Poster Rewind Indonesia 2023. (Sumber gambar: Chandra Liow Official Instagram)

Simak 10 Peristiwa Penting & Viral yang Hadir di Rewind Indonesia 2023

14 January 2024   |   14:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Momen presiden & 3 capres makan bareng

Hal viral di bidang politik juga tak luput disinggung dalam video Rewind Indonesia 2023, salah satunya momen Presiden Joko Widodo yang makan siang bersama tiga calon presiden yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Dalam video, momen itu diperankan oleh sejumlah YouTuber seperti Tanboy Kun dan Nex Carlos. 

Momen itu terjadi pada 30 Oktober 2023 di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden Jokowi dan ketiga capres tampak duduk melingkar di sebuah meja makan dengan beragam menu yang telah tersaji seperti nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, dan bebek panggang. Selain itu, tampak juga cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, hingga sajian minuman es laksamana mengamuk serta jus jeruk.
 

6. Tren 'Bercyandya'

Tahun 2023 juga diramaikan dengan tren 'bercyandya' yang viral di TikTok. Hal itu membuat jutaan konten video di TikTok ramai-ramai menggunakan sound 'bercyandya'. Celetukan bercyandya berasal dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama Abigail, yang secara khas memplesetkan kata bercanda menjadi bercyandya. Istilah itu pun viral dan banyak diparodikan oleh para kreator di media sosial. 
 

7. Fenomena Barbenheimer

Tak hanya peristiwa viral di dalam negeri, Rewind Indonesia 2023 juga menghadirkan sejumlah momen penting dari luar negeri. Salah satunya fenomena Barbenheimer, yakni akronim dari film Barbie dan Oppenheimer. Hal itu diparodikan oleh selebgram Awkarin yang berdandan seperti Barbie, dan rapper Young Lex yang berpenampilan laiknya Oppenheimer.

Barbenheimer adalah istilah yang belakangan muncul karena film Barbie dan Oppenheimer yang dirilis secara bersamaan di bioskop di seluruh dunia. Kedua film itu sama-sama meraup pendapatan fantastis secara global, dan menjadi film box office dunia pada 2023.
 

8. Kasus jalan rusak viral

Rewind Indonesia 2023 juga menyinggung kasus jalan rusak di Lampung yang viral di media sosial pada April tahun lalu. Hal itu viral setelah salah satu kreator, Bima Yudho Saputro, yang kini tinggal di Australia, menyampaikan kekecewaannya terhadap kondisi di Lampung yang menurutnya tidak mengalami kemajuan.

Setelah viral dan menjadi perbincangan banyak orang, pemerintah daerah setempat pun mulai memperbaiki sejumlah ruas jalan. Bahkan, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan langsung untuk meninjau perbaikan jalan di wilayah Terusan Ryacudu menuju daerah Kota Baru, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. 


9. Pantun Chris Martin di konser Coldplay 

Coldplay menjadi perbincangan publik dalam negeri lantaran menggelar konser di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November 2023. Di tengah populernya nama Coldplay, sosok Aldi Taher muncul memparodikan vokalis band tersebut, Chris Martin. Aldi Taher bahkan sempat viral karena menyanyikan potongan lagu "Yellow" saat diwawancarai oleh salah satu stasiun televisi.

Di Rewind Indonesia 2023, Aldi Taher turut muncul memparodikan Chris Martin. Bukan membawakan lagu "Yellow", kali ini Aldi Taher tampil dengan membawakan pantun seperti yang diucapkan oleh Chris Martin saat konser Coldplay di Jakarta. Pantun itu memang viral di media sosial yang berbunyi "Hari Selasa ujian Fisika. Giat belajar biar lulus. Apa kabar kota Jakarta? Boleh dong pinjam seratus". 
 

10. Orang-orang Indonesia yang berprestasi

Selain menghadirkan berbagai peristiwa penting dan viral yang terjadi selama tahun 2023, video Rewind Indonesia edisi kali ini juga menampilkan sejumlah orang di berbagai bidang yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia berkat prestasi mereka.

Mereka di antaranya ada Priska Madelyn Nugroho, Rifda Irfanaluthfi, Khozy Rizal, Tim E-Sports Putra & Putri, Mischka & Devon, Fareza Febriano, Chris Putra, hingga Indra Sjafri. Selain itu, ada pula beberapa orang berprestasi lainnya yang ditampilkan melalui televisi.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Lagu dan Video Klip Indonesia Paling Populer Sepanjang Tahun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Hypereport Resolusi 2024: Cerita Para Seniman yang Terus Menggores Pesan di Atas Kanvas

BERIKUTNYA

Kata Produser Soal Adegan dengan Biaya Termahal di Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: