Ilustrasi game (Sumber gambar: EVG Kowalievska/Pexels)

Agate Dorong Pengembangan Game AA dan Game AAA di Indonesia

07 February 2023   |   14:36 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Developer game terus bertumbuh dan saling mengejar dalam menciptakan game terbaik. Tidak hanya bergelora di Amerika dan negara maju Asia, Indonesia andil menghasilkan produk game dengan kualitas terbaik. Satu dekade, Asosiasi Game Indonesia terus mencatat kenaikan angka developer game di Indonesia.

Agate International, salah satu developer game asal Indonesia berfokus mengambil pasar dunia sesuai dengan namanya. Untuk mewujudkan tumbuh kembang industri game Indonesia yang semakin masif, Agate pun membuka inisiatif dalam rencana bisnis mereka di 2023. Kali ini, skala jasa pengembangan game dibuat lebih besar dengan harapan mendorong perkembangan talenta industri game di Indonesia.

Baca juga: Simak Petualangan & Pertempuan Karakter Nusantara di Game Code Atma

Proyek ini diumumkan Agate dalam agenda Indonesia Gaming Industry Overview saat berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia. Menurut Shieny Aprilia selaku CEO Agate, talenta developer Indonesia sudah cukup setara dengan developer di negara maju lain. Namun sayangnya, developer Indonesia cukup terhambat dalam segi kapabilitas dan penggunaan teknologi.

“Atas dasar itulah kami ingin mencoba menjembatani titik lemah ini dengan cara memfokuskan arah perusahaan pada pengembangan game dari skala proyek besar seperti pengembangan game AA dan game AAA,” jelas Shieny. Diketahui, game AA dan game AAA merujuk pada klasifikasi dalam industri game.

Game AA telah digunakan sebagai standar dengan bujet yang cukup. Game AA merupakan game yang banyak dimainkan pada gamers seluruh dunia di platform game seperti PC hingga konsol. Pembuatan game seperti ini akan sangat menekankan banyak unsur yang kuat, mulai dari alur cerita, grafik visual, gameplay, hingga kenyamanan pemain.

Sementara game AAA hadir dengan klasifikasi yang lebih dewa. Bujet pembuatan game-game seperti ini sangat tinggi menembus angka triliunan. Menawarkan detail visual, plot, dan gameplay yang lebih epic. Belum banyak developer yang rela menggarap game dengan kelas tinggi ini. Namun biasanya developer game AAA datang dari nama-nama besar seperti Electronic Arts hingga Square Enix.

Agate bermaksud hadir untuk menggaet talenta industri game untuk game kelas tinggi ini. Apalagi, Program Manager Asosiasi Game Indonesia, Febrianto Nur Anwari mengatakan, saat ini angka developer baru di Indonesia mulai bermunculan.

Sehingga diperlukan dorongan untuk mendukung semangat tersebut. “Kebanyakan perusahaan game di Indonesia masih di dominasi dengan mereka yang masih berskala mikro dan memiliki skala projek yang masih relatif kecil,” jelas Febrianto.

Banyaknya developer Indonesia baru yang bermunculan membuat regenerasi developer semakin mentereng dibarengi dengan permintaan developer baru yang terus meningkat. Selama 10 tahun, Agate sudah menjadi bagian dari pengembangan 300 judul game. Membuktikan industri game memang sedang menggeliat.

Ciptu Adiguno selaku Chief Business Officer Agate menyebut, harapan tentang terdongkraknya performa industri game menjadi fokus utama. Talenta Indonesia bisa memberi kontribusi lebih untuk performa industri game skala nasional hingga internasional.     

Baca juga:  Toge Productions Rilis Game Baru, Cek daftarnya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Google Luncurkan Bard, Siap Bersaing dengan ChatGPT dari Open AI

BERIKUTNYA

Terlewat Jadwal Imunisasi untuk si Kecil? Ini Saran Dokter Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: