluang ini. Kendati demikian, Cipto enggan mengungkap lebih lanjut sebelum terealisasi pasti. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

IU Siap Gelar Konser H.E.R di Indonesia April 2024, Cek Informasinya

BERIKUTNYA

Angkat Tema M/othering, Makassar International Writers Festival Siap Digelar Mei 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: