Mobile game Code Atma dikembangkan oleh studio lokal Agate (Sumber Gambar: Code Atma/Agate)

Simak Petualangan & Pertempuan Karakter Nusantara di Game Code Atma

28 August 2021   |   14:46 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perkembangan teknologi secara global telah mendorong tumbuh pesatnya industri gim, tak terkecuali di Tanah Air. Saat ini, ada banyak pengembang dan studio gim dalam negeri yang menghadirkan permainan video gim dalam berbagai platform dengan mengangkat konten-konten lokal, salah satunya adalah Code Atma.

Code Atma merupakan gim seluler (mobile game) bergenre role playing game (RPG) yang dikembangkan oleh developer lokal Agate. Gim ini sebenarnya dirilis pada pertengahan tahun lalu, tapi belum lama ini dinobatkan sebagai Best Mobile Game of The Year dalam ajang Baparekraf Game Prime Award 2021.

Gim tersebut keluar sebagai pemenang mengalahkan sejumlah nominator mobile game lokal lainnya seperti Rocky Rampage dari pengembang Jiyseed Gametribe, Lokapala oleh Anantarupa Studios, Epic Conquest 2 dari Gaco Games, dan Startup Panic dari developer gim Algorocks.

Creative Director Agate, Fandry Indrayadi, mengatakan bahwa sejak awal pembuatan gim, pihaknya memang memiliki misi untuk membawa gim dengan unsur dan nuansa lokal ke pasar global.

Ini terlihat dari salah satu unsur yakni bahasa yang digunakan di dalam gim. Kendati merupakan gim buatan dalam negeri, Code Atma menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama di dalam platformnya.

Selain itu, gim juga telah diluncurkan di beberapa wilayah luar negeri seperti Amerika Utara dan Eropa - kendati Agate menyebut sedang ada masalah yang tengah dikelola - serta negara lain di kawasan Asia Tenggara. Hingga saat ini, gim tersebut telah diunduh lebih dari 100.000 pengguna di layanan Google Play Store.

Code Atma merupakan mogile game RPG berlatar dunia techno, thriller, dan supranatural, di mana manusia, teknologi, dan kepercayaan kuno saling bersingungan dalam sebuah cerita besar.

Pemain akan berperan sebagai seorang Seeker, segelintir orang yang bisa mengendalikan Atma, yang merupakan mahluk astral roh, arwah atau spirit yang bersemayam dalam tubuh manusia.

Di sinilah salah satu letak keindonesiaan gim ini. Ada setidaknya lebih dari 100 Atma yang bisa di-summon dan sebagian besarnya dihadirkan dengan unsur lokal dari mitos, legenda, dan cerita rakyat di berbagai penjuru Tanah Air.

Misalnya Atma bernama Duyung, Hanuman, Anggatri, Wisanggeni, Banaspati, Pocong, Shinta, Kandita, Barong, Arjuna, Rahwana dan lain sebagainya. Atma-Atma tersebut juga didesain sedemikian rupa dengan ciri dari tiap legenda yang ada.
 
Code Atma (Google Play/Agate)
Code Atma (Google Play/Agate)
 
Dari segi cara bermain (gameplay), Code Atma menekankan pada tiga mekanisme atau hal penting yakni idle, turn based battle, dan visual novel story.

Idle merupakan konsep gim yang bisa bermain atau beroperasi tanpa penggunanya harus memainkan gim tersebut. Jadi, gim akan tetap berjalan dalam keadaan tidak dimainkan dan biasanya akan menghasilkan pencapaian berupa item atau komponen gim tertentu.

Dalam gim ini, Atma yang dimiliki pengguna seolah-olah akan selalu bertualang membasmi Atma jahat secara idle. Dari petualangan mereka, nantinya pengguna bisa mendapatkan berbagai hadiah ketika masuk ke dalam aplikasi. Gim ini cocok untuk para gamers yang memiliki waktu luang lebih sedikit.

Selain idle, Code Atma juga memiliki mekanisme permainan turn based battle dari pertarungan Atma yang dimiliki pengguna melawan Atma jahat komputer. Atma yang ada dalam gim memiliki berbagai elemen dan spesialisasi yang akan berpengaruh pada kemampuan menyerang dan bertahan.

Elemen yang ada meliputi wind, fire, moon, earth, water, dan sun. Sementara spesialisasi Atma yang ada antara lain rogue, healer, ranger, tank, wizard, dan yang lainnya. Dengan banyaknya kategori ini, pengguna dituntut untuk mengembangkan Atma dan menyusun strategi untuk melawan musuh-musuh yang muncul.

Untuk sistem turn based battle-nya, pengembang juga menawarkan mekanisme auto dan kecepatan pertarungan hingga empat kali. Selain itu, gim ini juga berformat potrait, jadi lebih mudah dimainkan dengan satu tangan.
 
Code Atma (Google Play/Agate)
Code Atma (Google Play/Agate)

 
Masih berkaitan dengan sistem pertarungan antar Atma yang ada, Code Atma juga sangat menekankan unsur cerita bergaya visual novel game. Untuk setiap beberapa kali pertarungan yang dimenangkan, nantinya akan ada adegan cerita yang terpicu.

Dengan gaya visual novel, pengguna yang berperan sebagai Seeker akan menggerakkan maju cerita keseluruhan gim. Dalam mekanisme ini, pengguna juga akan diberikan sejumlah pilihan aksi yang sedikit banyak bepengaruh pada kemajuan cerita.

Hingga artikel ini ditulis, gim Code Atma telah memiliki cerita hingga tujuh chapter, yang tiap-tiap chapterr-nya terdiri atas beberapa bab. Umumnya berkisar 20-an bab. Berbeda dengan visual yang ada dalam pertempuran, scene yang ada memiliki tampilan indah dan cerita juga memiliki unsur lokal yang kuat.

Selain dari segi gameplay, gim seluler buatan anak bangsa ini memiliki banyak fitur seperti gacha Atma, meningkatkan dan menggabungkan Atma, membuat perlengkapan pendukung, menara pertarungan, pertemanan, dan lain sebagainya.

Gim ini juga memungkinkan adanya pembelian dalam aplikasi (purchase in app) untuk membeli item-item tertentu yang berguna dalam pengembangan karakter dan akun secara umum.

Secara menyeluruh, Code Atma merupakan gim unik dan menarik yang patut untuk coba dimainkan. Gim juga tidak menuntut spesifikasi dan waktu yang berat, bisa dimainkan sebagai gim santai. Dan tentunya, gim ini juga mengandung unsur Indonesia yang kuat, yang menjadi daya tarik tersendiri.
 

Editor :Dika Irawan

SEBELUMNYA

Debut Solo Lisa BLACKPINK Paling Dinantikan? Ini Kata Penggemar

BERIKUTNYA

5 Cara untuk Perbaiki Postur Tubuh si Kecil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: